Selamat Hari Jadi Wikipedia Bahsa Aceh


Logo Wikipedia Bahsa Aceh (Ensiklopedia Bibeueh)

Banyak yang tidak tahu ada apa dengan tanggal 13 Agustus kemarin, namun Wikipedia telah mencatat sebagai hari lahirnya sebuah ensiklopedia yang berbahasa pengantar Aceh atau disebut Wikipedia Bahsa Aceh (WBA) yang beramat di http://ace.wikipedia.org.

Tepat berumur 2 tahun, WBA kini seperti mati suri. Tidak ada lagi perkembangan yang begitu signifikan.

Sebelumnya juga sempat dilansir dari berbagai media menyebutkan pengguna dan kontributor Wikipedia secara keseluruhan drastis menurun dan hilang. Founder Wikipedia, Jimmy Wales mengaku, apa yang ada di Wikipedia saat ini memang banyak panduan editorial yang tidak mampu ditembus oleh para kontributor atau penulis.

“Banyak yang kompleks. Ada banyak panduan editorial yang tidak bisa ditembus oleh user baru,” kata Wales seperti dilansir oleh Pelita Online.

Salah satu penggerak lahirnya WBA, Fadli Idris juga menyebutkan sampai saat ini belum ada lagi Sysop (system operator) dalam pengoperasian dan manajerial konten di WBA.

“Pasca terjadi kesimpang siuran konten beberapa waktu lalu di WBA, tidak ada lagi Sysop yang ditunjuk oleh Admin Wikipedia pusat” ujar Fadli.

Fadli juga menambahkan, sempat salah seorang warga Finlandia pada waktu itu ingin mendaftarkan diri menjadi Sysop dan akhirnya terkendala pada bahasa Aceh yang tidak dikuasainya.

Sejarah Wikipedia Bahsa Aceh
Lahirnya Wikipedia berbahasa Aceh pertama kali dicetuskan oleh Muhammad Nabil Berry pada awal 2008 lalu, setelah prosespengajuan dan approval proyek Wiki Aceh sempat terseok-seok. Tidak banyak juga user yang semula mendaftar sebagai penyumbang/kontributor bahan untuk lahirnya Wiki Aceh, lambat laun satu demi satu akhirnya mengundurkan diri alias menjadi user-pasif.

Setelah dua bulan, akhirnya Nabil bersama Komunitas Blogger Aceh menggarap proyek ini lebih serius. Fadli juga sempat  harus menghubungi Mark Durie, ahli bahasa asal Australia. Yang kebetulan Durie sedang meneliti bahasa Aceh pada waktu itu.

“Wikipedia meminta ada salah seorang yang ahli dalam bahasa Aceh, sehingga kami menawarkan Mark Durie untuk jadi ahli yang bisa dihuhungi,” kata Fadli seperti dikutip dari Acehkita.

Gayung pun bersama, Mark Durie bersedia membantu lahirnya Wikipedia Bahsa Aceh ini. “Setelah diverifikasi ke Mark Durie, Wikipedia bahasa Aceh siap di-create, namun memerlukan persetujuan dari language borrad dulu,” kata dia.

Dan pada 13 Agustus 2009, akhirnya WBA pun lahir dengan subdomain ISO untuk Aceh dengan nama ace.wikipedia.org seperti yang ada saat ini.

Selamat hari jadi WBA ke-2, walaupun kini tidak ada Sysop, semoga umur yang masih sangat muda ini tidak mengendurkan semangat dalam melestarikan bahasa Aceh dari semua kontributor dan penulis tentang bahasa Aceh.

15 Responses

  1. Selamat.😀

    • terima kasih Asop🙂

  2. baru tau nih, bahasa jawa ada gak ya//..

    • waduh masak cak bas belum tahu, malah bahasa Jawa lebih dulu ada lo🙂

  3. Selamat dan tetap semangat teruuusss…

    • terima kasih mas agus semoga masih tetap berjalan WBA

  4. Mantav… sanggar bos

  5. mantav gan.. sanggar pisan euy

    • gak sangar kali kok amirul😀

  6. Selamat Hari Jadi Wikipedia Bahsa Aceh memang sudah ada kemajuan yang signifikan,,luar biasa.tips2nya sangat bermanfaat,,salam kenl

    • terima kasih ya sudah berkunjung

  7. wah… mantap… selamat ya….

    • terima kasih pak Akhmad🙂

  8. wah keren ni pak Muhammad Nabil Berry, semoga wikipedia dg bahasa daerah yang lain bisa menyusul, amin..

    • masih mahasiswa kok aang, belum jadi bapak2 tuh si Nabil Berry😀

Komentar berisi spam dan SARA, tidak akan ditayangkan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: