• Kicauan Terakhir

    • RT @ompian: Melek internet rupanya tak terbatas bagi penderita gangguan jiwa, paket internet lebih penting daripada makan, katanya. 7 hours ago
    • RT @iloveaceh: Gajah Sumatera yang hidup di Hutan Leuser, merupakan Satwa yang harus dilindungi agar tetap terjaga kelestariannya #CareLeus7 hours ago
  • Baca Juga

  • Komentar Anda

    Aulia Fitri on Indonesia Bisa (Menang) di Wor…
    Mesin oven on Indonesia Bisa (Menang) di Wor…
    Aulia Fitri on The Light of Aceh – Caha…
    mengejarmimp1 on The Light of Aceh – Caha…
    androidtechnicia on Indonesia Bisa (Menang) di Wor…
    Safprada on Indonesia Bisa (Menang) di Wor…
    Aulia Fitri on Indonesia Bisa (Menang) di Wor…
  • Arsip

  • Kategori

  • Para netter yang doyan ke OWL

    Aulia87.wordpress.com website reputation
    MyFreeCopyright.com Registered & Protected

Win32/Sality Virus Hebat


virus sality

ilustrasi oleh bleuken.com

Perjalanan menghadapi virus win32/Sality dengan varis Sality.NAR dan Sality.NAQ akhirnya berhasil saya temput juga.

Dengan mengandalkan antivirus luar–Eset NOD32–dan beberapa settingan yang perlu di tambah, membuktikan bahwa varian jenis .NAR dan NAQ sudah cukup ketinggalan dan bahkan tidak di dapatkan di search engine.

Dari beberapa antivirus lokal yang saya coba, memang cukup rumit untuk mendeteksi virus Sality ini, karena ketika program yang kita jalankan berupa ekstensi .exe (executable), maka secara otomatis virus ini telah berjalan dan membuat pelindung diri di dalam system dan sistem kernel.

Setiap PC atau laptop melakukan restart, maka virus ini secara otomatis juga akan memulai duplikat diri. Jika anda mendapatkan program yang biasanya anda jalankan tidak bisa dibuka atau mengeluarkan pesan error dan warning, maka secara pasti sudah dapat diidentifikasi dengan terjangkitnya virus Sality.

Masalah varian berapa yang menyusup ke komputer anda, bisa anda lihat saat melakukan scanning nanti melalui antivirus yang anda install.

Menurut awam saya, teknik penyerangan yang dilakukan oleh virus sality tersebut juga hebat, dari setiap duplikasi diri yang dibuatnya dengan otomatis memang cukup membuat antivirus bekerja ekstra (antivirus akan melakukan looping terus menerus).

Dalam hal ini ada beberapa langkah yang perlu anda lakukan, tentunya untuk mencegah dari perambahan ke bagian-bagian yang sangat ‘sakral’ lainnya di PC atau laptop anda.

Hal utama yang perlu anda lakukan adalah matikan system restore semua drive partisi, sebaiknya anda tidak banyak melakukan restart pada komputer anda, maka dari itu jika sudah terinfeksi jangan melakukan install/menambah aplikasi apapun di komputer anda untuk sementara karena program yang berekstensi .exe akan disambar oleh virus dan menduplikatkan diri sehingga menyebabkan error program tersebut saat dijalankan.

Langkah lainnya, sebelum melakukan pembersihan di komputer coba googling dulu di internet tentang gejala yang dibuat oleh virus atau bisa juga anda cek di situs Eset yang menyediakan thread encyclopaedia yang di update selalu serta cara menanganinya.

22 Responses

  1. Selama virus Sality blum masuk ke file *.exe yg sedang berjalan maka virus ini sangat sangat sangat lemah. Tapi ketika dah menjangkit nih virus persis AIDS, nempel di antivirus lalu menyebarkannya saat antivirus sedang menscan program yg berjalan. Solusi cerdas…

    1. Backup/copy file penting yg ada di drive C ke drive lain. Lalu jalankan install ulang windowsnya dengan memformat drive C. setelah terinstal semua jangan pernah membuka file yg telah terbackup. lakukan scan trhadap file yg terbackup. Keberhasilan 99%.

    2. klo mau sedikit ribet, matikan system restore, lalu cari Rescue Disk Anti virus dan scan saat booting. bersihkan sisa jejak virusnya. Keberhasilan 75%.

    waaa kuq panjang komentarq ya… maap maap ^^/

    • malah lebih bagus pak buz kalau panjang, jadi tambah ilmu dan info juga nih🙂

  2. Izin sedot, bisa coba antivirus internet 2015 full licensed terbaru di blogapaaza.blogspot.com

    • Oke deh Sei🙂

Komentar berisi spam dan SARA, tidak akan ditayangkan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: