Menjajal Bisnis Startup dengan Prospek Cerah


onCoding Website DeveloperKEHADIRAN bisnis startup memang sudah menjadi tren saat ini, anak-anak muda pegiat bidang teknologi informasi tidak pernah habis inovasi untuk terus menggali kebutuhan pasar.

Hampir beberapa berita, tulisan di blog, banyak orang menyebutkan bisnis startup memiliki peluang yang sangat cerah, hal ini tentu seiring terus meningkatnya pengguna internet.

Data yang dikumpulkan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet aktif Indonesia tahun 2014 sebanyak 88,1 juta orang. Bukan main ternyata ya pasar netizen yang ada di Indonesia?

Beberapa hari lalu, saya juga mencoba melakukan penjelajahan ke sejumlah startup yang dikembangkan oleh putra Aceh, dan akhirnya saya berlabuh ke sebuah situs onCoding dari sekian banyak situs lainnya. Siapa sangka, situs ini ternyata didalangi oleh salah satu blogger Aceh yang saat ini menetap di Medan.

OnCoding MedanDari namanya saja, saya sudah menduga orang-orang dibelakang situs ini pasti mereka yang suka bergelut di dunia kode-kodean alias suka ngoding. Akhirnya saya peroleh informasi dari salah satu pendirinya, yakni Mirza Ilhami.

onCoding ini kita kembangkan sebagai perusahaan startup dan software developer di Medan yang menangani jasa pengembangan aplikasi berbasis web dan mobile. Selain itu kita juga bekerjasama dengan beberapa perusahaan lain untuk mengembangkan startup,” jelas Mirza.

Selain itu, menurut Mirza, onCoding juga sedang mengembangkan aplikasi-aplikasi siap pakai yang bisa digunakan untuk kegiatan bisnis.

“Aplikasi ini nantinya kami pasarkan ke perusahaan-perusahaan untuk membantu proses bisnis mereka, dengan sistem kontrak atau jual license,” sebutnya.

Yang Menarik dari onCoding

Saya juga baru tahu, perusahaan onCoding ini didirikan pada awal tahun dan sudah berbadan hukum bulan Agustus lalu. Perjalanan yang luar biasa menurut saya.

Dan yang menariknya, setelah melihat-lihat bagian dari tampilan di laman situs mereka, yakni mata ini tertuju pada filosofi perusahaan yang digaungkan dengan singkatan FAST, sebuah kosa kata bahasa Inggris yang berarti cepat. Tapi FAST ini ternyata singkatan dari Fathanah, Amanah, Shiddiq, dan Tabligh, yang sering kita kenal adalah sifat dari Nabi.

Jpeg

Tim onCoding sedang meeting dengan klien di kantor mereka di Medan. Foto IST

Seperti perusahaan startup pada umumnya, selain melayani jasa dalam bidang web, aplikasi mobile dan desktop, SEO, dan desain grafis, onCoding juga membuka layanan multimedia. Ini jelas kompleks sekali, tentunya dengan kemampuan yang dimiliki oleh tim dibalik layar, mereka berani tampil kompleks diantara perusahaan yang lainnya.

Ini terlihat jelas, semangat onCoding untuk tumbuh ditengah pasar begitu kuat. Dari informasi yang saya dapat, mereka punya visi jangka menengah pada tahun 2020 bisa go public alias IPO di pasar saham.

Melihat semangat dan visi onCoding memang bukan mengada-ngada dengan layanan yang mereka tawarkan kepada klien atau konsumen, informasi dari lembaga riset Portio Research memprediksi jumlah unduhan aplikasi mobile akan mencapai 200 miliar per tahun secara global pada 2017, dengan pendapatan global diperkirakan mencapai US$ 63,5 miliar.

Tentu saja ini menjadi “kue” yang besar dengan potensi cerah ke depan, semoga saja banyak perusahaan yang digawangi oleh anak-anak muda Aceh baik di nanggroe-nya sendiri atau di luar Aceh bisa terus berkolaborasi untuk maju dan bertahan. Semoga!

logo oncoding medan

28 Responses

  1. onCoding emang sudah terkenal banget gan, ane juga tau dari temen2 ane kalau perusahaan yang satu ini sangat serius dan sudah berbadan hukum. Salut deh sama onCoding😀

  2. semangat onCoding moga tercapai targetnya😀

  3. Dibalik semua kerumitan teknis coding mengkoding, saya suka ma visi para foundernya yg sudah menggariskan exit strategy untuk go public. Jarang loh start up or Ukm yg sekedar terlintas punya rencana begini. Mungkin karena bidang usaha di ICT membuat mereka banyak inspired by startup luar yg goals utamanya emang IPO. Mantap…keep it up gaes….

  4. wahh luar biasa sekali ya oncoding.. langsung ke TKP ah lebih jelasnya..

  5. keren, sukses terus oncoding

Komentar berisi spam dan SARA, tidak akan ditayangkan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: