Dukung Wisata Halal, Aceh Gelar Festival Rapa’i


Dukung Wisata Halal, Aceh Gelar Festival Rapa'i InternationalACEH yang mendapatkan posisi sebagai destinasi wisata halal terus melakukan persiapan dalam rangka pentas wisata halal dunia.

Setelah branding The Light of Aceh – Cahaya Aceh yang telah dikenalkan ke publik beberapa waktu lalu oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, semangat untuk wisata halal pun semakin menyatu dengan menggerakkan ragam komunitas beserta stakeholder untuk menyukseskan kompetisi pariwisata halal nasional.

Event Kreatif Pendukung Wisata Halal

Aceh Interntaional Rapa’i Festival menjadi salah satu event yang berskala global menjadi pemantik semangat dalam memantap posisi Aceh yang mendapatkan dukungan langsung Kementerian Pariwisata RI.

Bukan tanpa alasan, pemilihan seni rapa’i ini tentu sangat berasalan, mengingat sejarah kehadiran rapa’i sebagai syiar agama yang menyatukan lewat kultur masyarakat Aceh itu sendiri.

Perhelatan internasional ini rencananya akan digelar 26-30 Oktober yang mengambil beberapa lokasi acara di Kota Banda Aceh.

Adanya event rapai ini menurut Kadisbudpar Aceh, Reza Fahlevi menjadi salah satu penguat posisi Aceh untuk pengembangan dan promosi pariwisata yang saat ini sedang digencarkan.

“Ini kami lakukan dengan kekayaan alam, pesona budaya daerah, keunikan sejarah, Aceh terus melakukan berbagai upaya pengembangan dan promosi pariwisata. Terutama dengan even ini,” ujar Reza beberapa waktu lalu saat launching Aceh International Rapa’i Festival di Jakarta, Kamis (4/8/2016).

Melalui kegiatan ini pula, wisatawan yang berkunjung diharapkan merasakan suasana tradisi orang Aceh dalam mengenal Rapa’i yang notabene merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat, baik secara filosofis maupun kultural.

Dalam paparannya, Reza mengatakan, kegiatan ini nantinya akan ada suguhan full alat musik tradisional perkusi Aceh berupa Rapa’i, seperti Rapa’i Pasee, Rapa’i Daboih, Rapa’i Geurimpheng, Rapa’i Pulot, dan Rapa’i Geleng.

Tentu akan tamah seru, heboh dan semarak. Peserta dari Aceh akan menampilkan Rapa’i Uroh Deng (Pasee), Rapai Uroh Duk, Rapai Grimpheng, Rapai Geleng, Perkusi Gendang Melayu Tamiang, Seni Nandong Simeulu, dan ragam seni tradisi lainnya. Selain itu akan ditampilkan pula alat musik perkusi etnik dari provinsi lain dan juga dari mancanegara yang pastinya akan menjadi tontonan menarik.

Bagi Anda yang penasaran terkait informasi dan agenda #acehrapaifest bisa melihat langsung di laman http://www.acehrapaifest.com atau disini.[]

15 Responses

  1. Wow, keren. Kemarin abdya juga ngadain festival rapai

    • Baru tahu juga ternyata Rapa’i Geleng di Abdya juga dapat dukungan dari Disbudpar Aceh, namun kurang blowup ke media.

      • Kemarin mau nulis tapi sibuk jaga stan pameran. Insyaallah ditulis as soon. Sampai ketemu disana bang. Insyaallah sabtu minggu di banda

      • Mantap, insya Allah jumpa Sabtu ini di Banda Aceh😀

  2. keren videonya,, semoga sukses acaranya

    • Jangan lupa dukung wisata halal Aceh ya, biar tambah sukses.

      • siappp pak oya

      • Beres kali emang ibuk Sari Diana, sukses di Bandung ya.

  3. Siap diramaikan.😀

    • Mari dimeriahkan🙂

  4. semoga sukses acaranya dan semoga gak hujan nanti😀

    • Komentarnya masuk ke spam, pertanda apa ini hahaha😀

  5. semoga lancar dan harus meriahhh . aceh terbaik🙂❤

  6. Saya tertarik dgn wisata alam Aceh. Boleh nanya2 gak mas?

    • Boleh sekali, siap sedia membantu sebisanya.

Komentar berisi spam dan SARA, tidak akan ditayangkan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: