Menghindari Bad Sector HD Laptop


Dalam postingan ini saya akan berbagai sedikit informasi dari pengalaman saya selama hampir 4 tahun berlaptop ria, nah yang menarik disini adalah tentang Bad Sector (BS) yang sering terjadi di Hardisk (HD).

Secara fisik HD laptop dan HD PC (personal computer) memang sedikit berbeda dari segi berat, bentuk dan ukuran. Namun, dari segi performance dalam melakukan proses membaca (read), menulis (write) dan proses-proses perpindahan data lainnya hampir sama.

Dari pengalaman saya berlaptop, masalah terbesar dan sangat parah dengan laptop saya ini yaitu saat saya mengalami tentang BS. Masalah utama yang terjadi yakni disk yang berada di HD mengalami BS bukan pada sembarang bagian (sektor), melainkan pada sector awal sehingga untuk melakukan proses instalasi ulang harus memindahkan partisi yang biasanya di default directory C harus menjadi directory lain D, E atau lainnya (begitulah kata seorang teknisi dari tempat saya memperbaikinya).

Kejadian pertama yang saya alami yaitu laptop mengalami blue screen (layar biru) dan beranjak dari masalah itu jika terjadi blue screen tentu ada kesalahan dengan bagian hardware (perangkat keras) baik itu berupa Modem, Memory, HD, DVD-ROM, wireless, VGA dan sebagainya.

Biasanya langkah yang pertama yang diambil laptop harus dilepaskan memorinya atau dibersihkan, kemudian dihidupkan kembali. Namun, jika langkah tersebut tidak berhasil anda harus melihat hal yang lebih spesifik lagi ada masalah apa yang terjadi baik itu mungkin VGA anda yang bermasalah atau hardware lainnya.

Tapi anda harus ingat, jika tidak berani untuk melakukannya sendiri melepaskan bagian-bagian perangkat keras tersebut jangan ambil resiko apalagi jika laptop anda masih bergaransi, segera bawa ke bagian service point. Dalam hal ini saya lebih menekankan jika anda sudah tidak mempunyai masa garansi lagi dan anda suka mengoprek laptop (hitung-hitung belajar melihat isi dalam laptop).

Langkah selanjutnya jika sudah melakukan langkah pertama berhasil anda harus jeli melihat bagian dalam yakni coba masuk ke BIOS (Basic Input Output System) dan lakukan pendeteksian bagian hardware apa masih terdapat hardware yang belum terdetek.

Ada beberapa tips untuk mengindari HD terserang dengan BS yakni:

  • jangan pernah menghidupkan laptop dalam kondisi aktif 24 jam tanpa ada senggang waktu istirahat (laptop juga mesin) perlu istirahat sama seperti manusia, minimal anda bisa melakukan standby atau hibernet dalam 1 x 24 jam (ibarat tamu lapor pak RT/RW🙂 )
  • sering-seringlah dalam jangka waktu tertentu (1 bulan sekali) untuk melakukan disk defrag (Disk Defragmenter is a system utility for analyzing local volumes and locating and consolidating fragmented files and folders) atau jika anda malas dengan system defrag bisa menggunakan software lainnya seperti Advanced System Care–system utility protecting, cleaning, repairing, and speeding up your PC–(free) dan nikmati berbagai fitus yang anda untuk meningkatkan kinerja laptop atau juga PC anda.
  • Jangan pernah mencabut HD internal laptop anda saat kondisi laptop dalam keadaan hibernet atau standby, bisa merusakkan bagian system operasi atau crash.
  • Perlu diingat BS tidak bisa dikembalikan seperti semula, ini yang sering membuat banyak orang harus menggantikan HD baik itu PC maupun laptop. Karena faktor terjadinya BS sangat beraneka ragam, mulai dari keadaan power yang mati mendadak (arus listrik putus) atau juga terkena dengan benda seperti besi berani atau magnet dan sebagainya.
  • Hindari HD anda dari barang-barang elektronik yang bisa mengantarkan gelombang magnetik sehingga dapat mengganggu operasional HD seperti HP, Radio dan sebagainya.

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan, jika saya kupas satu persatu mungkin akan sangat panjang isi postingan ini. Lebih baik jika ada pertanyaan silakan kita berbagi disini atau anda malah bertanya silakan searching di berbagai search engine yang ada.

Ingat BS tidak bisa disembuhkan dan type atau format HD juga berpengaruh (NTFS, FAT) terhadap kondisi BS serta merek HD.

28 Responses

  1. ehm kunjungan perdana gan,,,,leh kenalan,,,,salam dari kendal…….

    • salam kenal kembali wong kendal😀

  2. selamat pagi, mudah2an kita senantiasa sehat tdk ada ‘bad sector’ sedikitpun pada diri kita, amin.

    • hmm…tapi apa daya mas, mesin hebat alias laptop saya sudah tiada.🙂

      salam kenal mas Ade😉

  3. Hi, salam kenal.
    Belakangan ini laptop saya sudah mengalami dua kali “blue screen”
    Saat itu terjadi, saya berusaha mematikan laptop dan menghidupkan nya kembali, berhasil.

    Apa ini juga bagian dari bad sektor?
    Kira-kira ini bad sektor mekanik atau program?
    Thanks b4

    • bisa besar kemungkinan, karena pengaruh debu yang menempel di HD juga berpotensi besar, selain dari kerusakan teknis atau system di dalamnya🙂

  4. […] This post was mentioned on Twitter by irwanti. irwanti said: RT @hack87: Tips: Menghindari Bad Sector HD Laptop: http://t.co/nZ0pqx2 […]

Komentar berisi spam dan SARA, tidak akan ditayangkan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: