Blogger Sekarang Mulai Kurang Kreatif!


Creative Commons Blogger AcehMERUNUT pada dasar seorang narablog alias blogger sebenarnya dikenal sebagai orang-orang yang kreatif, kenapa begitu? mudahnya karena mereka bisa menulis dan menceritakan sesuatu tanpa dituntut harus tahu cara menulis seperti jurnalis, atau melewati tahap-tahap yang ribet lainnya.

Dan masih banyak alasan lain tentunya untuk menjadikan blogger itu bisa kreatif, terutama keorisinalitas dari tulisan yang dihasilkannya lewat gaya dan caranya tersendiri. Belum lagi cara mengolah tampilan, konten, dan masih sangat banyak unsur lainnya.

Tapi kini seiring perkembangan waktu, dan seperti yang sering saya amati di situs ABC, banyak pergeseran yang terjadi menjurus pada nilai kreativitas yang mengalami penurunan terutama dari sisi tulisan atau konten.

Pada sebuah kesempatan, saya sempat memberikan wacana dan opini (11 Mei) dalam sebuah status yang berbunyi: “Semenjak dari awal tahun 2012 sampai saat ini saya melihat perkembangan postingan blogger Aceh banyak yang tidak kreatif lagi dalam menulis (curhat, berita/info, artikel, dll) di blog. Beberapa agregrasi tulisan yang masuk ke situs ABC hampir (rata-rata) berisi tulisan copy paste dari blog/situs lain.”

Tak lama, berbagai komentar pun datang seperti dari Jaka Zulham“Beu jeut keu generasi yg menghormati karya ureung laen..!”. Ditimpali lagi oleh Shiroi Kiba“Lebih baik karya sendiri walaupun sedikit visitor..”.

Narablog kawakan Aceh, Pozan Matang juga sempat menyentil efek adsense alias blogger matre, “Para blogger kabeh keunong sindrome adsense. Pu lom jinoe ka kejut lam bahasa indo, ka meutamah sawan lom, pakoen hana di aprove2 ata lon.Efek copas”.

Tidak hanya itu, blogger aktif sekelas Rosid Es Teh Panas juga berkomentar, “Satuju… postingan copasan itulah yang kadang membuat para penulis asli merasa malas untuk berkreasi kembali….”. Dan masih banyak suara para blogger lain yang tentang hal copas tersebut.

Jika Anda pernah tahu/baca tentang Creative Commons atau lebih lazim dikenal dengan singkatan CC, sering pada sebuah blog memuat sebuah halaman atau disclaimer yang berisi aturan pengguna konten pada blog tersebut.

Jelas aturan ini memang bukan sebuah keharusan, tapi lebih kepada imej sebuah blog untuk bisa/dapat dikonsumsi oleh orang banyak. Karena kita tahu media online sejenis blog ini bukan untuk dibaca atau dikonsumsi sendiri, melainkan terbuka bagi publik walaupun ada beberapa blog bersifat privat alias dikunci.

Intinya mulailah menulis sendiri, kalau memang harus meng-copas tulisan orang tetaplah hargai dengan mencantumkan sumber. Selebih dari itu andalkan kreativitas dalam menulis, baik di awal atau di akhir tulisan. Sehingga orang pun tahu maksud dari tulisan tersebut adalah salinan dari blog yang lain. Lebih baik dicap blogger santun dari pada blogger preman yang tidak tahu akan aturan.

Semua yang ada di dunia daring itu tidaklah tercatat secara harfiah, setiap netizen tentu punya cara tersendiri dalam menghargai karya orang lain dan salah satunya tunjukilah lewat karya sederhana dalam kreativitas ngeblog. Happy blogging and go Blog!

Ilustrasi dari creativecommons.org dan scottfisk.com

50 Responses

  1. Kalau kata teman saya. saya ini termasuk blogger yng rajin dan bisa melayani pembaca dengan baik. Tapi kalau pendapat pribadi sih,… gak tahu

    • mending kata teman mas, dari pada kata sendiri nanti ujung-ujung dikira sombong🙂

  2. heheh.. lagi belajar ngeblog yang baik semoga bisa.. ^_^

    • Amin dan tetap semangat ya🙂

  3. kalau saya jenis apa ya bro ^^ please nilai saya sebagai newbie bro

    • jenis fenomenal, dari 10 ada satu😀

  4. seperti abang katakan, karena sudah tergiur dolar, makanya jadi ilang kreatif nulis,, dan juga ngejar deadline posting berita post😀

    • nah itu dia, padahal ketergiuran itu bisa menjadi semangat untuk lebih kreatif padahal😀

  5. […] Blogger Sekarang Mulai Kurang Kreatif! […]

  6. klo memang bnyak copy paste, hrus kta arahkan menjdi lbh baik lgi.
    šenang membca tlisan ini, smga terinspirasi agar lbh kreatif dan tidak menganut asaz copy paste.
    wassalam

    • thank camdig atas apresiasinya🙂

      • welcome….

Komentar berisi spam dan SARA, tidak akan ditayangkan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: