Menjawab Pertanyaan ‘Buku Digital Gratis’ dari Pemirsa TVRI


Screenshoot dari Bang Aneuk saat lihat TV dan diposting di Grup FB ABCMENGISI kekosongan blog ini selama hampir beberapa pekan tidak update, jadi tidak salah kita angkat tulisan menjawab pertanyaan ‘Buku Digital Gratis’.

Jadi begini, Senin (1/4) lalu itu disetiap minggunya di TVRI Banda Aceh ditayangkan program acara Mengenal IT setiap pukul 15.00 -16.00 WIB yang merupakan hasil kerjasama Masyarakat Teknologi Informasi (MIT) Indonesia bersama stasiun TVRI Banda Aceh.

Pada program tersebut mengangkat topik tentang buku digital, yang diisi oleh Fadli Idris/@pacutlie dari Komunitas Blogger Aceh dan juga Nazaruddin Musa /@nazarmusmar, yakni akademisi IAIN Ar-Raniry sert Ketua Riset MIT Indonesia.

Ternyata banyak pertanyaan yang masuk lewat SMS mengenai topik tersebut seperti yang diposting dari akun @MITIndonesia, berhubung menarik dan akhirnya saya pun mencoba menjawabnya sebisa mungkin.

Berikut beberapa pertanyaan dari pemirsa TVRI yang menyaksikan acara tersebut:

Dari 085360064xxx: Bagaimana cara memilih tempat yg terpercaya & bebas dr malware berbahaya? tlg beri referensi tempat download yg terpercaya.tq

Jawab: Memilih tempat mungkin disini maksudnya situs adalah dengan cara menjelajah mesin pencari seperti Google. Secara otomatis saat ini Google juga telah menfilter sehingga kemungkinan untuk diarahkan pada situs berbahaya kecil dan sering saat mengakses situs yang terjangkit malware akan diberi peringatan. Untuk referensi tempat download banyak sekali di Internet, dan salah satunya bisa ke situs lokal seperti IDW’s, dan sejenisnya.

Dari 085277419xxx: setiap 1 buku membutuhkan berapa memory? 

Jawab: Setiap buku memiliki jumlah halaman (tipis/tebal) dari situlah baru bisa terbaca beberapa memory yang terpakai serta resource saat pemakaian.

Dari 081360552xxx: Darimana kita melihat keaslian ebook itu?jgn2 pengarangnya tdk jelas,karangannya tdk benar.tks

Jawab: Cari yang paling mudah mengenal e-book asli itu dengan cara menelusuri sebelumnya di mesin pencari (book Google) atau langsung dari pengarangnya. Pada umumnya untuk buku yang dipindai (scan) pasti terdapat sampul sehingga mudah dikenali.

Dari 085260412xxx: Saya mau tanya bagaimana cara mendownload ebook? bisa gak ebook jd referensi? terutama buat mahasiswa/i yg lagi skripsi?

Jawab: Cara mendownload itu mudah baik itu berupa dokumen berbentuk word atau pdf dengan cara menelusuri ke situs yang menyediakan e-book bukan situs abal-abal yang hanya mengarahkan pengguna ke situs yang tidak jelas. Salah satu tekniknya dengan menambahkan kata kunci + pdf/doc pada saat melakukan pencarian. E-book yang bersifat buku asli tentu bisa dijadikan refensi digital, secara ilmiah bisa dipertanggungjawabkan asal jelas pengarang dan penerbitnya.

Dari 085260008xxx: Dgn diresmikannya iTunes indonesia dan penerbis bisa mempublish buku ke iBooks store apple,kenapa buku2 aceh tdk dipublish ke ibooks store shg mudah dibeli.krn membaca ebook di iBooks sgt memuaskan.

Jawab: Mungkin belum banyak penerbit atau pengarang yang tahu dengan hadirnya iTunes Indonesia atau iBook store ini, sehingga tidak semua dipublish. Untuk saat ini buku Aceh klasik tempo dulu juga telah tersedia di situs acehbooks.org dan bisa didapatkan gratis.

Dari: 081919686xxx:buku digital asli ne ya?

Jawab: Buku digital seperti jawabannya sebelumnya, asli atau tidak bisa ditelusuri dari pengarang atau penerbitnya.

Kalau dari pembaca OWL ada yang ingin menambahkan dipersilahkan sangat ya, pasti ada yang lebih berpengalaman dari pembaca yang pernah menggunakan e-book atau pun sebatas membacanya. Sampai jumpa diepisode lainnya ya, dadah gaya pembaca Jeremy Tetty.[]

7 Responses

  1. wih.. keren!!!!

    hebat! salut dah!

    • wah si abg Al ini salut kenapa?😀

  2. “Dadah gaya pembaca Jeremy Tetty ” :0 *shock* … yang nulis postingan ini pasti bukan bang aulia deh #YakinBanget

    • itu asisten yg nulis saya cuma jawab aja😆 kabur ke JDM

  3. siip🙂

    • eh ada bu Mila😀

      • iyaaa🙂

Komentar berisi spam dan SARA, tidak akan ditayangkan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: