BRANDING wisata Aceh saat ini mulai digencarkan kembali, mengingat Aceh masuk dalam salah satu provinsi yang dipilih oleh Kementerian Pariwisata RI sebagai daerah tujuan wisata halal.
Sebelumnya, wara-wiri logo Visit Aceh yang hadir sejak tahun 2013 akhirnya akan tergantikan dengan yang baru lebih muda dan segar dalam menyasar pasar global atau internasional.
Tidak hanya itu, lakap Fantastic Destination yang menyemat di Visit Aceh juga begitu kental masih melekat dalam benak pegiat media daring.
The Light of Aceh Mulai Dikenalkan
Bertempat di Museum Aceh, Sabtu (18/6/2016) akhirnya Komunitas @iloveaceh memfasilitasi teman-teman blogger serta komunitas daring (online) yang selama ini mulai penasaran dengan tim perancang logo tersebut dalam rangkaian acara buka puasa bersama yang mengangkat tema “Wonderful Ramadhan in Aceh”.
Dalam kesempatan tersebut juga hadir pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh selaku inisiator serta tim branding dan narasumber Rizanto Binol selaku Strategic Brand Management dari Kemenpar RI.
Sekilas, tim branding juga menjelaskan asal usul konsep dari logo tersebut yang berakar pada potensi Aceh sebagai provinsi dengan syariat Islam dan rahmatan lil ‘alamiin dipilih sebagai platform komunikasi untuk destination branding.
Rahmatan lil ‘alamiin diterjemahkan dengan bahasa komunikasi kekinian sebagai berikut, Rahmatan = rahmat, keberkahan = cahaya. Alamiin = alam semesta, dunia. Rahmatan lil ‘alamiin = cahaya bagi dunia. Dunia dalam hal ini difokuskan pada Aceh. Dengan objektif untuk mewujudkan Islam sebagai Rahmatan lil ‘alamiin yang dimulai dari Provinsi Aceh.
Menurut tim branding penggunaan tagline destination branding “The Light of Aceh” tersebut dapat menjadi spirit atau semangat bagi seluruh warga, komunitas, birokrasi, akademis, dan bisnis secara keseluruhan yang kaya spektrum warna-warni keberagaman yang disatukan dengan Syariat Islam.
Sementara itu, semangat dari branding “Cahaya Aceh” ini juga sejalan dengan Aceh yang masuk dalam nominasi percepatan wisata halal. Besar harapan capaian Aceh untuk menuju destinasi wisata halal nasional dan dunia bisa terus mendapat dorongan positif dari seluruh warga, seiring dengan perbaikan yang dapat dilakukan secara saksama. Semoga[]
Filed under: Aceh Hari Ini, Blogger | Tagged: Aceh Blogger Community, Branding Aceh, Cahaya Aceh, Pariwisata Aceh, The Light of Aceh, Wonderful Ramadhan in Aceh |
[…] Aulia Fitri on The Light of Aceh – Caha… […]
Tulisan Aceh nya Pake font apa ?kalo boleh tau.
Atau design sendiri .
Itu emang dirancang sendiri bukan font
Butuh kepekaan agar semua stakeholder dapat mengerti makna The Light of Aceh, semoga kepemimpinan mendatang dapat memahami perannya sebagai CEO pariwisata Aceh yg mempromosikan keramahtamahan The Light of Aceh, aamiin.
Betul Azhar, tentu harapan kita demikian bail CEO yang tingkat I hingga tingkat II di kab/Kota.