Aceh Baru Punya 57 Ribu Entrepreneur, Lalu?


Bayu, Finalis WMM Wilayah I asal Aceh dengan usaha Seurungken Art asal Blangbintang, Aceh Besar (Foto IST)POTENSI wirausaha memang tidak bisa ditebak begitu saja, walaupun harus mendasar lewat data-data dan angka, tapi setidaknya saya mulai terbuka untuk menggali potensi ini.

Kisah itu berawal dari aksi ‘coba-coba’ saya untuk menekuni bidang entrepreneur alias wirausaha bersama teman-teman yang selama ini punya visi ingin memajukan Aceh lewat pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tentunya berpotensial kedapan.

Masuk dalam sebuah sistem adalah bagian dari cara kita mengetahui dan bagaimana sistem itu berproses, lagi-lagi ketika berbicara dan kita berada pada posisi diluar garis sistem, malah itu tidak bisa memberikan masukan atau perubahan apa-apa.

Mengenal beberapa teman-teman muda Aceh yang lolos dalam salah satu ajang CSR wirausaha yang digelar oleh Bank Mandiri, membuat saya lebih terbuka dengan apa yang terjadi sebenarnya di Aceh.

Saya begitu tertantang ketika (tim) anak-anak muda Aceh mengalami kendala sebelum bertanding, saya menyebutkan tim karena ini berawal dari sebuah semangat dimana saya tidak sendiri harus belajar banyak dari sesama, dari guru dan mereka yang telah banyak berbagi inspirasi.

Aceh Minim Wirausaha Muda?

Disadari atau tidak, semangat saudagar Aceh yang dulu pernah jaya di Serambi Mekkah ini memang sekarang terlihat sudah luntur dan semoga lunturnya pun masih ada berbekas untuk kedepan.

Kita masih begitu ingat dengan geliat korporasi Aceh diera tahun 1950-an, seperti sebutan Aceh Sepakat, Aceh Kongsi, Permai, Lubuk, dan masih banyak lainnya.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Aceh, Zulfan Nukman, pernah menyebutkan jumlah wirausaha di Aceh pada tahun 2014 sekitar 57.000 orang dari lima juta penduduk Aceh.

Kopi Le Parte juga menjadi pilihan para wirausahawan muda Aceh (Foto IST)

“Jika dibandingkan dengan jumlah penduduk, minimal Aceh harus ada 100.000 orang wirausaha di Aceh. Jumlah entrepreneur di Aceh masih sangat kurang, padahal entrepreneur sebagai roda penggerak ekonomi sangat diperlukan untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi Aceh,” sebut Zulfan disalah satu kegiatan saat menggelar Expo Wirausaha Bank Indonesia akhir tahun lalu.

Tanpa berpanjang lebar, jelas sudah dengan kondisi yang ada sekarang kita bisa tahu arah apa yang kita buat untuk Aceh kedepan dalam meningkatkan kembali profesi dan semangat saudagar Aceh, khususnya mereka yang muda-muda.

Jujur kita belum mengeksplor lebih jauh, masih hanya sebatas kulit saja soal keadaan wirausaha di Aceh. Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pun sudah lama didengungkan dan pertanda anak-anak muda di Aceh tidak boleh duduk berpangku tangan tanpa menghasilkan apa-apa.

Lalu apa cara termudah yang bisa kita lakukan? Pertanyaan yang menarik tentunya diikuti dengan satu tujuan yang nyata. Semoga saja, kita bersama anak-anak muda Aceh lain punya visi yang sama. Semangat untuk mewujudkan ide kecil, kolaborasi dan sinergitas.[]Banda Aceh

36 Responses

  1. ide yang keren, bisa di tiru untuk semua orang, termasuk saya yang berasal dari kota balikpapan

    • Salam kenal bang Farid, maju terus wirausaha di Balikpapan ya🙂

  2. semangat enterpruner gan,. apalagi sekarang kan ada jaringan internet. jadi bisa online gan.

    • Betul gan, termasuk kayak agak jual baju kan?😀

  3. betul sekali saya sepakat pak…kita ciptaan pengusaha2 muda di indonesia ini untuk membangun negeri ini.jozz mantab

    • Dan lebih mantap lagi, produk dalam negeri memang harus terus digenjot agar menjadi brand lokal dan mancanegara😀

  4. Saat tahu bahwa kota Bandung sedang dikuasai anak-anak muda yang berjiwa technopreneur, maka kami yang di Aceh juga akan mengangkat demam technopreneur😀

  5. Sekedar ingin berbagi, Saudara Blogger, saat ini sudah hadir publhiser iklan yang bisa menyamai Google Adsense, bahkan bisa saling melengkapi, dan bisa menjadi alternatif jika ditolak atau di banned Google Adsense.
    Infonya disini:

    http://www.e-jurnal.com/2015/05/pilih-google-adsense-atau-adsoptimal.html

    • Terima kasih atas informasinya🙂

  6. Sangat senang semakin banyak orang yang mengambil langkah untuk menjadi entrepreneur, semoga bisa membuka lapangan pekerjaan yang lebih banyak.

    • Amin, tentunya ini menjadi harapan kita bersama ya🙂

  7. bang Aulia

    izin copas ya..
    luar biasa… mantapp

    • Siap syedara🙂

  8. […] sumber […]

Komentar berisi spam dan SARA, tidak akan ditayangkan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: