Kegaulauan Bos Facebook tentang Privasi Terungkap


Bos Facebook Mark ZuckerbergTOPIK seputar sepak terjang Edward Snowden memang belum berakhir, setelah saya menuliskan hal ini beberapa waktu lalu terkait operasi Oktober Merah (Red Operation) kini beberapa hal baru tentang privasi di negeri Paman Sam sungguh diluar kendali. Hanya saja kita melihat manis di luar, tapi di dalam arenanya sendiri dengan sesama ‘penggila’ dunia maya kecam sangat mengkhawatirkan dunia.

Salah satu hal menarik yang sempat dilontarkan oleh bos Facebook, Mark Zuckerberg yaitu menganggap Amerika Serikat telah benar-benar keterlaluan dengan program pengawasan dalam menghormati privasi warga negaranya.

“Saya berpikir bahwa harus ada keseimbangan dalam melakukan hal yang benar dan berterus terang serta memberitahu masyarakat tentang apa yang Anda lakukan,” kata Bos Facebook, sebagaimana dilansir Cnet.com.

Mengutip dari Virtual Mindset, dalam sebuah statusnya menyebutkan bahwa pada saat Edwar Snowden membocorkan beberapa dokumen rahasia National Security Agency AS bersamaan dengan konferensi pers yang dilakukannya di Moskow pada tanggal 12 Juli 2013. E. Snowden menggunakan layanan e-mail Lavabit untuk menyebarkan pemberitaannya ke media massa.

Pengiriman e-mail melalui layanan Lavabit diatas lalu diketahui oleh pihak FBI, yang selanjutnya pihak FBI selain menggeledah kantor Lavabit juga menekan Lavabit untuk memberikan enkripsi e-mail pada layanan tersebut. Hebatnya pihak Lavabit tidak mengindahkan permintaan dari FBI tersebut terutama untuk memberikan kunci enkripsi pada layanannya dengan alasan Ia tidak ingin “terlibat dalam kejahatan terhadap rakyat Amerika”, oleh sebab privacy juga dilindungi oleh hukum AS.

Keengganan Lavabit diatas selanjutnya diancam oleh pengadilan AS dengan memerintahkan pendiri Lavabit – Ladar Levison untuk dikenakan denda $ 5.000 per hari mulai 6 Agustus sampai ia menyerahkan salinan elektronik dan enkripsi pada layanan tersebut.

Oleh sebab ancaman pengadilan yang bertubi-tubi kepada pihak Lavabit akhirnya Ladar Levison sang pendiri Lavabit memberhentikan total seluruh layanannya guna melindungi privacy para pengguna e-mail lainnya. Meski demikian pihak Lavabit pada akhirnya memberikan enkripsi layanan e-mail tersebut kepada pihak FBI namun pada area tertentu saja.

Jadi benar apa yang dikatakan Mark Z pendiri Facebook di internet “privacy telah mati”. Demikian tulis Virtual Mindset.

Lalu jika kita kaitkan dengan negeri kita sekarang ini, seberapa jauh hal privasi ini diketahui oleh publik atau jangan-jangan pengguna (publik) itu sendiri masih belum sadar betul tentang dirinya saat berada di dunia maya. Bagaimana menurut Anda?[]Semarang

9 Responses

  1. susah memang ya kalau kita sudah terjun ke dunia Maya ini, harus benar2 teliti ketika membagi sesuatu yang brrsifat privasi. apalagi seperti facebook, kalau pun akun kita sudah ga aktif tetap aja data kita ada sama mereka

    • dan yang paling membahayakan, setelah (masih berlangsung) kasus sadap-sadapan kemarin itu pihak Amerika (NSA) hingga sekarang sudah mendata semua informasi pengguna internet, termasuk wilayah Asia Tenggara. Sungguh terlalu!

  2. Jangan buka2 di internet, bohong aja boleh? Haha

    • kalau gak di buka gak bisa baca di internet, what the maksud? hahaha

  3. ga usah urus privasi orang, hidup sudah rumit jangan dibuat ribet.
    IMO

    • bikin hidup lebih hidup *ingat iklan dulu

  4. Wah, blognya bagus… terus berkarya jangan berhenti dan semoga bermanfaat bagi semua orang.

    • terima kasih admin JPW, semoga mampir-mapir kesini lagi ya🙂

  5. […] terjadi di Facebook dewasa ini sungguh luar biasa, hampir begitu banyak robot bekerja di layanan Mark Zuckerberg yang diperintah oleh manusia, ada baiknya juga Anda mengetahui fenomena tersebut, semisal like […]

Komentar berisi spam dan SARA, tidak akan ditayangkan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: