• Kicauan Terakhir

    • RT @ompian: Melek internet rupanya tak terbatas bagi penderita gangguan jiwa, paket internet lebih penting daripada makan, katanya. 7 hours ago
    • RT @iloveaceh: Gajah Sumatera yang hidup di Hutan Leuser, merupakan Satwa yang harus dilindungi agar tetap terjaga kelestariannya #CareLeus7 hours ago
  • Baca Juga

  • Komentar Anda

    Aulia Fitri on Indonesia Bisa (Menang) di Wor…
    Mesin oven on Indonesia Bisa (Menang) di Wor…
    Aulia Fitri on The Light of Aceh – Caha…
    mengejarmimp1 on The Light of Aceh – Caha…
    androidtechnicia on Indonesia Bisa (Menang) di Wor…
    Safprada on Indonesia Bisa (Menang) di Wor…
    Aulia Fitri on Indonesia Bisa (Menang) di Wor…
  • Arsip

  • Kategori

  • Para netter yang doyan ke OWL

    Aulia87.wordpress.com website reputation
    MyFreeCopyright.com Registered & Protected

The World Tsunami Museum in Aceh


Museum Tsunami (Dok. Pribadi)BERCERITA tentang gempa dan tsunami di Aceh mungkin telah banyak kita dengar, kita baca, bahkan kita lihat sendiri bagaimana situasi kejadian tersebut delapan tahun silam.

Tapi banyak yang bertanya-tanya, nama museum tsunami di dunia ini ada berapa sih jumlahnya? Beberapa waktu lalu saya sempat juga mencari tahu tentang museum yang terkenal dengan nama tsunami ini.

Pacific Tsunami MuseumWalhasil nama Pacific Tsunami Museum ternyata menjadi salah satu museum tsunami yang lebih dulu ada di Pulo Hilo, Kepulauan Hawaii, Amerika Serikat yang dibangun tahun 1994 setelah kawasan Samudra Pasifik terjadi tsunami yang dahsyat.

Mengutip dari Shvoong.com, menyebutkan bahwa Hilo mengalami kerusakan yang cukup parah pada tahun 1946 ketika mengalami tsunami dan terjadi lagi pada bulan Mei tahun 1960, sehingga tsunami bagi penduduk di pulau Hilo, lebih bermakna dari penduduk dikepulauan Hawaii lainnya.

Meskipun demikian, sebagaimana tahun-tahun yang telah dilewatkan orang mengenai peristiwa tsunami tersebut yang sudah mulai dilupakan, dan rumah tinggal baru mulai dibangun tidak ditangani secara serius untuk menghadapi bahaya tsunami, pada tahun 1994, museum tsunami didirikan untuk membantu penduduk mempersiapkan dan waspada akan datangnya bahaya tersebut. Hal itu diambil sebagai upaya untuk lebih dapat memobilisasi penduduk terhadap peritiwa yang belum pernah mereka lihat sebelumnya.

Dan satu lagi museum tsunami di dunia yang tidak kalah terkenal adalah Museum Tsunami Aceh yang berada di jalan Iskandar Muda Banda Aceh yang kini menjadi salah satu landmark (ikon) Aceh pascatsunami.

Museum yang memiliki akun Twitter @MuseumTsunami tersebut juga termasuk dalam “The World Tsunami Museum” dengan memiliki luas 2.500 meter persegi yang berada tepat ditengah ibukota Provinsi Aceh dengan bersebelahan tempat bersejarah Peutjoet/Potjuet/Pocut Kerkhoff, Blang Padang, dan Taman Sari.

Fungsi Museum Tsunami Aceh yang dirancang oleh arsitek Indonesia, Ridwan Kamil ini sebenarnya dipergunakan untuk mengenang korban bencana pada waktu itu, selain itu juga dijadikan sebagai pusat pendidikan bagi generasi muda tentang gempa dan tsunami, serta menjadi pusat evakuasi (mitigasi) bencana bagi warga di Banda Aceh.

Mengutip ada yang pernah dikatakan oleh Ketua Divisi Manajemen Bencana Posko UGM Peduli Aceh Prof Dr HA Sudibyakto MS tentang museum tsunami di Aceh ini bisa jadi museum yang tak kalah hebatnya dengan yang ada di Hawaii asal bisa dirawat dan dijaga dengan baik dalam penggunaannya.

“Sebaiknya dalam merehabilitasi dan merekonstruksi Aceh, obyek-obyek yang langka dan penting nilai ilmiahnya jangan sampai dirusak (dipindahkan) keberadaannya di lapangan. Museum Tsunami Aceh barangkali dapat mengungguli Museum Tsunami yang telah ada di Pulau Hilo, Hawai di kawasan Pasifik. Tentunya program ziarah bagi para korban tsunami sebagai syuhada dan wisata ilmiah khususnya wisata minat khusus di daerah rawan gempa bumi dan tsunami dapat dipadukan sebagai paket wisata Aceh masa depan,” begitulah kata guru besar Fakultas Geografi UGM tersebut.

Penasaran dengan Museum Tsunami Aceh, jika bertandang ke Aceh jangan lupa singgah dulu untuk melihatnya ya. Maaf-maaf kata kalau judulnya Inggris, isinya Indonesia dan untung bukan bahasa Aceh, bisa dua kali terjemahan nantinya.[]

18 Responses

  1. Mudah2an dengan adanya museum ini, kita bisa selalu ingat dengan peritiwa tsunami aceh dan yang paling penting adalah terus belajar memperbaiki sistem peringatan dini tsunami.

    • betul mas budi, mitigasi bencana memang tidak hanya cukup dari pihak terkait saja melainkan juga peran masyarakat untuk saling mengingatkan pesan alam yang bisa datang tiba-tiba🙂

  2. suka banget dengan museum ini

    • paling indah kalau bisa melihat sunset diatapnya, tp blm pernah kesampean nih mba😀

      • nanti kalo aku ke sana lagi semoga bisa ahaha

  3. Pengen kesana broder😀

    • ayo ke Aceh bang Zaki🙂

  4. wow ada juga ya museum tsunami … keren

    • ada mba Tetik, ini mungkin museum tsunami terluas di dunia😀

  5. bagus itu kalau d jadikan 8 keajaiban dunia🙂

    • Keajaiban dunia itu kan bangunan jaman dulu, ini bangunan baru barangkali jadi keajaiban baru aja ya😀

  6. wow keren,,, jd pengen kesana

    • Ayo ke Aceh Angel🙂

  7. nanti kalau maen ke aceh pasti mampir🙂

    • Boleh, dan masih banyak tempat lainnya lho mas agen😉

  8. keren, makasih informasinya nanti kalau kesana pasti saya mampi🙂

    • sip, mesti mampir tuh buat lihat-lihat ke dalam🙂

  9. […] ini bukan kisah tsunami atau pun cerita museum kelas dunia itu yang hendak saya bagi, melihat judulnya agak sedikit bagaimana gitu, tapi tak ada maksud […]

Komentar berisi spam dan SARA, tidak akan ditayangkan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: