• Kicauan Terakhir

    • RT @ompian: Melek internet rupanya tak terbatas bagi penderita gangguan jiwa, paket internet lebih penting daripada makan, katanya. 7 hours ago
    • RT @iloveaceh: Gajah Sumatera yang hidup di Hutan Leuser, merupakan Satwa yang harus dilindungi agar tetap terjaga kelestariannya #CareLeus7 hours ago
  • Baca Juga

  • Komentar Anda

    Aulia Fitri on Indonesia Bisa (Menang) di Wor…
    Mesin oven on Indonesia Bisa (Menang) di Wor…
    Aulia Fitri on The Light of Aceh – Caha…
    mengejarmimp1 on The Light of Aceh – Caha…
    androidtechnicia on Indonesia Bisa (Menang) di Wor…
    Safprada on Indonesia Bisa (Menang) di Wor…
    Aulia Fitri on Indonesia Bisa (Menang) di Wor…
  • Arsip

  • Kategori

  • Para netter yang doyan ke OWL

    Aulia87.wordpress.com website reputation
    MyFreeCopyright.com Registered & Protected

Deteksi “Geumpa” dari Aplikasi Android Ini


Aplikasi Geumpa Aceh Android by Ilham Zulfikri_OWLKEBERADAAN teknologi saat ini akan sangat mudah untuk menjangkau ragam informasi secara cepat dan akurat, sama halnya ketika terjadi sebuah bencana atau kejadian alam akan begitu mudah kita peroleh saat ini lewat layanan teknologi, wabil khusus dengan platform jejaring.

Begitu pula dengan diferensiasi dari platform tersebut, semakin hari semakin dipermudahkan dengan hadirnya gawai yang sudah mampu berkomputasi dengan baik sehingga kita tidak repot lagi saat ingin memasang sebuah aplikasi untuk mengetahui informasi tercepat dari media tersebut.

Salah satu fenomena alam yang kerap sekali kita rasakan saat ini di Indonesia pada umumnya adalah titik patahan lempeng bumi, sudah menjadi kebiasaan guncangan gempa telah menjadi bagian yang terpisahkan bagi masyarakat yang berada digaris khatulistiwa ini.

Kehadiran aplikasi Android, yang didukung dengan gawat beragam jenis dan spesifikasi, salah satunya menjadi pasar bagi pengembang (developer) aplikasi mobile untuk terus menelurkan inovasinya.

Tambahan Fitur Geumpa

Pada tahun 2012 dulu, saya pernah menurunkan sebuah tulisan —disini— tentang aplikasi yang serupa, dan pada kali ini sang pengembang kembali merilis aplikasi versi terbarunya, yang bernama Geumpa. Nama yang diadopsi dari bahasa Aceh ini jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia berarti gempa.

Namanya ini sudah mewakili dari apa yang ingin disampaikan kepada pengguna, yakni untuk mendapatkan informasi terjadinya gempa yang dikhususkan di Indonesia.

Ilham Zulfikri, alumni dari Politeknik Aceh ini telah mengembangkan aplikasi Android ini sejak 2011 silam. “Yang lama sudah tidak jelas, beberapa data dan petanya tidak ditemukan lagi. Jadi, ini versi terbaru yang saya coba kembangkan lagi dengan beberapa tambahan fitur,” ujarnya.

Sejumlah fitur tambahan juga hadir diaplikasi Geumpa besutan dari Ilham, seperti informasi utama gempa, laporan gempa terkini, gempa yang dirasa, serta informasi skala dengan keterangan yang lengkap.

Tidak ketinggalan, beberapa notifikasi dalam aplikasi ini juga sudah mulai lebih user-friendly, seperti waktu update, suara, dan bergetar pada saat gempa terbaru.

Tertarik untuk mencoba aplikasi yang sekaligus pengingat ini? Unduh segera di Google Play dan gratis. Jangan lupa, jika ada kritik dan saran untuk pengembangan aplikasi bisa langsung juga disampaikan lewat kolom pesan yang ada di Google Play ya.[]

15 Responses

  1. Barutau kalo ada aplikasi gempa gini. Dua hari kemarin paling dag dig dug sama gempa. Ortu di Sorong, Papua kena gempa tengah malam, malam berikutnya di jogja juga gempa kecil.
    Terimakasiiih infonya, mas

    • Semoga tidak ada yang kurang satupun dari kejadian gempa ya mba Aqied, selamat menggunakan aplikasi ringan buatan anak Aceh ini, ajak yang lain untuk pakai juga ya😀

  2. terima kasih bang Aulia sudah atas support-nya😀

    • Sama-sama, semoga terus update ya aplikasinya dan next bisa tampil dalam untuk sebuah pekan inovasi anak-anak muda dan komunitas kedepan😀

  3. wah saya baru tau ada aplikasi keren gini, saya kan infokan ke saudara saya di Ternatae yg rawan gempa, thx ya

    • Boleh sekali Deasy, semoga bermanfaat ya🙂

  4. patut dicoba nih…
    Karya Anak Bangsa harus dicoba

    • Betul sekali, punya sendiri karya sendiri mesti dapat apresiasi.😀

  5. keren aplikasinya,. mantap..
    tapi, ane mw nanya sikit mas.
    itu cuma bwt gempa di indonesia atau bisa ampe luar negri mas?

    • Sampai sekarang hanya dikhususkan untuk wilayah Indonesia saja mas.

  6. iam,,, kereennn,,, bisa ikutan next dev nih yang di net.tv🙂

    • Ayo, Iam ikut ya ada Ai yg bantu doa biar bisa juara nih😀

      • Semuanya doain iam pastinya.. Bg oya,, Happy Wedding ^_^

      • Makasih dek Ai, lekas nyusul ya😉

  7. applikasi sekarang pada canggih canggih hahaha

Komentar berisi spam dan SARA, tidak akan ditayangkan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: