Underground Tidak Selamanya Jelek


Situs Mesjid Ukhuwah Islamiyah UI Depok

Situs mesjid UI Depok yang kena deface

Situs Acehline

Komunitas saya di Acehline juga kena petuah dari tetangga jiran

Tampilan diatas merupakan kebanggaan dari seorang hacer alias hacker atau apalah yang layak disebut buat mereka dengan berhasilnya membobol (ketinggian bahasanya) maupun melakukan deface/ing terhadap sebuah situs.

Sungguh merisaukan emang sampai seorang teman saya yang doyan blogging juga berkata: “Uh… kurang kerjaan banget sih tu hacker… Apa tidak ada “pekerjaan” lain yang lebih “menantang” daripada men-deface situs itu”, ungkap bung Salman dalam blognya.

Berita hangat-hangat kuku atau t**k ayam ini pun booming juga di forum aktif nomor satu di UI yakni SCeLE (siapa berani hack scele😉 ).

Kisah menarik seperti ini memang sudah layak menjadi sebuah bahan permainan bagi sekelompok orang terlebih mereka yang mengatas namakan komunitas UG (Underground, -pen) dalam bidang IT dan sejenisnya.

Hal menarik dari dua tampilan tersebut adalah (pertama) situs mesjid UI dengan jelas-jelas ‘provokasi’ banget dengan anonym yang sangat familiar yakni Hacked by Gunadarma University, siapa orang dibaliknya silakan anda mencari tahu.

Itu jelas deface biasa, dimana login untuk admin masih bisa digunakan dilink ini. Yang (kedua), mempunyai alias OWN3D [Hackey by Ufuq – R3AL MILITAN] ini sedikit lebih ceria dibanding yang pertama tadi, dikenal mereka adalah anak-anak tetangga jiran yang berupaya belajar ‘e-learning’ dengan teman-teman di ACL.

Dua pelajaran yang luar dan biasa diranah cyber netiquette. Apapun cerita, semua telah berlalu dan kita sebagai orang yang kena harap sabar dan banyak belajar. Banyak kalangan menilai situs UG tidak memberi manfaat bagi yang lain, hadir hanya untuk kesenangan belaka atau ekplorasi ilmu yang ada. Tapi buktinya ACL sendiri menjadi sasaran empuk juga buat tetangga jiran untuk dioprek.

Belum lagi dengan situs-situs jejaring sosial yang sangat rentang dengan kerjaan tangan hacer (baca pakek hacker saja ya), ya katakan saja friendster sebelum tahun 2008 masih sangat lemah dengan code javascript yang mudah disusupi oleh seseorang dan yang terbaru sekarang (saya baru tahu hari ini) adalah dengan cara melakukan embeded video baik yang berasal youtube dan sebagainya ternyata masih bisa lolos juga ke testimonial.

“Tidak ada system yang sempurana” atau tidak ada sesuatu pun yang sempurna di muka bumi ini. Sebuah kalimat yang yang sering anda dengar begitu juga dengan dunia cyber“. [qoute by acehline.co.cc]

Itu memang layak dicap buat semua sistem yang ada di dunia ini. Ingin belajar dan mengembangkan ilmu UG bisa jadi pilihan anda, berbaik hatilah dengan mereka sungguh mereka akan lebih berbaik hati dengan kita-kita (saya aja kali) yang awam tentang itu. Wallauhu’alam

———————————————————————————————————————

> MUI Cepat sembuh ya (maksudnya situsnya mesjid)!
> ACL siap selalu!

18 Responses

  1. Mudah2an master Hacker ini dicerahkan, halah…
    Ilmu mereka jg banyak mungkin kita jg bs belajar dari mereka…

    Betul itu tengku puteh, ada banyak hal untuk kita bisa bekerja dengan mereka

  2. get that blog droen neuh, salam meu turi syit, maksih ka neu singgah bak blog lon

    oh biasa manteng nora, salam meuturi cit keu nora

  3. wah mantap nyan ..mesjid di hack…:)

    memang mantap, yang na cit le dosa teuh🙂

  4. dasar cracker , coba jadi white hacker saja . bermanfaat bagi orang banyak

    yah seperti itulah dunia UG

  5. Reblogged this on Me, Computer, Web Desain, Internet & Security and commented:
    Acehline got hacked

    • di Reblog sama ACL😀

  6. […] (acehline- red) publish kembali di web kami dengan sedikit tambahan, namun sayang karena sesuatu insiden tidak ada arsip sama sekali, semoga aja bisa menjadi masukan buat saya terutama dan anda. Berikut […]

  7. […] (acehline- red) publish kembali di web kami dengan sedikit tambahan, namun sayang karena sesuatu insiden tidak ada arsip sama sekali, semoga aja bisa menjadi masukan buat saya terutama dan anda. Berikut […]

Komentar berisi spam dan SARA, tidak akan ditayangkan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: