Daging Keberkahan untuk Suka Cita Ramadhan


Suasana meugang di Aceh_1ALUNAN suara tilawah dari masjid dan meunasah terdengar sudah, pertanda malam pertama Ramadhan 1436 H telah dimulai dan datang lagi kepada orang-orang yang beriman untuk berpuasa.

Rasa-rasanya bulan yang dirindukan ini tidak ingin dilewatkan begitu saja, betapa bahagianya kita (umat muslim) saat bertemu dengan Ramadhan, masih diberikan umur yang panjang dan juga masih bisa melaksanakan aktivitas dari sahur hingga jelang berbuka setiap harinya.

Bicara soal puasa, Aceh masih tetap memberikan kesan mendalam bagi saya. Tahun lalu, menikmati puasa masih dalam kesendirian diri dan jauh dirantau. Sementara sekarang dipertemukan kembali dengan keluarga besar dan si belahan hati.

Dimulai dengan ritual daging-daging yang bergelantungan di pasar alias meugang, lalu berlanjut dengan tarawih dan tak boleh ketinggalan adalah sahur.

Yang mungkin selama ini ketinggalan bagi saya adalah menulis di blog, banyak momen menarik yang terlewat di Mei lalu belum sempat tertuliskan walau hanya bisa keingat dimemori kepala. Semoga dalam bulan ini, kelancaran jari saya dan jaringan tidak menghambat lagi untuk menulis.

Ada beberapa ide yang masih menjadi PR alias belum terselesai, masih banyak mimpi juga yang mesti menjadi kenyataan. Besar harapan, keberkahan Ramadhan kali ini menjadi momen yang tak boleh tersiakan, untuk dunia dan akhirat bagi saya dan juga bagi Anda yang menjalankan ibadah.

Kembali pada cerita Ramadhan, tulisan ini saya dedikasikan pada waktu sahur sebagai penanda bahwa bulan puasa adalah bagian dari bulan yang bulan keberkatan.

“Telah tiba kepada kamu bulan Ramadhan, bulan keberkatan.” (HR Ahmad)

Tidak hanya itu, suka cita dari Ramadhan juga menjadi perisai bagi kita menjaga diri sehingga kelas bisa mencapai Surganya Allah.

“Sesiapa yang beriman kepada Allah dan RasulNya, mendirikan solat dan berpuasa di bulan Ramadan, maka adalah satu kebenaran atas Allah memasukkannya ke syurga.” (HR Bukhari)

“Puasa itu perisai, apabila ada salah seorang kamu di suatu hari sedang berpuasa, maka janganlah berkata-kata keji (kotor), jangan berlaku jahil dan jika ada seseorang memakinya atau mahu membunuhnya maka katakanlah sesungguhnya aku sedang berpuasa.” (HR Ahmad)

Maka dari itu, wahai pembaca budiman jangan lewatkan dan sia-siakan kesempatan ini. Hal terkecil saja yang perlu kita ingat seperti bangun untuk sahur, tidaklah boleh karena terpaksa melainkan sahur itu sebagai bentuk kesadaran.

“Makanlah sahur karena sesungguhnya di dalam sahur itu terdapat berkah.” (HR Bukhari dan Muslim)

Salah satu keberkahan dari orang yang makan sahur itu adalah mendapatkan doa dari para malaikat dan pengampunan dari Allah.

“Janganlah kalian tinggalkan ia (sahur) meskipun kalian hanya minum seteguk air. Sesungguhnya Allah dan malaikat-Nya bershalawat kepada orang yang melaksanakan sahur.” (HR Ahmad)

Dengan demikian, mari sahur dan mari menulis blog kembali di bulan penuh berkah ini. Sampai jumpa!

Sop daging meugang untuk sahur

10 Responses

  1. Ayoooo sahur… semoga ibadah puasa kita diterima disisi Nya..

    • Amin, selamat berpuasa juga untuk Ajo dan keluarga disana🙂

  2. Selamat menunaikan ibadah puasa.. semoga kita bisa menghindari maksiat di bulan ramadhan ini, sehingga puasa kita memberikan banyak keberkahan pada kita..

    • Amin ya Rabb, betul Ummu karena ini bulan pembelajaran dan kita harapkan bisa terus menjadi tubuh ini dari segala macam kemaksiatan dan dosa.

  3. marhaban ya ramadhan

  4. Harganya mahal gaaannn, mending makan telor aja buat buka puasa n sahur. kwkwkw
    Salam http://www.indogamers.com

  5. Selamat berbuka puasa, hehe. Bulan puasa memang penuh berkah

  6. selamat menunaikan ibadah puasa.salam knal semoga sukses

  7. bulan puasa keberkahanya sangatt luar biasa orang berlomba-lombaa dlam berbagi

    • Iya, karena bahagia bersama itu lebih indah🙂

Komentar berisi spam dan SARA, tidak akan ditayangkan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: