Perjalanan Sang Blogger


way of life

Foto : KOMPAS.COM/Yudistira Bayu A

TANGGAL bisa saja terus berganti, namun seorang pribadi jarang bisa terganti. Itulah kata yang mungkin cocok bagi pribadi saya kini menjalani hidup lebih dari dua dasarwarsa.

Ada sepenggal kalimat yang saya torehkan pada lembaran status mukabuku dengan sebuah tag sederhana yakni, semangathidup23. Kalimat tersebut berbunyi, “SUNGGUH waktu telah berjalan dalam setiap hitungan detik yg berlalu, banyak sejarah yang ikut bersamanya. Walaupun bkn beban yg berat, tapi sebuah tanggung jawab yg melekat pada diri ini untuk bisa memberikan yg tebaik. Perjuangan tdk akan usai begitu saja, banyaknya kerikil yang kadang membuat jatuh ditengah jalan, itulah celah yg harus jd pijakan utama untuk terus berusaha yg tdk lepas dari do’a.”

Jika anda melihat gambar di atas, tentu anda akan memikir sebuah kata  atau kalimat yang mungkin akan sangat sederhana walaupun banyak orang akan menafsirkan secara berbeda-beda. Seorang yang berjalan di atas rel kereta api, lihatlah kedepannya rel yang tidak begitu lurus, namun ada saja belokan kecil dan kadang antara satu rel yang lain menyatu dalam satu rel lainnya.

Itulah makna yang saya tangkap dari gambar tersebut, mungkin ibarat kata juga saya memaknai bahwa hidup yang telah saya lalui lebih dari dua puluh tahun ini kadang tidak selalu mulus, kerikil-kerikil tajam dalam setiap rel waktu itu selalu ada. Saya dan juga anda semua mungkin tidak akan mengelak dari itu, tapi yang diperlukan adalah cara kita memaknai dari setiap yang kita lewati sebagai pengalaman hidup yang berharga.

Kadang saya sering merasa menjadi orang yang terpuruk dalam sebuah perjalanan ini, terlebih waktu sekarang dalam menghadapi masa-masa menjadi seorang mahasiswa. Namun, ada satu kata disaat-saat rasa itu kian menyelimuti hati ini, “Allah akan menunjukki kita/hamba-Nya jalan sesuai dengan kehendak-Nya”. Kata-kata seperti ini terasa kadang harus merenung dari apa yang sudah kita perbuat dan selebihnya berusaha menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Menjadi Blogger
Mempunyai ilmu dengan banyak, tanpa bisa membagikan dengan orang lain, sungguh ini sesuatu yang kadang juga sirna begitu saja. Walaupun tidak mempunyai kemampuan yang lebih dalam akademik, saya mencoba untuk ‘menerjukan’ diri dalam ranah blogging.

Sejak 21 Februari 2007, akhirnya saya menjerumukan diri dalam dunia ini (baca: blog). Memang hanya berniat semata untuk mencoba, terlebih dari itu ingin membagikan sesuatu yang kiranya berguna bagi orang lain dan mencoba berinteraksi dengan sesama walaupun itu hanya lewat dunia maya.

Tiga tahun bersama blog yang sering saya sebut dengan OWL (Orekan Waktu Luang) membuat saya kadang berpikir lebih, ada hal-hal yang baru yang kadang jarang saya jumpa di dunia nyata. Mencoba dalam menulis, memposisikan diri sebagai orang lain dalam memahami tulisan saya, terus saya coba. Kadang ide-ide aneh yang mungkin jarang terpikirkan, akhirnya bisa beredar menjadi wacana nyata.

Aceh Blogger salah satunya, dimana saya menemukan orang-orang lain dalam sebuah aktifitas yang sama, sehingga melahirkan komunitas tersendiri. Awal sebelum itu, dalam rangka menyatukan anak-anak Aceh di Universitas Indonesia, saya berinisiatif membuat blog SAMAN UI, dan alhasil kini cukup mendapat respon dalam menyebarkan informasi khususnya pendidikan.

Mungkin itulah segelintir kisah, perjalanan hidup saya dan ngeblog selama 3 tahun yang sudah berlalu (insyaAllah akan lanjut terus). Masih banyak hal yang ingin saya lakukan, terutama untuk mewujudkan tanggung jawab kelak nanti, membahagiakan orang tua, memberikan yang terbaik untuk orang disekitar yang saya sayangin dan kasihi. Karena mereka telah banyak membantu dalam hidup saya ini, saya yakin bahwa hidup dalam kesendiri an tanpa ‘mereka’ yang tidak bisa disebut satu persatu adalah nihil adanya seperti sekarang ini.

Untuk mengingat hari jadi semangathidup23, saya juga mulai menoreh langkah baru untuk terus belajar dalam menulis, yakni dengan bergabung di Media Warga (Citizen Media) Kompasiana. Sungguh sebuah keberuntungan tulisan Menilisik Silsilah Raja-Raja Islam di Aceh menjadi headlines disana.

Dapat Headlines di Kompasiana.

Di akhir tulisan ini, saya ucapkan banyak-banyak terima kasih kepada ibu/bapak/kakak/adik serta teman-teman yang sudah memberikan sesuatu yang berkesan, baik itu pesan, jempol dan juga ucapan di Facebook, semoga atas do’anya membuat saya lebih menjadi bagian hidup dalam sebuah lingkungan dan keluarga ini, dimana saya belajar banyak dari lingkungan yang sekarang ini saya berada. Semoga Yang Kuasa membalas yang terbaik pula atas do’a-do’a anda semua. Amiin[]

29 Responses

  1. semoga dapat menikmati blog senikmat nikmatnya😀 saya jga anak kecil yang baru bisa jalan, smoga posting headlinenya bisa jadi api semangat u/terus berbagi dan bersilaturahmi🙂

    • Amiin, walaupun masih anak kecil. Semoga semangat berbagi dan menulis bisa terus mengasah kemampuan kita dalam dunia blogging ini mba OK!😉

  2. jadi headline?
    good…

    sudah 3 tahun Ya umurnya disini?? selamat..
    😀

    semoga semakin berkarya… semangaaaat!!! ( karena berbagi ga bakalan bikin kita rugi)🙂

    • betul sekali, dalam berbagi hal baik itu tentunya akan menjadi sesuatu berguna nantinya. Amin🙂

  3. Hebat sekali telah mengarungi lautan perblogan hampir 3 tahunan dan mampu bertahan hingga sekarang. Saya aja nggak berani apakah kedepannya masih bisa eksis atau tidak

    • Itu juga berawal dari iseng2 mas Ifan, kalau saya bisa. InsyaAllah anda juga bisa kok🙂

  4. sangat sulit mempertahankan mood untuk ngeblo selama kurun wakltu 3 tahun, aku aja yang baru jalan di tahun kedua kena FB jadi sedikit terbelangkelai😆

    • hehehe, mungkin itu juga jadi bahan refleksi karena fb membuat orang kadang luput dari rasa untuk lebih proaktif🙂
      tapi tetaplah bersamangat mas sugeng😀

  5. sukses buat owner bloga aulia.trims info archivnya yang bermanfaat bagi saya. salam sukses

    MEDIA SANG BLOGGER

    • terima kasih mas🙂
      salam sukses kembali buat anda dan jaya terus dengan blognya😀

Komentar berisi spam dan SARA, tidak akan ditayangkan!

