Bandar Aceh yang Semakin Tua | #BandaAceh810


Logo HUT Banda Aceh 810KOTA Banda Aceh memang sudah terbilang tua dan sangat tua, diusia yang semakin lapuk jika melihat dengan penanggalan masehi yang berdiri sejak tahun 1205 membuat kota para raja ini menjadi salah tiga kota tertua di Indonesia setelah Palembang dan Magelang.

Tahun ini, diusia ke-810 tahun Banda Aceh masih terbilang adem. Beberapa wajah kota juga terlihat umbul-umbul, walaupun kemeriahan dengan aksesoris tahun ini tidak begitu mencolok dibanding tahun sebelumnya.

Cuaca tak menentu, alam yang tak bersahabat, dan sesekali hujan dan terik yang datang seakan Banda Aceh terus menjalani hari layaknya nostalgia peninggalan endatu dulu.

Ada banyak sejarah yang hadir di kota tua ujung Sumatera ini, Gampong Pande yang sering disebut-sebut sebagai cikal bakal lahirnya Kutaraja hingga dengan Bandar Aceh yang menjadi nama awal tak pernah bisa terlepas dari Aceh Darussalam.

Selain menelisik penanggalan masehi sebagai hari lahir ibukota Kerajaan Aceh Darussalam, yakni 22 April 1205 tentunya Banda Aceh yang segera menuju sebagai/menjadi Kota Madani juga tidak boleh luput dengan penanggalan hijriyah atau 1 Ramadhan 601.

Tak ada kisah yang begitu klasik dengan lahirnya Kota Banda Aceh, karena pada dasarnya sejarah kota tua ini terus melekat pada masa jayanya Kerajaan Aceh Darussalam. Hanya saja, fase-fase sejarah yang dilalui oleh Kutaraja (sebutan pada masa kependudukan Belanda) membuat kota ini semakin terus dikenal luas.

Akhir kata, selamat hari lahir Banda Aceh, buat yang ingin tahu kenangan kota manis nan indah bisa singgah ke tempoe doeloe. Salam Madani!

26 Responses

  1. hi salam kenal ya…2 minggu yg lalu saya sempet main ke Banda Aceh, makanannya uenak2 ya, dan mesjid Baiturrahmannya ternyata memang megah sekali..

    Just posted : Naik Uber Taxi gratis di Jakarta | The Traveling Cows

    • Ditunggu kembali kedatangannya ya🙂

  2. salam kenal ini kunjungan perdana saya salam sukses

    • salam kenal kembali siswanto🙂

  3. Saleum meutuwah rakan,
    Atjeh kita boleh Jompo asal jang jampok.
    Harapan loen selaku warga, kedepan Atjeh lebih bersyariat supaya SI yang telah dijalankan makin kuat dan meresap ke seluruh rakyat.

    • Amin, tentunya menjadi harapan kita bersama untuk Aceh yang lebih baik bang Milano🙂

  4. sekarang di aceh ada pengungsi Rohingya, warga aceh hebat jiwa sosialnya. visit Humanity

    • Semoga bisa terus solid rakyat Aceh untuk membantu sesama🙂

Komentar berisi spam dan SARA, tidak akan ditayangkan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: