Waspadai Penipuan Berkedok Undian Berhadiah


undian berhadiah

Ilustrasi oleh hapingkale

BANYAK kita temui berbagai kasus penipuan yang marak di kalangan masyarakat, terutama dengan mengiming-imingi hadiah berupa uang tunai dari hasil undian atau dengan cara kupon berhadiah yang diselipkan dalam sebuah kemasan produk tertentu.

Jika sudah begitu canggih dan mahirnya para pelaku yang melakoni kegiatan tersebut, sudah sepatutnya kita mewaspadai berbagai bentuk kejahatan yang mereka lakukan. Hadirnya tren teknologi yang ada sekarang ini juga membuat para pelaku terus berusaha untuk mencari korban.

Penipuan yang saat ini sedang marak dan khusus beredar di daerah Sumatera terutama Aceh cukup membuat heboh, walaupun tidak berlangsung lama untuk satu target, modus operandi seperti ini tetap mengincar orang-orang yang kurang informasi tentang teknik yang mereka (pelaku, -pen) gunakan untuk menjebak korban.

Aksi yang Dilancarkan
Sebagai salah satu cara, pelaku yang beraksi ini selalu memanfaatkan pihak ketiga, seperti penyedia layanan telekomunikasi dengan mengatasnamakan operator banyak beredar disebuah wilayah tertentu.

Alasan utama yang mereka gunakan adalah undian berhadiah, dan juga mengumbar informasi bahwa korban telah mendapatkan kesempatan memenangkan hadiah baik berupa uang tunai, mobil atau hadiah lainnya yang ditayangkan pada sebuah stasiun televisi. Teknik seperti ini biasanya dijadikan sebagai tahap awal, saat korban memberikan respon bahwa tidak menyaksikan acara undian tersebut yang berlangsung di televisi yang disebutkan tadi, maka kesempatan mereka selanjutnya terbuka lebar.

Setelah proses itu berlangsung, korban akan diminta nomor rekening sebagai syarat bagi mereka untuk nantinya hadiah tersebut akan dikirim langsung ke rekening korban. Tidak itu saja, mereka juga akan menanyakan tentang keberadaan kartu ATM yang dimiliki oleh calon korban.

Dalam kesempatan yang sama, pelaku akan mengaku kepada korban bahwa dia adalah orang dari pihak yang bersangkutan (operator telekomunikasi, -pen) yang berada di kantor pusat yakni Jakarta, tidak luput dari itu gaya dan kecakapan bahasa yang mereka bawakan layaknya seorang yang profesional dan ini sering membuat para korban percaya dengan omongan mereka.

Setelah semua itu berlangsung mulus, korban biasanya akan memberikan instruksi untuk melakukan konfirmasi pembayaran dengan menuju ke lokasi loket anjungan tunai (ATM), dari setiap instruksi yang diberikan mereka meminta sejumlah uang untuk pertama kali di transfer ke nomor rekening yang mereka berikan. Dari sinilah kedok mereka akan terbongkar.

Tips Mencegah Penipuan
Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan jika mendengar kabar ‘gembira’ seperti yang sudah diuraikan di atas. Berikut tips untuk mencegah penipuan itu tidak terjadi pada anda:

  • lakukan ricek ulang nomor dan juga nama si penelpon dengan menghubungi call center dari operator anda;
  • tanyakan apakah pihak operator pernah melakukan undian pada waktu dan jam yang telah disebut oleh si penelpon;
  • jangan langsung percaya dengan ucapan dan hadiah yang ditawarkan oleh si pelaku;
  • sebaiknya jika pelaku meminta anda untuk langsung melakukan instruksi di loket ATM, tolaklah ajakan tersebut;
  • jangan pernah menggunakan ATM yang berisi dengan tabungan yang banyak;
  • selebihnya anda bisa mengambil tindakan tersendiri

Jadi, waspadai segala tindak tanduk pihak yang tidak bertanggung jawab dengan memanfaatkan dalih undian dan sebagainya. Jika merasa hal ini mengganggu anda, laporkan pada pihak yang berwajib.[AK]

10 Responses

  1. […] This post was mentioned on Twitter by ozgur, Turgay Megrel. Turgay Megrel said: Waspadai Penipuan Berkedok Undian Berhadiah – Ilustrasi oleh hapingkale BANYAK kita temui berbagai kasus penipuan yan… http://su.pr/1psFUJ […]

  2. iya bg..saya akan lebih berhati2..:D

    • kudu hati-hati, biasa sasaran orang-orang yang jarang mengetahui informasi ini…

  3. nah ini saya juga pernah ditelepon..sampe saya kerjain tuh orgnya ngikutin instruksinya ke atm…hahaha…

    di atm bapak sekuriti (yg kebetulan saya kenal) malah cekikan ikut ketawa saat mendengar instruksinya mengirim uang…
    alhasil kami semua tertawa dalam mesin atm yg sempit itu..
    hehe

    • berarti tips selanjutnya itu bila suda tahu adalah ngerjain si pelaku biar kapok juga…wkwkwkw :))

      • rekaman telepon dgn dia masih saya simpan kalau mau dengar hahaha

      • wah boleh juga tuh, upload aja bang…
        biar kita tambah referensi disini lagi…
        biar pada tahu geliat mereka!

  4. arrrgh, disana penipu, disini penipu http://themiphz.wordpress.com/2010/01/19/ditipu-kopigulasusu/ waspadalah!!!😉

    • yang penting kita jangan sampai harus menjadi penipu mas🙂

  5. […] dan MatiAulia on Perjalanan Hidup dan Matiwahyu on Perjalanan Hidup dan MatiAulia on Waspadai Penipuan Berkedok Und…Aulia on Core 2 Duo atau Dual CoreAulia on Perjalanan Hidup dan MatiAulia on Perjalanan […]

Komentar berisi spam dan SARA, tidak akan ditayangkan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: