Plastik Kresek Hitam Bisa Bahayakan Daging Kurban


BERITA ini mungkin sudah lama adanya, tentang bahayanya plastik kresek bewarna hitam yang kerap kita temukan bahkan sering dipergunakan dalam keperluan sehari-hari.

Nah, apalagi ini mendekati hari raya Idul Adha yang identik dengan daging kurban yang biasanya sering digunakan plastik hitam untuk membungkusnya, apalagi di Aceh sebelum menjelang lebaran juga akan ada hari meugang.

lain mengancam daging kurban. Selain ancaman penyakit anthraks, pemakaian kantong plastik kresek berwarna hitam yang biasa digunakan untuk membungkus daging kurban saat Hari Raya Idul Adha.

Seperti yang pernah dilansir VIVAnews.com, bahaya plastik kresek hitam dibalik sifatnya yang murah dan praktis, terkandung bahan kimia berbahaya yang bisa mengontaminasi makanan yang ada di dalamnya. Hal tersebut juga pernah disebutkan oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor bersama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan mengimbau masyarakat yang merayakan Idul Adha dengan berkurban, agar daging kurban tidak dimasukan dalam kantong plastik kresek berwarna hitam.

Dosen Fakultas Kedokteran Hewan IPB, Yusuf Ridwan, menyatakan, kantong plastik kresek berwarna hitam mengandung zat karsinogen dan zat pewarna yang bisa tercampur dengan daging. Akibat kontaminasi zat ini dapat menyebabkan kanker dalam waktu lama. “Untuk itu, penyebaran daging, lebih baik menggunakan kantong putih atau transparan,” ungkapnya.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga sudah mengeluarkan peringatan agar masyarakat tidak menggunakan tas kresek berwarna untuk membungkus makanan siap santap. Dari hasil penelitian BPOM, tas plastik khususnya berwarna hitam merupakan produk daur ulang yang berbahaya. Saat proses daur ulang, tidak diketahui riwayat kantong kresek itu sebelumnya. Apakah bekas wadah pestisida, limbah rumah sakit, kotoran hewan dan manusia, atau limbah logam berat. Dalam proses daur ulang itu juga diketahui menggunakan berbagai bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan.

BPOM telah meminta masyarakat agar tidak menggunakan kantong kresek sebagai wadah makanan, terutama makanan siap santap. Bahan kimia plastik yang ada pada kantong plastik tak hanya mudah terurai dan migrasi ketika terkena makanan panas. Namun, juga makanan mengandung asam, cuka, vitamin c, berminyak atau berlemak.

Lalu bagaimana dengan plastik kresek warna putih? sebagai alternatif BPOM lebih menganjurkan plastik kresek putih tersebut dibandingkan warna hitam. “Kantong kresek putih itu masih murni, bukan daur ulang. Masih awal,” kata Direktur Pengawasan Produk dan Bahan Berbahaya BPOM Drs. Mustofa, M.Kes.

Mustofa mengatakan, kantong yang berwarna putih meski tidak transparan dan agak buram, tapi masih tunggal artinya tidak dicampur-campur. “Hanya putih yang disarankan, warna yang lain tidak,” ujar Mustofa seperti dikutip dari Liputan6.com.

Mustofa mengingatkan, jika memang harus menggunakan kantong kresek hitam sebaiknya makanan tersebut tak menyentuh langsung. Tak peduli apakah makanan itu berbentuk padat atau cair, kantong hitam tak dianjurkan sebagai wadah primer.

Jadi, buat panitia kurban yang sebentar lagi akan melaksanakan ibadah kurban, silahkan gunakan plastik kresek putih ya. Semoga daging yang diterima oleh yang berhak tidak terkontaminasi dengan bahan kimia dan berefek bagi kesehatan.[]

kantong kresek putih

12 Responses

  1. Info sangat penting, tq mas bro.

    • sama-sama kang Makmur😀

  2. baru tau, thanks bang infonya😀

    • sama-sama bu dokter🙂

  3. menurut info yang beredar sih begitu

    • semoga yang beredar itu betul dan plastik hitam bisa dihindari ya mas Jimmy🙂

  4. Info yang sangat penting bro.byk yg tdk tau klo plastik hitam byk zat yg berbahaya😀

    jangan lupa mampir kesini Berita terupdate dan terpercaya iyaa.com

    • terima kasih mas Bambang sudah berkunjung kesini🙂

  5. info nya benar-benar bermanfaat😀

    • Semoga berguna ya Aldy🙂

  6. bukannya dari dulu gan kresek hitam gak baik untuk makanan,, apalagi yang panas, btw thanks infonya

    • Betul gan, karena pembuatan kresek hitam memang bahannya jauh lebih berbahaya dari warna yang lainnya.

Komentar berisi spam dan SARA, tidak akan ditayangkan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: