Facebook dan Twitter Sulit Diakses?


facebook vs twitter MARAKNYA jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter yang kini booming di berbagai kalangan, ternyata membuat salah satu firma konsultan internet, Webcredible membuat survey tentang penggunaan situs jejaring sosial untuk mengidentifikasi situs mana yang dirasakan mudah dalam penggunaannya.

Polling yang dilakukan pada 1.000 responden tersebut, ternyata 12 persen pengguna situs jejaring sosial mengaku sulit dalam mengakses situs tersebut (Facebook dan Twitter, -red).

“Responden memberikan ‘tanda’ kepada jejaring sosial yang sulit digunakan, baik dalam kinerja situs tersebut maupun dilihat dari segi waktu dimana responden tidak begitu mengerti tentang situs jejaring sosial yang digunakan”, seperti yang diungkapkan oleh Trenton Moss, directo Webcredible.

Dari hasil polling tersebut, Facebook menjadi top survey dengan mengumpulkan 50 person responden yang mengaku jejaring sosial mudah untuk diakses dan Twitter berada pada peringkat kedua dengan jumlah 19 persen responden yang memilihnya.

Lebih lanjut, Moss juga menjelaskan dari hasil tersebut dapat disadari bahwa Facebook memang memiliki tingkat popularitas yang besar, begitu pula dengan pengalaman berbagai responden. “Jika responden pertama kali menggunakan Facebook, dan kemudian membandingkan dengan situs jejaring lain, tentu hasilnya tidak akan sama”, tambahnya.

Sedangkan situs jejaring sosial lainnya seperti LinkedIn hanya memperoleh 5 persen responden, sementara MySpace mendapatkan 4 voter responden. Dan masing-masing 1 persen untuk jejaring sosial bertaraf kecil lainnya seperti Bebo dan juga Friend Reunited.

Fitur Baru
Tidak hanya masalah kesulitan dalam hal pengaksesan, Facebook dan Twitter kini malah berlomba-lomba dengan fitur barunya untuk update berbagi lokasi atau sering disebut dengan layanan Geotagging.

Fitur baru ini, sebenarnya sudah diterapkan oleh Twitter. Namun, Facebook sendiri masih belum mempublikasinya dan masih mempertimbangkan juga masalah privacy terkait dengan keberadaan layanan tersebut.

Dengan adanya fitur dari kedua situs tersebut, pengguna akan dimudahkan untuk berbagi lokasi dengan teman-teman mereka dimana saya dan kapan saja. Sementara bagi pengguna mobile juga akan mendapatkan layanan yang sama.

Facebook berencana akan menerapkan fitur Geotagging pada tahun ini, setelah diadakan konferensi developer (F8) pada bulan April 2010 nanti seperti yang dilansir oleh New York Times.[bnc]

20 Responses

  1. Smakin bnyk nya fitur2 baru, tdk hnya memberikan kmudahan bagi pngguna, namun juga menciptakan resiko yg lbh bsar. khilangan privasi hnylah slh satunya..

    • Betul sekali, malah dengan penambahan fitur kadang kita juga bisa tertipu jika tidak waspada dengan dimanfaatkan oleh orang yg tidak bertanggung jawab untuk mengumpulkan informasi pribadi.

      Jadi, tetap berhati-hati!

  2. wah ini karena pernah saya dengar facebook pake super mega giga komputer yang RAM nya saja 10GB lebih (bener g ya?)

    • Nah, kalau yang itu belum tahu juga… Mungkin bisa kita coba untuk telusuri lebih lanjut dengan bantuan mba gugel..

      Atau bisa dilirik ke halaman para Developer di http://developers.facebook.com/specification.php😉

      Nice info juga nih dari bung wahyu😀

      • ternyata memory yang digunakan sebesar 28TB (WOW!!!)..
        bisa dicek di http://www.niallkennedy.com/blog/2009/03/facebook-infrastructure-financing.html

        btw facebook developer itu untuk pengembang yang ingin membuat software/aplikasi di fb🙂

      • wah, ternyata tidak main-main…
        dari informasi yang saya dapat tadi juga memory untuk upload photo mereka aja disediakan secara terpisah!😉

        thanks atas linknya😉

  3. wah.. ntar FB makin seepp nih.. ada rencana fitur baru..hehe.. tp klo menurut sy FB lebih gampang dr pada twiter.. makannya sanking ngeoprasiannya aq males buat twiter..lebih mending make FB selain bagus mudah jg ngeoprasiannya..😀

    • Tapi Facebook malah kadang koneksinya sering memberatkan jika dibandingkan dengan Twitter, kecuali yang mobile lebih labil🙂

  4. Salam kenal, kunjungan pertama…. Pilih semuanya…..

    • salam kenal kembali mas Kristanto🙂

  5. facebook, twiter,…
    keep blogging…
    salam kenal

    • yup, apapun cerita dengan jejaring sosiak tetap keep blogging dan look the world.

      salam kenal kembali ompoer😉

  6. Nice info😀 maknyus dah xD

    • kayak makanan aja…
      terima kasih mba cempaka sudah berkunjung ke OWL🙂

  7. entah kenapa lebih enak facebook, twitter enak dipakai kalau kita kebetulan artis. he3. tapi facebook kadang2 pergantian fiturnya bikin pusing kepala, dan membuat koneksi jadi berat. fiuhh, tapi FB tetep ok berat untuk membangun jaringan. siip lah

    • Tapi kalau bkan artis juga enak, privacy kita sedikit lebih tertutup di bandingin FB. Untuk Fb memang tetap terdepan, malah Gugel saja hampir terkalahkan dengan iklannya😀

  8. Tulisannya taj jauh-jauh dari media sosial

    • Hmm, begitulah sedang melakukan pendekatan dengan media sosial juga online media brader😉

  9. iya lg booming banget tuh

    • mungkin akan booming sampai 2011 nih..😀

Komentar berisi spam dan SARA, tidak akan ditayangkan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: