Duka Cita di Tahun Baru


1 muharram

Ilustrasi oleh iswandibanna.com

HARI ini bertepatan dengan tanggal 1 Muharram 1431 H, dimana bagi umat muslim menjadi hari yang penuh makna dan penuh suka cita. Seiring waktu yang berjalan kita telah diberikan kembali kesempatan oleh-Nya untuk tetap bisa menikmati berkah dan sekalian rahmat di tahun baru Islam ini.

Lain halnya bagi saya, di tahun yang mulia ini juga bertepatan dengan hari Jum’at (18/12) kembali dihadapkan dengan duka cita atas perginya sebuah mesin canggih alias laptop (notebook) yang telah lebih 4 tahun menemani perjalanan hidup saya selama menempuh perkuliahan.

Hawa tahun baru Islam yang seharusnya bersuka cita dan bersemangat penuh untuk bermuhasabah diri, ternyata malah diberikan sebuah musibah baru untuk lebih ekstra dalam bermuhasabah. Kata indah yang mudah terucap, “semua yang kita miliki ini hanya sebagai titipan saja, bukan sepenuhnya hak milik”.

Kronologis
Kehilangannya (laptop, -pen) terjadi sekitar pukul 6.00-9.00 pagi. Keadaan kamar tidak terkunci dan posisi saya dalam keadaan tidur tidak sadarkan diri. Pintu pagar di rumah kosan dan juga pintu kamar terbuka lebar saat jam 9.30 saya terjaga.

Belum jelas oknum mana yang telah berani masuk ke dalam kamar saya, dan yang hilang itu hanya perangkat keras laptop, sedangkan gadget lainnya seperti mouse, modem, adaptor, usb dan lainnya masih utuh. Memang terkesan aneh, geliat yang dilakukan oleh sang oknum tersebut mungkin terbilang tidak hitech.

Dari TKP ditemukan satu puting rokok yang berlabel terkenal, dan itu tidak menemukan titik temu, siapa oknum dibalik itu semua. Kemungkinan besar oknum adalah orang yang telah lama memata-matai kamar kosan kami, hal ini terlihat beberapa waktu yang lalu sepatu di kamar juga kehilangan dan bukti di TKP juga meninggalkan puting rokok yang berlabel sama.

Sebenarnya kronologisnya agak sedikit panjang, jadi tidak mungkin diceritakan secara detail disini, nanti malah membuat jadi karangan indah. Lebih baik saya ikhlaskan saja dengan segala kekurangan dan kerendahan hati, semoga apa yang terjadi ini bagi pelaku mendapat pencerahan bahwa yang dilakukannya itu tidaklah benar dan dosa besar.

Permohonan Maaf
Sudah jelas bahwa semua files, audio dan video yang ada di laptop sekarang sudah hilang entah berantah. Semua data tersebut adalah hal utama dari sebuah perangkat keras, malah itu menjadi salah satu bagian terpenting dari hidup saya selama ini telah lenyap.

Namun, saya menyadari bahwa kalau prinsip orang Aceh itu selalu positif thinking alias masih ada untungnya (syukur) termasuk saya sendiri.

Terutama modem saya masih utuh padahal terletak persis di dekat laptop, kemudian hidup (nyawa) saya masih sehat walafiat dan tidak tersentuh oleh oknum tersebut. Karena jika melihat kejahatan yang terjadi di Jakarta, para penjahat sering beraksi brutal alias sadis dan tidak mengenal korban sebagai manusia (nauzdubillahi minzalik).

Atas nama karya cipta, kreasi, ilmu dan segala bentuk aktifitas saya kini sudah hilang. Mungkin itu butuh waktu lama untuk memulai kembali itu semua, walaupun akan terasa berat. Ilmu yang telah banyak bersarang disana (baca: laptop) yang tidak tertampung di memori otak saya telah sirna dan sebuah kesalahan, bahwa saya tidak melakukan backup data.

Di kesempatan ini saya juga memohon maaf kepada rekan-rekan, teman sejawat, dan pihak-pihak terkait jika ada data anda semua tidak ada lagi yang tersisa sama saya dan mohon untuk tidak memintanya.

Hikmah
Disini saya mencoba untuk belajar banyak dari kejadian yang telah menimpa saya ini dan semoga tidak terjadi pada anda semua, kecuali itu atas kehendak-Nya.

Apalagi dalam momen tahun baru Muharram ini, bisa menjadi sebuah teguran bagi saya pribadi, sebagaimana Yang Maha Kaya berhak untuk menguji kita dengan berbagai cara yang kita tidak mengetahui itu sebelumnya.

Walaupun tidak berjuta kenangan tergores bersama laptop itu, tetapi rasa cinta dengan apa yang sudah mesin kecil itu berikan cukup penuh makna. Mulai dari balita sampai orang tua telah memberikan sentuhan pada laptop butut itu.

Model klasik dengan layar lebar seadanya telah mewarnai sebagian hidup saya dengan laptop tersebut, sejarahnya kini sudah tamat bersama saya. Atas nama sebuah musibah harus menjadi pelajaran yang berguna untuk ke depan, tidak putus semangat untuk berkreasi dan beraktifitas walaupun harus harus menempuh dengan berbagai cara.

Selamat jalan laptop ku semoga kamu tidak dipergunakan untuk keperluan yang tidak wajar, semoga Allah menjaga semua itu dengan memberikan kamu tempat yang baik serta tidak disentuh oleh tangan-tangan ‘jahat’. Amiin

26 Responses

  1. terimakasih kunjungannya mas. salam hangat.

    • sama-sama mas indra🙂

  2. Assalamu alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    Wahai Saudaraku di seluruh penjuru dunia maya,

    Akhirnya tahun baru telah tiba…
    Tahun penentuan, apakah kita akan tetap jatuh terpuruk semakin jauh ke dalam kubangan kehinaan,
    Ataukah kita akan bangkit berhijrah menuju ke arah datangnya cahaya kemenangan di depan.

    Baca selengkapnya di

    http://dir88gun0w.blogspot.com/2009/12/happy-new-year.html

    —————————————————–
    INDONESIA GO KHILAFAH 2010
    “Begin the Revolution with Basmallah”

  3. […] janjikan di awal cerita pada note yang telah banyak mengungkit memori lama itu. Walaupun sekarang data yang ada dilaptopku pergi entah kemana, bagi ku kalian kehadiran mu kawan bisa membuat kembali bersemi cerita dan kenangan lama […]

  4. […] janjikan di awal cerita pada note yang telah banyak mengungkit memori lama itu. Walaupun sekarang data yang ada dalam ingatanku pergi entah kemana, bagiku kehadiran mu kawan bisa membuat kembali bersemi cerita dan kenangan lama […]

Komentar berisi spam dan SARA, tidak akan ditayangkan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: