Facebook dan Twitter Semakin Bersaing


twitter vs facebook (mashable.com)SITUS jejaring sosial dan pertemanan semakin diminati. Dua situs jejaring sosial yang sangat diminati akhir-akhir ini di Indonesia yaitu Facebook dan Twitter. Sebelumnya, Friendster menjadi sangat ngetren di antara pengguna internet di republik ini.

Kehadiran Facebook dan microblogging Twitter mengikis kepopuleran Friendster, dan MySpace yang telah lebih dulu meramaikan dunia pertemanan maya. Kini, Twitter menunjukkan peningkatan pemakai, karena situs ini lebih simpel –yang hanya membolehkan pengguna menulis status maksimum 140 karakter saja.

Tren mendunianya jejaring sosial di dunia maya membuat seolah-olah orang tidak mau ketinggalan informasi, walaupun pada kenyataan dari sebagian pengguna teknologi tersebut lebih mengutamakan aspek narsis, itulah yang terjadi di masyarakat Indonesia khususnya.

Dengan alasan demikian, tentu Facebook masih sangat mendominasi di ranah media daring Indonesia. Namun, seiring majunya teknologi, mereka para pecinta jejaring sosial akhirnya mulai merasa yang baru dengan hadirnya Twitter.

Facebook dan Twitter merupakan dua teknologi yang sedikit berbeda, tidak mengherankan jika kedua pengguna (end-user) teknologi tersebut merupakan bagian dari kedua-duanya.

Facebook dengan berbagai fitur serta tampilan yang ada dan ditambahkan dengan evolusi dari daya akses baru melalui http://lite.facebook.com dan http://x.facebook.com kini telah menjadikan situs ini nomor wahid yang dikunjungi oleh pecinta dunia maya di Indonesia. Namun, banyaknya pengguna Facebook belum terlalu mengerti dengan kegunaan fitur yang dimiliki oleh ‘mukabuku’ ini.

Lain halnya dengan Twitter yang dirancang khusus sebagai sarana microblogging, memang Twitter dibatasi oleh karakter untuk melakukan update status beda dengan Facebook yang jauh lebih banyak karakternya.

Tidak asing bila ingin berbagai informasi di Twitter yang mengandung alamat URL yang panjang, Twitter secara otomatis akan menyingkatnya serta masalah daya akses Twitter masih lebih unggul dibandingkan Facebook.

Selain itu, pendongkrak yang membuat meningkatnya traffic pengunjung Twitter di dunia maya karena ramainya para selebritis, politikus dan profesional IT, sehingga Twitter mendapat tempat yang ‘layak’ bagi mereka.

Kini saatnya menentukan pilihan, mau yang lebih cepat aksesnya atau masih mengutamakan tampilannya. Bisa jadi kedua-duanya, selamat mencoba! []

Bisa dibaca juga di ACEHKITA.COM edited by Razdie.

12 Responses

  1. Itu juga hanya trend sesaat, nanti juga akan redup sendiri…setiap masa ada gila-gilanya sendiri, semoga kita tak menjadi gila…kiban tgk Aulia?

    • alias kita tidak PUNGO bukan begitu juga tgk Mubarak..😀
      kyknya ke depan ada tantangan baru nih bkn muncul Google Wave, lebih seru sepertinya.

  2. Pasti Facebook yang menang

    • hmmm, facebook bang baka apa nih?

    • semoga saja tdk ada yang menandinginya….hehehe

  3. saya berkunjung dari KalSel

    • terima kasih kawan sudah jauh2 berkunjung kesini😀
      selamat menikmati

  4. keren… oman, berita fesbuk tuwo lon peu eik satu lagi…. segera…

    • bereh nyan, yang penteng ka ditameng keunan bak redaktur😀

  5. aku lebih suka plurk ddr pada twitter…lebih interaktif dan banyak emotnya yay…

    kalo ga percaya liat ajah

    http://www.plurk.com/PhiduT/invite

    • hmmm, oo penggemar plurk juga ya..
      saya dulu juga doyan, tapi karena interfacenya tidak begitu bersahabat (menurut saya sih) akhirnya migrasi ke twitter deh😀
      emotnya juga tergantung karma yah lumayan lah…

      my plurk http://www.plurk.com/hack87

  6. Tempat ngumpul semua pengguna Facebook dari Indonesia, forum bebas membicarakan tentang hal apapun.

    Gabung di page http://www.facebook.com/pages/Fesbuk-Indonesia/193760635305

    Mohon sudi kiranya di-suggest ke teman yg lain ^_^

Komentar berisi spam dan SARA, tidak akan ditayangkan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: