Kita Mesti Peduli Sama Blogger Lokal


Kita Mesti Peduli Sama Blogger Lokal_jual kacang almond dan kopi sehatPADA suatu malam di tengah gemuruh dan gempitanya pembukaan festival di Blang Padang Banda Aceh sepekan lalu, saya melewatkan kemeriahan itu semua.

Berhubung pada hari itu dinobatkan sebagai hari lahir, saya hanya ngetem saja dan ngadem di dalam tenda sembari berbagi ide dan bercakap-cakap dengan pengunjung yang ingin tahu soal kacang Almond kopi sehat Leparte dan potensi wisata dataran tinggi Gayo.

Tanpa terasa, pukul 22.30 WIB berlalu begitu saja, ditengah kerumunan manusia saya kedatangan tamu yang tersesat diantara puluhan stand, maklum saja saya dan beberapa rekan diminta oleh dinas terkait untuk jaga gawang dan disitulah cerita ini bermulai.

Sedikit intermezzo, saya mulai meninggalkan blog OWL ini sejak sebulan lalu (baca April) tanpa sentuhan lembut yang membangkitkan semangat, bukan tanpa alasan, terkadang saya sendiri harus menjadi kembaran dari sopir L300 untuk jurusan Aceh Utara – Bireuen – Banda Aceh, itulah perjalanan.

Kita Mesti Peduli Sama Blogger Lokal

Kembali ke soal tamu tadi, saya tidak menyebutkan nama, karena takutnya beliau bisa terkenal kalah dari blog saya ini.😀

Cerita malam itu, masih soal profesi seorang blogger, mau kece, kere, mata duitan selama saya masih berkecimpung dalam dunia #GoBlog ini saya peduli betul, mengingat komunitas yang telah kami besarkan tidak mungkin kami tinggalkan begitu saja.

“Jadi, tolonglah sampaikan ke dinas terkait atau siapalah. Acara atau even besar seperti ini, sering-sering undang blogger lokal untuk hadir, sekedar datang tanpa dibayar pun pasti mereka mau,” saya berkerut dahi, ada apa dengan cinta, tiba-tiba suara warga ini muncul ke muka saya.

Lalu dengan nada diplomasi, saya aminkan pernyataan tersebut. Toh saya juga sering merasakan hal yang sama, atas nama even nasional hampir rata-rata blogger yang dilibatkan pasti dari luar Aceh, padahal apa salahnya blogger lokal dan nasional diduetkan, pasti kerennya luar binasa.

Saya tahu betul, disaat blogger lokal belum dilirik dengan semangat kolaborasi, sektor pariwisata, ekonomi, dan juga SDM akan jalan begitu-begitu saja. Dilirik oleh siapa? Ya tentunya oleh mereka yang punya kepentingan membangun Aceh ini, jangan jelang 2017 baru colek blogger. Hmm…

Perlahan saya juga menyadari, dengan kekuatan “power ranger” kita bisa buktikan bahwa suara warga yang masuk ke saya ini akan coba saya sampaikan ke kalangan tersebut. Dan salah satu caranya lewat menuliskannya di blog.

Percaya atau tidak, sesuatu yang ingin disuarakan tanpa kita catat justru hanya jadi butiran debu, diterbangkan angin dan sejarah kita berlalu.

Penutup Suara Warga

Intinya, saya akan menyampaikan amanat ini ke forum tuha peut Aceh Blogger Community (ABC) dan pastinya saya akan berbicara dengan beberapa rekan di Komunitas @iloveaceh untuk menyelaraskan ide tersebut. Bahwa yang namanya penikmati media sosial, penjelajah (traveler) terlebih mereka punya blog akan kita list sebagai tim hore, dimana syarat dan ketentuan berlaku.

Tim hore? Apa dan kenapa, saya cukup terbuka untuk menerima masukan dan saran. Apakah komunitas lain bisa ikut dalam tim hore ini? Jawabnya pasti bisa.

Betapa nikmatnya, disaat tulisan ini saya tutup. Saya mendapatkan wejangan dari salah satu kuncen, yang selama ini ikut merasakan apa yang kami lakukan baik di dunia nyata atau dunia gaib, walau jauh dari kata sempurna, tapi tidak lelah untuk mencoba.

“Kalian bekerja di saat orang tidak tahu dan orang tidak mau tahu. Tapi itu tidak perlu. Yang penting kalian tahu untuk apa dan siapa kalian bekerja dalam menyampaikan pesan pengetahuan bagi umat. Selamat,” sebut kuncen yang kerap blak-blakan disaat kami sering meuroh-roh dengan satu tujuan.[]

Kesamaan tempat dan nama yang ada dalam tulisan ini bukan fiktif belaka, sengaja tidak disebutkan demi menjaga maruah dan telur martabak halal. Happy blogging! Krueng Geukuh

31 Responses

  1. aku donk diajak juga, kan lokal🙂

    • Lokal Toraja gitu ya, pasti diajak juga dong😀

  2. Belum bisa berkomentar banyak, yang penting blogger tetap GoBlog terus…

    • Gak usah banyak, segini aja udah lebih dari cukup. Gimana semangat GoBlog masih kuat ya?😀

      • Semangatnya msih kuat baca aja bang, nulisnya yg sudh lmah…

      • Hmm ini namanya semangat yang tersusupi, karena proses untuk nulis emang harus kuat baca juga sih hahaha

      • Iya jadi ingat di salah satu tulisan bg Aulia. Seorang Blogger it wajib jga untk jlajah dan baca blog lainnya.😊

Komentar berisi spam dan SARA, tidak akan ditayangkan!

