Hangatnya Secangkir ‘Ie Seureubat’ Bandrek


Bandrek di sebuah gampong, kota kecil Matangglumpangdua (Dok. Pribadi)SUDAH bisa ketebak belum minuman apa foto di atas itu? Yup, warnanya seperti teh dan salah satu tambahannya adalah ditaburi kacang tojin.

Jika tadi Anda menyebutnya bandrek atau dengan bandret (beda dialek), berarti jawabannya sudah tepat.

Ie seureubat, memang tidak lazim dikenal di Aceh. Hingga saat ini kata “bandrek”-lah yang sering diucap oleh sejumlah masyarakat, namun bagi daerah lain di Aceh bisa jadi berbeda, ie seureubat (bandrek) adalah bahasa Aceh.

Kalau kita ke Banda Aceh, mungkin beberapa brand bandrek sudah terkenal bisa kita sebutkan salah satunya Bandrek Pak Sen, Bandrek Apakir, Bandrek TST, dan sejumlah bandrek lainnya yang kerap dijumpai jika kita mengitari Banda Aceh.

Nah, dalam foto di atas itu bukan bandrek dari tempat-tempat yang disebutkan tadi, tiga cangkir minuman wedang jahe/ronde yang sering disebut oleh masyarakat di Jawa itu salah satu bandrek di sebuah gampong, kurang lebih 10 kilometer ke arah selatan dari pusat kota Matangglumpangdua, Kabupaten Bireuen.

Terlihat sangat jelas, tidak ada campuran lain selain tok kacang tojin dan air bandrek. Karena untuk beberapa tempat yang saya sebutkan tadi, seperti di bandrek Pak Sen tersedia jenis bandret campuran susu atau juga campur kacang ijo yang telah mengalami modernisasi.😆

Bandrek ngon bada, tapi sayang pisang gorengnya tak nampak (Dok. Pribadi)Memang untuk menikmati hangatnya secangkir bandrek itu tidak begitu populer di Aceh, walhasil minuman ini tergeser oleh trend ngopi. Karena minuman bandrek tidak ada di warung kopi, melainkan cuma ada di warung-warung khusus yang menyediakannya.

Secangkir bandrek itu paling cocok ditemani oleh awan mendung, semilir angin pegunungan, dan melibatkan seperangkat bada (pisang goreng) atau setumpuk tempe dengan sambal hitam.

Kebetulan bandrek favorit saja itu berada di kampung, jadi hampir sembilan puluh persen hangatnya jahe dengan bada itu sangat terasa jika dinikmati pada waktu sore hari.

Penasaran bagi Anda yang mendengar atau membaca apa itu bada, ini dia penampakannya! Tidak jauh beda nama lain dari pisang goreng itulah bada, cuma lebih besar saja porsinya versi di kampung. Selamat menikmati.[]

Ini bada namanya alias pisang goreng yang terkenal di dunia (Dok. Pribadi)

20 Responses

  1. musim penghujan gini pas banget ya minun bandrek

    • pastinya mba, apalagi kalau musim salju hehehe😀

  2. Pengennn…

    • enaknya sore ya mba, tak kirim lewat malaikat nanti😀

  3. Waktu masih kuliah sering juga sore2 ngebandrek sama teman-teman kos di Darussalam atau gubok mie bang dien yang terletak setelah jembatan Lamnyoung. Dan memang mantap disantap dengan bada.

    Saleum

    • Apa masih ada gubok mie bang Dien disana? menarik juga jika sesekali mampir kesana untuk mencobanya🙂

  4. Baru tau bandrek ada kacangnya😀.

    • wah enak betul ini mba kalau hujan-hujan atau musim dingin, apalagi kacangnya renyah polll deh😀

  5. mantap,,,
    pas banget pas musim hujan begini
    *nyomot satu

    kunjunagn balik

    • coba kalau teknologi bisa nyomot gambar jadi kenyataan sudah pada minum ramai-ramai disini😀

      • wahh-wahh,, agak ngeri juga tuh

      • yang namanya teknologi siapa tahu, buatan manusia bisa luar biasa juga, buktinya tinggal lihat nomor tunggu sebentar eh makanan datang ke rumah hahaha

      • iya deh bang,,
        harus direalisasikan idenya supaya kesampean,,

        tapi seru juga,, yaa mengurangi korban kelaparan.

      • Korban kelaparan siap-siap hubungi Dinsos kalau begitu haha😆

      • wah,, wah,,

        yang kelaperan setidaknya punya komputer dulu buat bisa ikutan,,:mrgreen:

  6. Orang utara menyebutnya bandrek ngen bada.😀

    • kadang ada juga yang sebut karena dipinggir kota ‘bandrek ngon pisang gureng’ hahaha

  7. Bandrek beda dengan wedang ronde yang dijajakan di Jawa. Mungkin air bandrek dan air wedang ronde memang sama, tetapi kalau wedang ronde lebih banyak lagi campurannya. Ada roti tawar dipotong kotak, kacang, sagu mutiara merah, dan yang pasti ronde itu sendiri yaitu bulatan yang terbuat dari tepung ketan.

    • berarti yang mirip sama wedang jahe ya mas, ah saya belum coba wedang ronde nih. Pernah lihat, selalu buat coba, kayaknya bakal asyik juga tuh banyak campuran “mix content drink”😀

  8. Bandrek susu, manisnya berasa :0

Komentar berisi spam dan SARA, tidak akan ditayangkan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: