‘Tragedi ABC’ 2 Tahun Yang Silam


rumohbloggeraceh

Foto by adikcilak.com

SEBENARNYA apa yang terjadi 2 tahun silam, tepatnya tanggal 1 November 2007?. Salah satu jawabannya adalah lahirnya ABC (Aceh Blogger Community) ke ranah dunia maya.

Itulah sebenarnya arti dari ‘Tragedi ABC’, kenapa tulisannya begitu sampai harus menggaet nama tragedi. Mungkin itulah artinya sebuah kejadian atau sesuatu yang tidak begitu sadar atau pun lazim bisa muncul begitu saja tanpa ada sebuah pertemuan (tatap muka) lahir ke dunia maya sampai bertemu di dunia nyata.

Dua tahun sudah ABC mengepakkan sayapnya di dunia blogsphere (ranah dunia blogging) yang tidak jarang kita sangat banyak menemukan sekarang blog-blog yang hadir setiap hari dengan berbagai wacana dan nilai tersendiri.

Kembali ke tragedi tadi, 2 tahun yang telah terlewat tentunya membawa kesan tersendiri. Banyak hal-hal positif dan juga tak luput dari kekurangan yang masih mulcul dimana-mana.

ABC adalah sebuah komunitas yang notabennya merupakan blogger (narablog) Aceh yang berada di berbagai penjuru dunia. Sampai saat ini ABC telah mempunyai delapan regional khusus Aceh dan Medan.

Kegiatan nge-blog tidak selalu berada di posisi dunia maya saja bagi kawan-kawan blogger Aceh. ABC juga turun kelapangan dengan melihat realita yang ada, bagaimana masyarakat mengerti tentang teknologi informasi, sejauh mana mampu memanfaatkan teknologi baik dalam pendidikan atau lainnya dan dari itulah membuat ABC menggelar berbagai pelatihan, roadshow sampai dengan workshop bagi membuka informasi untuk masyarakat luas.

Sejalan dengan itu pula, ABC tidak hanya terpaku dengan misinya menulis saja di Internet. Memang kita sempat menggencarkan misi tersebut dengan menggawangi lahirnya semangat “Ayo, Menulis Aceh di Internet!” dan sampai saat ini semangat tersebut masih ABC lebarkan dengan mendukung sepenuhnya portal wiki Aceh Pedia sebagai bagian dari misi ABC.

Tidak lepas sebagai komunitas, ABC juga ikut untuk merasakan kepekaan sosial yang terjadi disekitarnya. Datangnya etnis muslim Rohingya yang tidak begitu elok perlakuaan sehingga membuat ABC juga tergerak hati untuk membantu dan mendedikasikan sebuah kenangan di www.saverohingya.com yang sampai saat ini masih dikelola oleh ABC.

Tentunya respon ABC terhadap dunia blog, sosial dan juga budaya masih terus dijalani sampai saat ini. Tidak ketinggalan ABC juga sering melakukan ekspedisi ke alam-alam terbuka serta ke tempat-tempat sejarah untuk mengingat dan menguraikan kembali khasanah ke-Aceh-an yang pernah dulu ada sebagai bagian dari melestarikan budaya bangsa.

Kedepan, masih dalam rangka hari jadi ke-2 ABC tetap akan terus berusaha untuk memaksimalkan kinerjanya baik di dunia maya maupun di dunia nyata. InsyaAllah tanggal 7-8 November 2009 sebagai bagian dari rangkaian Aceh Blogger Day akan melaksanakan pertemuan dengan rekan-rekan blogger regional VII Barat Selatan sekalian pelatihan blog bagi masyarakat Blang Pidie dan sekitarnya.

Sedangkan untuk dunia maya, ABC juga meluncurkan Twitter  yang bisa di akses www.twitter.com/acehblogger serta aplikasi Facebook Blognetworks. Sedangkan situs resminya di http://www.acehblogger.org sudah mulai bisa diakses kembali, walaupun beberapa bulan yang lalu sempat mengalami masalah yang cukup serius, terkait masalah teknis server dan database anggota.

Akhir kata, inilah ‘Tragedi ABC’ sejak 2 tahun yang silam. Apa yang saya rangkum disini tidak jauh dari kekurangan dan mungkin masih sangat banyak hal yang tidak sesuai dengan harapan. Tapi yakinlah, dengan anggota yang lebih dari 350 orang, ke depan ABC bisa lebih baik dari sebelumnya dan itu juga berkat kerja keras dan dukungan dari kawan-kawan blogger semua.

Bagi anda yang berada di Aceh atau mungkin singgah di Banda Aceh sudah bisa menggunjungi Rumoh Blogger Aceh yang beralamat di Jl. Taman Ratu Safiatuddin Lr. Kupula II Lambaro Skep Banda Aceh, Indonesia. Terimakasih juga untuk rekan-rekan blogger yang telah mengucapkan hari jadi ABC lewat Facebook, YM dsb.

Aceh Blogger

Baiquni sedang membidik, saat-saat Anthony berkunjung ke Aceh bertemu ABC. Foto Anthony/www.thetraveltart.com

Berita Terkait:
Aceh Blogger Berulang Tahun Kedua
Aceh Blogger Kembali Berulang Tahun
Selamat Ulang Tahun ABC yang ke-2
I am Blogger!!!
Aceh Blogger Community (ABC) Rayakan HUT ke 2
Krue Seumangat 2 Tahun Aceh Blogger

2 Responses

  1. itu yang poto kayanya serius kalee😀

    • maklum lah bang, lage bereksperimen tuh😀

Komentar berisi spam dan SARA, tidak akan ditayangkan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: