Setelah Tujuh Tahun jadi Blogger, Lalu?


Inspirational LALU saya tetap menjadi blogger. Itulah jawaban singkat dari judul tulisan di atas seperti yang telah Anda lihat dan baca. Sebenarnya tulisan kali ini lebih pada cerita saya bersama pembaca blog Orekan Waktu Luang (OWL), namun tanpa ada rasa formalitas, tulisan ini tetap saya tulis seperti layaknya air yang mengalir.

Bulan lalu, blog OWL baru saja berusia ganjil yakni 7 tahun tepat pada tanggal 21 Februari. Angka tujuh pun menjadi favorit tahun ini, kenapa tidak angka tersebut telah membawakan sebuah momen tersendiri bagi saya (baca disini).

Dari serangkaian acara tujuhan alias seunujoh di blog OWL, beragam komentar dan masukan pun saya peroleh. Tidak sedikit banyak dari sekalian pembaca juga memberikan inspirasi tersendiri bagi saya untuk semangat menulis dan melihat sekitar kita.

Inilah beberapa rangkuman yang bisa saya ambil dari sekian banyak berkah dari pengunjung OWL yang sempat mengangkat beragam topik, termasuk 7 hal menarik yang paling sering saya perbincangkan dalam blog ini, seperti tentang AcehJejaring SosialBloggerKhutbah Jum’atBlog,Facebook, dan Aceh Blogger.

Berbagi Inspirasi

Bang Dedi Wiyanto adalah blogger pertama yang memberikan kata sambutan, soal ngeblog dan ulang tahun kami hanya beda hari dan tahun (dimana-dimana juga gitu kali ya). “Tanggalnya beda tiga hari sama blog saya, tapi usianya beda setengah dasawarsa,” katanya.

Lain lagi dengan kang Ujang Sundana, konon blogger ini suka sekali dengan kucing, sampai-sampai foto profilnya itu kucing berbulu semua dan blognya pun bernama kucing pabrik, pokoknya ada kucing dimana-mana. Apa kata kang Ujang soal blog OWL?

Dari blog ini saya banyak memperoleh secercah pengetahuan yg terlewatkan. Seperti contoh tulisan tentang suku Mante. Terus terang saya baru tahu setelah membaca dari blog ini. Boleh jadi tulisan tentang suku Mante ini agak menohok saya. Saya yang mengaku orang Sunda malahan belum menyempatkan diri untuk mengunjungi suku Baduy yang tinggal dj daerah Banten itu. Padahal, konon, suku inilah cikal bakal suku Sunda di daerah sunda bagian barat.

Sekilas kang Ujang memang suka sejarah, jika berkesempatan pun saya ingin juga berkunjung ke Baduy, Banten yang tidak begitu jauh dari Jakarta. Sama-sama ingin melihat sejarah suku disana bersama sang kucing ini, eh (semoga bisa berjumpa yang kang).

Lalu ada Multazam, blogger yang masih duduk dibangku SMA ini beberapa waktu lalu jadi juara menulis di acara Aceh Blogger Community (ABC). Apa kata blogger yang kini mulai begitu serius ngeblog itu?

Menurut saya blog OWL ini cukup menarik, pertama saya mengnjungi blog OWL ini ketika saya bergabung di aceh blogger, dan saya banyak membaca Informasi2 sejarah Aceh disini, lebih menariknya lagi blog ini tidak hanya fokus pada satu pembahasan tapi banyak yang dibahas disini.

Memang sih blog OWL banyak sekali pembahasan, sampai-sampai blog ini sama gado-gado itu mirip, lha bedanya itu gado-gado bisa dimakan, kalau yang blog ini bisa dibaca sambil makan. Siapa sih yang tidak suka dengan rasa gado-gado, enak dan murah (tentunya yang doyan atau vegetarian).

Seperti yang sudah disebutkan di atas, inspirasi yang hadir di HUT OWL tidak saja di kolom komentar ada juga dari postingan. Seperti yang ditulis oleh Faizul Nazir, blogger yang baru-baru ini bergabung di komunitas ABC. Joel -sebutan akrabnya- mengangkat soal Facebook dan cyber crime, katanya sih terinspirasi dari tulisan saya yang beberapa waktu sempat saya angkat soal privasi di sosial media khususnya Facebook.

Tulisan Joel tersebut juga mengupas tajam bagaimana melakukan pelaporan jika melihat pelanggaran di Facebook, intinya setiap pengguna juga menjadi polisi siber di dunia maya, bagaimana langkah-langkah tersebut? Anda bisa baca di blog bang Joel.

Tidak mau ketinggalan dari Joel, saya juga dapat tulisan hangat dari Makmur Dimila. Blogger yang baru di wisuda kesarjanaannya beberapa waktu lalu ini juga telah mengingatkan bahwa saya sering ditafsir dengan wanita cantik (bukan sering sudah kebanyakan malah, hahaha). Penasaran kan? wanita cantik yang gandrung bermain di dunia maya.

Sebelum membaca About Me di lamannya, saya sempat kagum dengan “seorang wanita” yang sangat inspiratif di dunia maya.

“Tumben, ada seorang cewek Aceh dengan nama yang cantik, Aulia Fitri, giat menulis di dunia maya. Pengen rasanya jumpa sama dia,” batinku suatu kali di awal 2013. Diagnosa itu membuat saya ingin sekali melihatnya di dunia nyata.

Selain komentar serius, juga ada komentar yang menjadi diskusi alot. Misalnya datang dari mba Syifna yang ingin sekali mencicipi mie Aceh, tapi yang tak kebendung itu rasa penasarannya dengan Mie Caluk. Sepertinya penggemar India ini mesti berkunjung ke Aceh untuk menikmatinya langsung, dari inspirasi menjadi culinary.

Mie caluk nih mba Syifna :D

Konsistensi, nah kata-kata ini juga mengingatkan saya sama Giewahyudi yang juga salah satu teman saya di linimasa. “Wah blogger senior. Tujuh tahun ngeblog itu perlu konsistensi yang luar biasa lho,” katanya.

Dari sini saya juga sadar, selama ini konsistensi saya pelan-pelan telah tumbuh. Hal ini tidak mungkin berdiri dengan sendirinya selain dari kemauan, melainkan juga pengaruh yang luar biasa dari atmosfer blogger itu sendiri.

Nah, dari sejumlah komentar ternyata ada juga yang mengenal saya itu malah dari ID di internet. Ya, user nama alias ID yang saya gunakan memang hampir beberapa jejaring sosial itu sama, yakni hack87. “Saya baru kali ini mampir ke sini, tapi saya sudah lumayan sering mampir di hack87,” kata Putra Phoenna.

Saya juga bingung, kira-kira Putra itu mampir ke hack87 yang mana ya. Semoga saja betul tidak nyasar ke blog lainnya. Lain lagi dengan Chici, blogger Aceh yang bersama saudaranya kembar menuntut ilmu di Medan tersebut juga melontarkan hal yang sama dalam tulisan di blognya.

OWL itu adalah singkatan dari Orekan Waktu Luang, blog salah seorang teman bernama Aulia [@hack87]. Kalau diingat-ingat kapan pertama kali saya mengenalnya, jawabannya adalah saya nggak ingaaat, hahaha…

Ini bikin saya ketawa juga, karena betul saya juga tidak ingat kapan pertama kali kenal. Anehnya, si gadis bernama lengkap Citra Mardiati asal Takengon ini belum pernah melihat foto saya, hello emangnya saya artis? dia malah menantang saya untuk sedikit narsis. Baiklah, berikut ini foto yang bisa dibilang tidak narsis karena dijepret oleh paparazi disebuah warkop di bilangan Simpang Surabaya, semoga tidurnya nyenyak ya Chi (lempar biji kopi).

Saya dibidik paparazi dari jarak dekat

Eits, blog OWL juga ramai dikunjungi para kaum hawa juga lho ternyata. Mereka hampir rata-rata mencari info kuliner atau membaca pertualangan dan sejarah. Malah beberapa blogger di komunitas saya juga ada yang sangat aktif. Liza Fathiani misalnya, dokter asal Tangse menyebutkan kalau blog OWL sedari dulu begini-begini terus.

Banyak hal tentang aceh dan dunia blog yang saya dapatkan dengan sering berkunjung ke blog ini. blog yang terkonsisten alias ngga pernah gonta ganti template serta ga berniat untuk dipindahkan ke domain dot.com disaat semua orang berlomba-lomba dengan domain pribadi. 

Seingat saya themes blog ini hanya sempat terganti 1 atau 2 kali, jika tidak salah berarti tampilan gratis yang ini adalah tampilan yang ketiga kalinya yang bertahan sukses alias minimalis menurut hemat mata saya (alhamdulillah hingga kini belum perlu bantuan kacamata).

Selain dari Tangse, blog OWL juga kedatangan tamu encik Siti Fatimah Ahmad dari Sarawak, Malaysia. Wajar saja bendera viewers dari negeri jiran menduduki urutan nomor 3 di blog OWL. Senang rasanya, encik memberikan semangat untuk  OWL agar saya terus mengasah kemampuan saya menulis, dimana suatu hari tulisan-tulisan dalam blog ini bisa dibukukan. Terima kasih encik, semoga saya bisa silaturrahmi ke Serawak, setidaknya bisa lewat blog dulu sebelum kesampaian.

Dan begitu banyak inspirasi lainnya yang mungkin tidak bisa saya tulis satu persatu disini, namun dibalik itu semua saya mengucapkan banyak terima kasih untuk pembaca. Dan semoga saja setiap semangat, dorongan, serta berbagai masukan pengunjung blog OWL menjadi nilai positif untuk saya berbenah dalam menulis yang kapan pun pasti akan mengalami kekurangan.

Oleh-oleh Kecil

Seperti janji dalam postingan sebelumnya dalam HUT ke-7 ini, beberapa pembaca pun akan saya berikan oleh-oleh. Memang tidak berbentuk barang yang mewah, barangnya itu berupa buku yang terdiri dari beberapa ratusan lembaran.

Buku dari blog OWL untuk pembaca inspirasi :)

Mereka yang berhak mendapatkan buku dari OWL adalah sebagai berikut (selamat untuk Anda, eh belum ternyata):

  • Kang Ujang Sundana pemiliki blog Balada Kucing Pabrik, mendapatkan buku dengan judul “The Innovative Leader”,
  • Fresh graduates Makmur Dimila pemilik blog Koki Kata, mendapatkan buku dengan judul “Miskin is Boring”,
  • Si kembar Citra Mardhiati pemilik blog Langkah Kecil Chici dengan judul buku “15 Anak Genius Peraup Dolar – Generasi Penerus Bill Gates (10 Perusahaan IT yang sedang HOT)”, dan
  • Si ganteng Faizul Nazir pemilik blog Joel Alta dengan judul buku “Belajar Seni Memimpin dari Muhammad”.

Kepada blogger yang telah saya sebutkan di atas, dengan segala kerendahan hati jangan lupa untuk mengirimkan alamat lengkap dan nomor kontak yang bisa dihubungi ya ke surel (e-mail) aulia87_ra@yahoo.com dengan subjek apa saja boleh asal ada alamatnya biar gak jadi ayu ting agar buku bisa langsung saya kirim ke alamat yang dituju via kantor pos.

Buat yang belum mendapatkan oleh-oleh, jangan berkecil hati dan tetap jalin silaturrahmi (blogwalking) untuk saling berbagi lewat blog. Seperti kata pepatah gak tahu pepatah siapa inihappy blogging and keep sharing with blogwalking, best regard inspiring (intinya ada ing-ing).

Do’akan saja dilain waktu OWL bisa bagi-bagi buku dan semoga sudah ada karangan sendiri (mimpi berat). Selamat dan sukses untuk inspirasinya semua pembaca budiman, setelah tujuh tahun saya adalah blogger dan kita blogger bersaudara.[]

94 Responses

  1. aku maw bukunya juga… ngarep mode on..😀

    • Sudah kelewat masanya bang, dilain kali aja ya😀

  2. senang sekali kalau sudah bisa menjadi blogger profesional, sudah tahu teknik SEO dan bisa bisnis online dengan cepat, sukses terus blognya mas

    • Menjadi blogger profesional masih jauh dari harapan, karena saya lebih gemar belajar menjadi blogger sejati saja😀

  3. kalau saya 7 tahun jadi blogger cuma dapat istri satu sama anak satu🙂

Komentar berisi spam dan SARA, tidak akan ditayangkan!

