
Ilustrasi oleh Google
TIDAK mau ketinggalan dengan para pengembang jejaring sosial lainnya, seperti Facebook dan juga microblogging Twitter, kini membuat Google beradu inovasi dengan meluncurkan sebuah web jejaring sosial yang diberi nama Google Buzz.
Google yang dikenal sebagai mesin pencari terbesar di dunia ini, mencoba untuk menarik minat netter dengan mengandalkan Buzz (nada chat di YM, -red), selain itu kehadiran Google Buzz memang lebih ke media jejaring sosial di bawah layanan Gmail. Langkah yang diambil Google memang terkesan berani dan kreatif untuk menyaingi kompetitornya.
Kemudahan yang ditawarkan produk terbaru Google Buzz ini juga mendukung berbagi tulisan/status, foto dan juga tautan video. Semua kegiatan itu dapat dilakukan oleh pengguna dengan memanfaatkan account Gmail tanpa harus melakukan setingan lainnya.
Menurut data yang dilansir oleh ComScore, saat ini layanan penyedia web email Google, yakni Gmail masih menempati urutan 3 setelah posisi 1 dan 2 ditempati oleh Hotmail milik Microsoft dan juga Yahoo! Mail.
Beberapa fitur yang Google Buzz tawarkan pada layanan jejaring sosialnya ini antara lain Auto-Following yang membolehkan seseorang membuat sebuah jaringan tersendiri tanpa harus perlu mem-follow kembali orang-orang lainnya. Kemudian juga integrasi Gmail yang tetap masih digunakan yang terhubung ke ke aplikasi lainnya seperti Picasa, Google Reader, Flicker bahkan juga Twitter.
Tidak hanya itu saja, Google Buzz juga melengkapi dengan konsep perpaduan antara Facebook dan Twitter, sehingga kita bisa dengan mudah melakukan sharing dengan memanfaatkan layanan perpaduan tersebut. Selain itu pemanfaatan inbox di item Buzz juga dimanfaatkan oleh Google sebagai media notifikasi jika ada konten-konten yang mungkin menarik bagi pengguna.
Dan fitur terakhir yang paling diperhitungkan tentunya oleh Google Buzz adalah fitur mobile akses, dimana pengguna bisa melakukan interaksi dimana saja dengan menggunakan perangkat keras ponsel atau smartphone (alat komunikasi canggih) lainnya. Untuk mencoba jejaring sosial Google ini bisa diakses lewat buzz.google.com yang nantikan akan diredirect ke halaman mail.google.com. Selamat mencoba![AK]
Filed under: Aplikasi, ICT, Internet, News | Tagged: Facebook, Following, GMail, Google, Google Buzz, Jejaring Sosial, Microblogging, Teknologi |
ya biar rame gak cuma facebook dan twitter aja
iya sih, tapi kenapa medial sosial lainnya tidak menjadi akrab ya. seperti pluk, jaiku dsb. Dan twitter selalu mewarnai perusahaan besar lainnya.
Nama ‘twiter’ sangat branding ketimbang plurk, selain itu juga desain ya dewasa ketimbang plurk, agak abg kali. Tak mungkin orang sekelas Obama pakek plurk, atau juga Tifatul sembiring pakek plurk. Bisa kebayang ngak ya.?
tapi jangan salah, pak tif sembiring juga plurker 😀
Real useful being able to search what my friends on? Twitter and Facebook are saying about a subject I am searching for without having to killing my time on either social site looking at off topic communication.I love social networking sites but I really don’t care why you are upset. Only getting what I want from my family is going to make them more valuable to me and keep me from getting sidetracked when I am trying to get real work done.
which must, use of social media technology wisely Mr Diego
Tinggal sekarang gimana caranya bisa menyedot semua penggemar FB buat beralih ke Google Buzz hehe…
Udah nyoba belom? AKu belom, masih kosong, soalnya di Google sendiri aku gak pernah nge-add contact anak anak @_@
hehehe, saya sih udah coba dan untuk add contact account gmail sangat mudah karena fitur dari GBuzz mendukung auto-following tanpa report seperti twitter 🙂
mari bergabung dewa bantal, lepaskan bantalmu untuk jejaring ini 😀 wkwkwkw
Bang Aulia di buzz lewat mana, email g mailnya apa. Atau di buzz kami dong di email gmail di atas.
email gmail, cari saja lewat follower Fadli Idris 🙂
nanti meluncur ke TKP deh 😉
lumayan beda dari yang lain, bisa di edit 😀
bisa di edit statusnya gitu ya kawan? sperti menggunakan plurk juga.. 🙂
ya… makin banyak aja sekarang jejaring sosial… huh… jadi bingung pilih yang mana..
yang pasti pilih sesuai dengan kenyamanan kank ripay 😉
Saya sudah mencicipinya, rasanya kurang enak, karena masih kurang populer kali ya… he he
hmmm…memang kalau mereka sudah terkenal dengan produk yang lain, banyak orang jarang melirik produk yang baru.
karena saingan saat ini jauh pesat dibandingkan dulu 🙂
contohnya Yahoo Buzz yang masih tetap kalah saing 😉
emank termasuk keren juga tu google buzz.. udah aq coba dan memank lumayan menarik sih.. salam gan..
thanks infonnya.. 😉
salam kenal kembali muhammad zakariah 🙂
blog yang ramai, salam kenal sukses! 😀
salam kenal kembali mas Ade Truna 🙂
sekarang jejaring sosial sudah banyak, bahkan jejaring sosial asli Indonesia sudah lebih dari tujuh. kunjung balik ya
sip pak syaiful 🙂