Tanpa WWW, Kita Tak Kenal Yang Namanya Internet


Tim Berners-Lee1990 was a momentous year in world events. In February, Nelson Mandela was freed after 27 years in prison. In April, the space shuttle Discovery carried the Hubble Space Telescope into orbit. And in October, Germany was reunified. Then at the end of 1990, a revolution took place that changed the way we live today.

Yuhuu, cobalah bertanya pada diri Anda siapa orang pada foto itu? bagi yang sudah mengenal akan menjawab Tim Berners-Lee atau dengan gelar kehormatan bernama lengkap Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee, KBE (TimBLatau TBL) karena Mr Tim berasal dari Inggris.

Satu lagu, bagi yang lahir sebelum tahun 1990 mungkin sudah akrab dengan dunia maya, dunia dimana tidak bisa dilihat kasat mata melainkan lewat jaringan internet untuk berinteraksinya.

Pada kalimat yang dihitamkan di atas, mungkin saja sudah bisa kita tebak bahwa pada akhir tahun 1990 atau tepatnya 13 November, Mr Tim saat masa bertugas alias bekerja di CERN, memutuskan untuk membuat WWW atau kita kenal dengan nama World Wide Web.

Kini, kita dengan mudah lewat fasilitas hape dan gadget berselancar kemana-mana, klik sini dan sana dunia juga terbuka dan itulah internet indomie telor dan kornet.

Bagi sebagian orang Mr Tim dan rekanannya Robert Cailliau adalah pahlawan, ya memang tahun 90-an itu masih bisa hitung pakai jari. Tapi bagi generasi ciyus, miapah, dan familinya barangkali pendiri World Wide Web Consortium (W3C) di Massachusets Institute of Technology ini hanya orang biasa seperti bos-bos lain dari produk Microsoft, Apple, Samsung, Google, dan seterusnya.

Banyak jejak sejarah yang ditoreh Mr Tim di internet, sampai-sampai pada jaman saling klaim dan sidang hak pateng, Mr Tim belum ada pernyataan ingin mematenkan buah pikir www-nya itu. Itu baru satu jejaknya, jika pun diurai satu persatu jejaknya disini bisa jadi makalah ilmiah lebih baik Anda gemar mencari tahu di mesin pencari.

Jadi, selamat menikmati www dimana layanan yang 22 tahun sudah bertahan dengan berbagai perkembangan dan kemajuan pesat yang ada saat ini. Terima kasih Mr Tim ‘Order de Merit’ dan selamat ulang tahun juga internet.[]

Order of Merit adalah penghargaan personal Ratu Inggris, dimana sang Ratu tidak membutuhkan nasihat dari siapapun untuk memberikannya. Foto Mr Tim dari internet, tak tahu siapa yang potret kalau Anda yang potret silahkan ngaku.

6 Responses

  1. order of merit << ln pike "pesanan utk menikh"😀

    • menyoe nyan titel bagi yg galom meukawen😆

  2. wah berati sekarang hari bersejarah ya

    • sebenarnya hari bersejarah, tapi pengguna internet jarang yang mau tahu😀

  3. artikelnya bagus bagus sob,, senang baca baca di sini.🙂

    • terima kasih sob🙂

Komentar berisi spam dan SARA, tidak akan ditayangkan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: