Ini Alasan Twitter Tidak Bolehkan Kirim Tautan lewat DM


twitter blokir pengirim link di DMADA sejumlah pertanyaan yang masuk ke saya terkait urusan direct message (DM) Twitter yang tidak membolehkan lagi pengguna untuk saling mengirim link ke pengguna lainnya yang saling mengikuti (following).

Saya pun menyadari hal tersebut pun baru-baru ini, walaupun konon Twitter sudah memberlakukan aturan sementara tersebut sejak Oktober 2013 lalu. Dari hasil temuan saya, termasuk apa yang disebutkan Twitter secara resmi disini (restrukturisasi), tak lebih dari hal-hal menganggu pengguna akibat banyaknya beredar tautan-tautan (links) yang masuk ke inbox (DM) sehingga mencegah terjadinya aksi spamming dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

We’re restructuring back-end elements of our direct message system. As a result, users may be unable to send some URLs in direct messages. We apologize for the inconvenience,” tulis Twitter dalam laman bantuannya tersebut.

Jika pun Anda memaksa diri untuk mengirim DM -mengandung tautan (link) ke teman Anda yang sudah saling mengikuti, Twitter akan langsung memberikan tahukan Anda bahwa terproteksi. “This request looks like it might be automated. To protect our users from spam and other malicious activity, we can’t complete this action right now. Please try again later,” pesan Twitter.

Menariknya, sejumlah situs lainnya semisal domain (perusahaan) besar seperti Facebook.com, Instagram.com, Microsoft.com, Yahoo.com dan lainnya dibolehkan mengirim tautan ke  DM Twitter (tanpa ada pesan kesalahan), tentunya yang berada di situs Twitter.com juga diperbolehkan semisal fitur untuk gambar di domain pic.twitter.com.

Trik Mengirim DM

Dengan diperlakukan kebijakan sementara Twitter ini membuat sebagian orang kewalahan untuk mengirim tautan ke temannya lewat DM, dimana ada kondisi mendadak dan itu penting akhirnya harus melewati media lain.

Namun, beberapa langkah dan trik ini bisa dicoba. Beberapa situs luar telah membeberkan hal tersebut yang kemungkinan besar tidak bisa dilakukan oleh robot (bot-spam), namun entahlah yang namanya sistem tetap saja punya celah. ‘Handy Hacks’ menyebutkan trik yang bisa digunakannya untuk lolos lewat DM tersebut, yakni mengirimkan tautan berupa redirect ke halaman lain atau menambahkan tanda garis miring lebih untuk setiap tautan, misalkan http://aulia.fitri menjadi http:///aulia.fitri.

Cara terakhir yang disebutkan oleh pemilik akun @jef tersebut memang ampuh, karena Twitter tidak mendeteksi itu sebagai tautan atau link dalam sistemnya. Tapi sebagai catatan Anda harus memberitahukan teman Anda untuk meng-copy tautan tersebut secara penuh dan menghapus tanda garis miring atau pun bisa saja Anda membuka tautan tanpa harus menuliskan http:/// lagi.

Beberapa trik lain yang sama juga tidak bisa dideteksi oleh Twitter seperti membubuhkan tanda garis miring atau karakter lainnya satu saja sebelum nama domain (short url), semisal bit.ly/PeduliNekManeh menjadi /bit.ly/PeduliNekManeh. Dan masih banyak trik lainnya untuk mengakali DM di Twitter ini selama belum ada pemberlakukan aturan baru. Bagi yang ingin gunakan trik tadi, selamat mencoba dan semoga berhasil dalam berkomunikasi.[]Semarang

28 Responses

  1. Kalo DM itu searah atau dua arah bisa ya?

    • Dua arah bisa jika saling follow dan follow back🙂

  2. […] ini Twitter masih menjadi media sosial yang diperhitungkan setelah Facebook, sejumlah inovasi baru mulai […]

Komentar berisi spam dan SARA, tidak akan ditayangkan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: