Yuk, Lestarikan Situs Sejarah Aceh!


Makam

Foto: Central Information for Samudra Pasai Heritage

SIAPA diantara kita yang sudah sempat melihat atau menemukan batu nisan seperti di atas atau sejenis lainnya yang mempunyai corak atau kemiripan yang sama, saya yakin tidak semua orang Aceh pernah melihatnya, kecuali bagi mereka yang tinggal di Lhokseumawe, Banda Aceh, Aceh Besar atau sekitarnya yang sempat mengunjungi makam Sultan Iskandar Muda, Kompleks Kerkhoff atau daerah makam-makam ulama besar Aceh jaman dulu yang memiliki  batu nisan yang mirip seperti itu.

Masih ada jawaban lainnya, salah satunya bisa kita lihat dari kesadaran masyarakat Aceh sendiri untuk tahu tentang hal-hal yang berbau sejarahnya dulu, baik dari bukti dilapangan atau membaca sejarah tentang Aceh yang pernah menjadi lima besar kerajaan besar di dunia.

Kini di Facebook juga bertebaran halaman dan group tentang Aceh, baik komunitas pecinta sejarah seperti CISAH, GPPSA, komunitas pecinta bahasa, seperti CBA, BABG,  dan sebagainya.

Namun yang menarik ingin saya sampaikan disini adalah tentang situs sejarah Aceh yang belum terekspos hampir disemua pelosok tanoh Seuramoe Mekkah kian tidak ada lagi kucuran dana dari dinas-dinas terkait (dinas pariwisata dan budaya).

Tulisan yang sempat saya rangkum tentang “Situs Sejarah Aceh Kian Langka Pendanaan” memang bukan rahasia publik lagi, cobalah lihat hampir disetiap kota/kabutapan di Aceh, pasti terdapat nisan-nisan jaman dulu yang bertuliskan huruf Arab jika mau ditelusuri, baik itu makam-makam ulama penyebar agama Islam, bahkan juga makam para raja-raja yang menguasai daerah setempat.

Maka dari itu, sudah sepantasnya kita sebagai bangsa yang menghargai sejarah, mari melestarikan setiap situs sejarah yang ada. Walaupun tidak bisa melakukan hal besar untuk memugarnya atau merawatnya, paling tidak tidak merusak atau membongkarnya, semoga isu seperti Benteng Inong Balee tidak sampai terjadi kehilangan jejak untuk generasi berikutnya.[]

43 Responses

  1. makasih y udh menambaha wawasan..

    • sama-sama dan terimakasih juga sudah berkunjung ke blog OWL

  2. Jadi pengen berkunjung ke aceh….🙂

    • Ayo ke Aceh, biar bisa icip-icip masakan Aceh juga🙂

Komentar berisi spam dan SARA, tidak akan ditayangkan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: