Magnet Spritual dalam Sebuah Foto


Gambar dari economist.comSEKILAS foto atau gambar di atas biasa saja, dengan paduan warna putih dan hitam kita melihat adanya sebuah kekuatan.

Foto yang saya temukan di sebuah rubrik situs The Economist yang berjudul “Photography from the Middle East, Camera tricks” memang akan bernilai luar biasa dimata pada penikmat fotografi  atau bagi Anda yang suka dengan sesuatu yang berbau tentang trik memotret.

Foto yang diberi judul “Magnetism 1” hasil karya Ahmed Mater dari Photographs of the Middle East tersebut menggambarkan sebuah besi magnet berbentuk persegi yang diletakkan pada bidang datar dengan sejumlah serbuk besi yang menghadap atau mengelilingi pusat magnet tersebut.

“…an image of iron filings surrounding a cube-shaped magnet represents pilgrims circling the ka’ba at Mecca during the annual haj. Viewed from a distance, or at a quick glance, it could be mistaken for a photograph of the real thing,” tulis di laman situs The Economist tentang foto tersebut.

Yah, bagi kita akan melihat itu sekilas adalah ka’bah di Mekkah dimana serbuk besi adalah orang-orang yang mengelilinginya. Tapi saya merasa beruntung sekali melihat foto hasil dari trik kamera yang diabadikan oleh Mater di atas.

Semenjak berbagai di sosial media beberapa waktu lalu, hampir rata-rata berkomentar sama. Ini tentang kekuatan spritual dari gambar yang menjelaskan kepada manusia.

“Magnetic field and iron files but ya my first thought was Mecca,” sebut Richard Zaragoza, salah seorang designer di Microsoft Research FUSE Labs yang saat ini sedang mengembangkan jejaring sosial So.cl.

Hal yang serupa juga diamini oleh Amirhosein Jahanshir salah satu pengguna jejaring sosial. “Magnetic field of a magnet OR Spiritual field of the God in Mekkah,” sebutnya.

Inilah magnet spritual dalam bingkai foto, dimana nilai-nilai religi bisa kita dapat walaupun lewat trik kamera. Jadi, ketika Anda memotret sesuatu pasti akan terbesit sebuah rasa dimana foto tersebut bisa dinikmati orang banyak dan mengambil sisi-sisi nilai kehidupan (renungan) agama, budaya, tradisi, bahkan sosial.

Lalu, bagi Anda yang telah melihat foto ini? Apa yang bisa Anda rasakan dan cerita akan nilai-nilai yang terkandung dibalik serbuk besi dan sebatang magnet kecil ini.

Foto lain dari Ahmed Mater

20 Responses

  1. iya, hal pertama yg terfikir adalah Ka’bah dan para jamaah yg mengelilingi. Jempol

    • jempol buat fotografer🙂

  2. Kereeen, baru ngeh kalau medan magnet itu begitu luar biasa.

    • beberapa orang yang pernah ke Mekkah juga menceritakan hal yang sama, daya tarik dan putaran mengelili ka’bah itu luar biasa dahsyatnya

  3. luar biasa ciptaannya..

    wp.me/p2Zg5C-j

    • setiap yang diciptakan di dunia memang telah ada hikmah bagi kita yang mau tahu tentang ciptaan-NYA🙂

  4. Mantaaappp….

    • semantap jejak daun🙂

  5. Kalau kubus magnet itu adalah pusat dari gaya tarik yang dialami oleh serbuk besi, pun dengan Ka’bah di Mekkah adalah pusat gaya tarik kita sebagai manusia. Refleksi agar kita selalu menghadapkan wajah, berdiri, dan sujud ke arah Ka’bah.

    • iya, inilah yang tergambarkan oleh dua benda di atas🙂

  6. awesome fotonya bang. liat foto di atas berdoa semoga diberi kesempatan berkunjung kesana bersama ibu. =)

    • Amin, semoga kita semua bisa menuju pada magnet spritual yang sebenarnya dari Sang Pencipta🙂

  7. Subhanallah… ternyata benda aja bisa berlaku kaya gitu… mengaggumkan sekali…

    • benar sipoel, sudah jelas sekali kalau dalam kitab suci selalu diberitahukan bahwa setiap apa yang diciptakan punya pelajaran untuk kita di dunia🙂

  8. Reblogged this on Just Share and commented:
    Oke banget

    • terima kasih bang Dzul🙂

  9. foto dan penjelasanya luar biasa😀

    • yang paling luar biasa lagi kalau dijelaskan sama pemilik foto nih😀

  10. keren. saya juga pernah baca mengapa jemaah mengitari ka’bah kearah kiri. karena itu seperti kaidah tangan kanan dalam elektronika. energi yang terkumpul akan mengalir keatas. cmiiw. bagaimanapun fotonya keren.

    • bener tuh dalam ilmu (science) seperti fisika dulu sempat belajar itu dan baru ngehnya sekarang saat melihat fenomena alam yang benar-bernar telah dirancang dengan begitu sempurna🙂

Komentar berisi spam dan SARA, tidak akan ditayangkan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: