Facebook Berbayar


f**kbook owner banned

Ilustrasi dari Pemilik Group

ENTAH siapa yang memulai, atau memang kekurangan informasi. Pernah saya membuat tulisan tentang isu tersebut yang berisikan berita pembohongan publik (jamaah facebookiyah) terkait dengan diberlakunya pembayaran untuk mengakses Facebook pada bulan Juli 2010 mendatang.

Dibalik itu semua, saya sempat berpikir group tersebut (protest group, -pen) memang hanya semata dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dengan mencoba mengirimkan email setelah melakukan klik pada link yang diberikan pada group tersebut (lebih lengkap baca link di atas).

Hari ini, saya mendapat sebuah kiriman untuk mendukung sebuah group dengan tulisan lantang bertuliskan “KAMI TIDAK MAU BAYAR 150ribu/bln FAEEBOOK /JuliI 2010 (butuh1 JUTAmember)“, cukup lucu dan aneh dan saya langsung melihat pesan dari gambar profile yang seperti sang pembuat group ini sangat getar getir dan terburu-terburu dalam membuatnya, salah satu kejanggalan terlihat dari nada tulisan huruf kapital yang menyatakan rasa pengesalan terhadap isu tersebut.

Padahal jika sang pembuat group itu jeli dengan dunia jejaring sosial, mungkin group itu tidak akan terjadi. Namun, saya menyangkal baik atas niat sang pembuat group tersebut, karena apa pun cerita pengguna jejaring sosial di Indonesia (Facebook, -pen) saya rasa masih sangat minim kontrol sosialnya (pengikut trend saja), hal ini terbukti dan terlihat jelas bahwa fansnya mencapai 120 ribu orang lebih.

Bahkan tidak bisa ditampik, pengguna Facebook di Indonesia menjadi maniak update status yang bisa mencapai stadium tertentu bahkan orang depresi. Padahal begitu banyak berita yang beredar seputar Facebook yang patut dicermati oleh semua orang, kadang orang mengeluh “facebook saya dihack” atau juga “saya tidak bisa login facebook lagi” dan masih banyak lainnya.

Pesan moral yang ingin saya sampaikan sebenarnya sederhana, jangan terlalu menggebu dengan isu yang sudah jelas adanya (update berita, jangan hanya update status, -pen), contohnya group di atas yang sangat tidak relevan sebenarnya tidak perlu ada dan malah dengan membuat group demikian pihak pengelola Facebook malah akan mempertimbangkan isu tersebut untuk bisa direalisasikan (dan tentu ini tantangan jejaring sosial lainnya).

Fakta yang ada sekarang jejaring sosial sekaliber Facebook telah mampu mengalahkan mesin pencari (search engine), tapi tidak pernah mesin mencari ‘semantap’ mbah gugel melakukan privatisasi berbayar kepada penggunanya. Malah diprediksikan tahun 2014, Facebook akan mengusur yang namanya fasilitas email (surel, -pen) dan masih banyak lainnya.

Semoga tulisan ini menjadikan pengguna jejaring sosial di Indonesia bisa lebih memahami pentingnya jejaring sosial itu sendiri, sehingga tidak terjerumus ke dalam hal-hal negatif (pornografi, prosititusi, cyber traffiking, dsb). Sehingga kita bisa mengharapkan nantinya lahir pengguna Internet Indonesia yang sehat lahir dan otaknya.

~ Sebelumnya, mohon maaf bila ada kata-kata tidak berkenan. Padahal tidak mau posting masalah jejaring sosial untuk saat ini, karena sikon seperti itu demi menjaga teman-teman semua, akhirnya saya posting juga. Update terakhir dari kawan @koprol mengatakan ada ‘joke’ lucu di group Facebook lainnya – I’m so glad I got Facebook Gold(tm).

29 Responses

  1. isu itukan biasa bro, yang luarbiasa adalah mudahnya orang percaya isu, yg belum jelas kebenarannya..btw tulisan yang hebat tq dah share🙂

    • mungkin orang ‘luar biasa’ itu sering khilaf info, jadi mereka sering menjudge sesuatu alias suka ikut-ikutan tanpa tahu menahu asal usulnya berita lainnya😉

      sama-sama om dan thanks dah berkunjung ke OWL🙂

  2. saya rasa memang bener orang indonesia hanya tampang status karena hanya untuk main-main saja dan menambah teman saja

    • padahal dibalik itu semua pengelola facebook telah memperhitungkan, bisa jadi account di blokir. Semoga orang “Indonesia” yang seperti itu tidak menyebar dimana-mana🙂

  3. salam…

    tulisan yg menarik dan berbobot…
    mohon konfirmasinya untuk di bagikan ke pengguna facebook yg laen…

    thx sebelumnya🙂

    • terima kasih flashfree🙂
      silakan berbagi asal dengan senang hati menyebut sumbernya🙂

      salam OWL

  4. klopun bener isyu itu terjadi, FB bisa kalah bersaing oleh situs jejaring sosial lainnya yang membayar membernya spt klikot dan peoplestring.
    mudah2an cuma Isyu..maklum banyak pangsa pasar yang ane dapetin dari FB he…he..

    • betul, FB tidak akan bodoh untuk mengambil kebijakan ini…

  5. orng indonesia 2 trllu narsis shg membuat dia maniak update status

    • malah ada sudah menjadi ‘penyakit’ karena keseringan update status…

Komentar berisi spam dan SARA, tidak akan ditayangkan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: