Blogger Aset Pemerintah


Petikan disamping ini merupakan salah satu Paper dari karangan Purwono Hendradi, M.Kom, dkk dengan judul “Pemberdayaan Situs PEMDA dengan Pengembangan Pengelolaan dan Pengembangan Fungsinya”. Judul dari postingan ini pun sebenarnya hanya sebatas melihat keadaan sekitar saja dari komunitas blogger yang ada saat ini di Aceh dan Indonesia pada umumnya.

Dalam paper tersebut dari Purwono, memang menitikberatkan pada sisi E-Government. Dimana, isu tersebut merupakan bagian dari peraturan Menteri Komunikasi No. 26 tahun 2006. Sebagai media layanan masyarakat untuk memudahkan dalam melakukan pengaksesan informasi pemerintahan dari berbagai lapisan masyarakat.

Melihat meningkatnya perkembangan Blogger di Indonesia semenjak tahun 2003, tepatnya tahun 2007 yang lalu akhirnya Menkominfo M. Nuh menobatkan tanggal 27 Oktober 2007 sebagai Hari Blogger Nasional atau disingkat dengan Hablonas. Dalam pidatonya tersebut Menkominfo mengatakan bahwa “Blogger punya kontribusi positif terhadap masyarakat.”

Terlepas dari isu itu semua, saya dan kami sebagai blogger di ABC cukup merasakan hal tersebut yakni keberadaan akses dan layanan yang kami buat ini untuk mempersatukan semua blogger yang tersebar dimana-mana baik di daerah sendiri maupun di luar daerah bahkan luar negeri.

Dalam kesempatan yang sama juga kami sebagai komunitas telah/sedang merencakan sebuah event ABC: Blogging For Education, sebagai wujud dari kepeduliaan komunitas Blogger Aceh untuk masyarakat sekitar serta dalam memeriahkan HUT ABC Pertama yang jatuh pada tanggal 1 November 2008 yang lalu.

Dibulan November ini juga, kami mendeklarasikan Aceh Blogger Days 2008 sebagai momen yang bisa mengangkat komunitas Blogger daerah untuk memberikan kontribusinya di masyarakat, salah satunya seperti pelatihan blogging bagi generasi muda-siswa SMA-pemimpi negeri nantinya.

Pemerintah pun, dalam hal ini PEMDA setempat sebagai pihak utama dalam meningkatkan pelayanan masyarakat, setidaknya bisa terbantu dengan program yang kami bawa dan usungkan ini. Ini bukan semata sebagai bentuk mencari brand dari komunitas blogger dan bukan juga tidak peduli dengan keadaan Nanggroe saat ini. Lahir ABC berduet dengan Nanggroe.Com adalah bukti bahwa aneuk Nanggroe merupakan sebuah aset untuk bisa memajukan Nanggroe-nya sendiri, terlepas dari ‘tangan’ orang lain.

Blogger bisa menjadi aset berharga untuk Pemerintah baik itu tingkat daerah bahkan tingkat Pusat pun jadi, karena betapa pun isu yang berkembangan tentang pola dan taktis blogger yang banyak dianggap remeh, oleh sebagian orang bukanlah sebuah penghalang untuk para blogger tidak bisa maju dan merubah bangsa ini (anda bisa baca ini).

Percayalah, kita bisa berbuat bila tekad dan kemauan telah menjadi satu dalam jiwa generasi bangsa ini. Jangan jadi orang yang suka omdong (omong doang, -Betawi version) atau lee peugah ngon but (banyak ngomong daripada kerja, -Aceh version). Lihat saja ide awal Nanggroe.Com yang begitu sederhana berawal dari Kopdar sampai Sebuah Cita Lahir Lagi.

Copas©Right by Aceh Blogger Community, posted by My Self🙂

14 Responses

  1. Oo…
    Berarti diriku aset pemerintah… hehehe

    Yai yalah bang ozan, bang ozan kan blogger jadi sama dong!

  2. […] juga saya menulis dulu dalam sebuah postingan yang berjudul Blogger Aset Pemerintah, yang terinspirasi dari sebuah paper yang saya baca saat menyelesaikan tugas mata kuliah di kampus […]

  3. thx neh paperku di komentari…aku cma pengen situs pemda lebih berdaya guna…kan invesnya gak murah…ayo kita bangun ICT indonesia

    • Sama-sama mas, semoga ini bisa menjadi ajuan bagian pemerintah terutama tingkat II dalam melihat proses IT untuk e-governance yang lebih baik🙂

      Salam Kenal!

Komentar berisi spam dan SARA, tidak akan ditayangkan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: