Akhir Tahun Ini


2010

Ilustrasi dari tumblr.com

PERJALANAN akhir tahun 2009 akan segerai usai dari kalender masehi. Tulisan ini sebenarnya hanya untuk melengkapi arsip akhir tahun saja, selain itu buat mengingatkan bahwa banyak hal yang sudah kita lewati bersama tahun 2009 masehi ini begitu juga dengan tahun baru hijrah.

Pergolakan dan segala bentuk kejadian telah terjadi di bumi pertiwi bangsa ini. Mulai dari kasus demi kasus, skandal yang berlanjut bui dan juga lahir serta perseteruan yang kian menjadi di tubuh bangsa ini.

Datang dan pergi silih berganti generasi juga ikut melengkapi setahun penuh perjalanan bangsa ini.

Kembali melihat dari pribadi sendiri, apa yang telah dilakukan selama setahun ini memang tidak begitu saja terabaikan. Kehidupan dua arah yang telah lama dijalani ini memang sungguh berdampak atas semua realita yang ada.

Banyak kendala, banyak ujian dan semua hal mengenai itu adalah buah dari perjuangan yang akan kita lalui, siapa pun dia jalan untuk menuju sukses bahkan sebaliknya pasti menghadapi berbagai rintangan yang ada.

Beberapa hari ini saya berpikir untuk melihat media di dunia maya ini bisa berlaku lebih efektif, mulai dari menelisik blog pribadi yang mempunyai berbagai ‘rumah’ dimana-mana, kemudian juga jejaring sosial yang terdampar dimana-mana serta komunitas yang telah serta merta saya ikuti dan lakoni.

Refleksi Dunia Blogging
Menjadi narablog dan juga pecinta komunitas tidak lepas dari berbagai pengetahuan yang kita ketahui, setiap hari bahkan setiap jam memori di kepala akan bekerja. Mengawali dengan tulisan merupakan sebuah karya dimana kita memberikan kontribusi untuk melatih diri dalam melihat keadaan sekitar.

Lihat saja Fadli Idris, dari berbagai tulisan yang saya baca belakangan ini sungguh banyak memberikan inspirasi bagi saya pribadi. Kemudian ada Liza Fathiariani dengan berbagai argumentasinya mengantarkan komentar yang begitu menawan.

Bukan dalam artian disini saya tidak melihat kemajuan narablog lainnya yang berada di kancah nasional, kalau itu sudah lain cerita bahkan dalam satu postingan ini akan berlanjut sampai beberapa bagian postingan lainnya sangking begitu panjang yang harus saya tulis.

Lalu ada juga kisah Muhammad Baiquni, dengan kata-kata melankolis dan juga statusnya yang saban hari berubah di YM juga patut di ajungin jempolan. Mengkoordinasi berbagai aksi di lapangan untuk ABC dengan niat tulus juga menjadi hal yang membanggakan.

Ada lagi seorang blogger dengan kecapakan bahasa Inggris di atas rata-rata dibandingkan saya, sebut saja namanya Mymoen Doank. Terobsesi dengan blognya merangkum berita-berita hangat yang keluar dari berbagai media dan ini patut saya tiru.

Sejenak melihat perjalanan lainnya, juga menemukan sosok Wahyu Reza Prahara, dengan berbagai ulasan dari blog seorang engginer ini bisa membawakan kata-kata yang cukup mudah di pahami. Dan tentunya masih sangat banyak blogger lainnya yang belum bisa saya tulisan satu persatu apalagi saya list dan ada baiknya anda bisa lihat di www.acehblogger.org.

Komunitas
Jejak lainnya yang mungkin bisa saya sebut adalah komunitas, ya seperti itulah yang saya rasa sekarang. Baik dari komunitas blogger maupun komunitas lainnya yang telah saya rajut perlahan-lahan.

Membuka wawasan dengan melihat dunia luar memang jauh beda, ketika dalam beinteraksi di dunia nyata kita memperoleh satu jawaban yang beragam jauh begitu juga dengan dunia maya, walaupun perbedaan jarak dan waktu tidak menghalanginya.

Facebook salah satunya yang saat ini merupakan media interaksi real time, dimana orang-orang bisa menjalinkan pertemanan secara leluasa dan yang tidak boleh dilupakan adalah etika dalam dunia maya, yang saat ini banyak kita jumpai berbagai penyelewangan.

Dengan Facebook itu saya, juga menjalin pertemanan dengan salah satu membuat fans page Basa Aceh Basa Geutanyoe (BABG). Dimana proses yang terjadi dalam sebuah page tersebut cukup kentara.

Membangun silaturrahmi dengan berbagai orang-orang yang berada di luar sana, sungguh disana banyak hal yang saya dapatkan. Tidak berhenti begitu saja, baru-baru ini saya juga ‘menetaskan’ kembali HSN berkat bantuan dari Ning.com.

Dan terakhir masih banyak hal yang saya dapat dari kehidupan dunia maya selama ini. Walaupun masih numpang ngeblog dimana-dimana demi melestarikan sebuah ID Hack87, semoga semua tumpangan itu tidak mati begitu saja dan dapat saya manfaatkan secara baik. Selamat jalan 2009!

13 Responses

  1. amankan pertamax dulu😀
    terima kasih namaku nangkring.. jadi malu..hehe

    selamat tinggal 2009,..selamat datang 2010.. semoga tahun ini lebih baik dari tahun2 sebelumnya..
    dan cepat dapat pengganti laptop kesayangan yg hilang beberapa waktu silam
    amin! hehe..

    • amiin, semoga bisa terwujud….
      thanks bang wahyu dah jadi pertamax nih😀

  2. Abu…. neu peu lheuh kuliah aju, bek lale ngon blog dan jejaring sosial.

    • jeut tgk Arioga, so teupu euntek na leubeh titel bacut lon kon skom manteng😀

      • boh manok kom😀

      • hahaha…bek sampe kom lah…
        hang keumah ta peuwoe u gampong😀

  3. […] Posts Film 'ML' MaluinKiamat 2012 Tebakan NgawurAkhir Tahun IniIkhlas Karena AllahDuka Cita di Tahun BaruTentang Khutbah Hari IniCore 2 Duo atau Dual CorePerang […]

  4. 🙂

    • hanya seutas senyuman🙂 ini pun di anggap spam sama wp.com (dasar wp bedebah.hahaha)

  5. wew, nama saya disebut-sebut😀

    • tentu disebut-disebut dari pada saya bilang-bilang lebih baik saya kenalkan untuk masyarakat luas😀

  6. wah ada nama saya juga🙂

    • iya donk, masak sih aneuk dara tangse gak disebut ntar g seru deh😀

Komentar berisi spam dan SARA, tidak akan ditayangkan!

