Beda Feed di Blogspot dan WordPress


feedPostingan ini sebenarnya sudah dari seminggu kemarin saya ingin postingan, pertama ingin saya tempatkan di aggregat komunitas Blogger Aceh. Namun, setelah saya lihat-lihat ada baiknya saya posting di blog saya dulu sebagai sebuah orekan. Siapa tahu ada kekurangan dari tulisan ini, baru saya sajikan ke Aceh Blogger nantinya.

Jadi, begini kawan-kawan dan saudara-saudara ku sebangsa dan setanah air. Kerap kali, dalam seminggu saya melakukan web feed (dalam bahasa Indonesianya pembaca umpan) pada berbagai macam URL yang ada. Tentunya feed yang saya lakukan tersebut untuk ditampilkan di situs ABC.

Sebagaimana yang kita ketahui, situs ABC merupakan aggregator dari kumpulan blogger Aceh yang telah terdaftar sebelumnya disini. Kebetulan pengalaman yang saya alami selama lebih kurang satu tahun ini berhubungan dengan engine-nya wordpress untuk alamat yang difeed tersebut membuahkan sebuah pertanyaan.

Banyaknya URL dari rekan-rekan blogger yang mendaftar di ABC, masih dilakukan secara manual di syndication yang merupakan plugin dari feedWordpress sendiri. Keanehan yang terjadi adalah saat kita melakukan feed pada blog yang mempunyai domain blogspot.com.

Entah kenapa dari sekian banyak blog yang mendaftar di blogspot.com, hampir rata-ratanya untuk mevalidasi keterangan user tersebut sering mengalami miss. Maksudnya disini adalah ketika blog si A yang beralamat di http://aaa.blogspot.com dan mendaftar di blogspot.com sebagai user yang bernama Ab, maka kesalahan yang sering menimpa anggregat nama si Ab tersebut akan men-default member lain untuk menjadi nama usernya juga (Ab, -pen), walaupun user yang lain mempunyai alamat blogspot yang berbeda.

Setelah saya lihat dan perhatikan, memang ini merupakan sebuah kelamahan utama dari plugin feedWordpress yang belum bisa begitu stabil dengan otomatis melakukan sindikasi terhadap blog yang beralamat di blogspot.com. Namun, lain halnya ini juga bisa terjadi dari kesalahn blogspot.com yang tidak bisa begitu dinamis dalam melakukan optimasi untuk di feed URL-nya tersebut.

Bila saya bandingkan domain dari wordpress.com, sungguh sangat berbeda jauh. Dari kesemua URL yang saya aggregat dari blog wordpress.com tidak ada yang mengalami ID user yang tertimpa dengan user yang lain.

Terlepas dari itu semua, untuk menangani masalah di atas. Sering kali dan mungkin berulang kali saya melalukan setting terhadap alamat blog dari blogspot.com untuk menjegah terjadinya hal tersebut. Mungkin ini juga sebuah pembelajaran, dimana saya juga harus belajar lagi untuk menghindari default user dari URL yang didaftarkan Blogger, atau mungkin ada sekalian punya solusinya atau juga anda malah bingung setelah membaca postingan saya ini….😀

Pokoknya harus bisa dihindari nih dari agregat ABC, semakin lama tentu saya juga akan kewalahan memantau Blogger yang semakin ramai saja di komunitas ini (lebih kurang sudah tercatat 140 orang). Intinya hidup para Blogger deh!

10 Responses

  1. nice info thank’s u……

  2. wah info nya bagus tu, aku sendiri juga kejadian tu dengan blogspot ku, akhirnya aku memutuskan beralih ke wordpress

    http://rencongaceh.blogspot.com

    sampai saat ini aku ngak tahu feednya apa, bro posting tentang Joomla dong, buat nambah referensi, aku gie coba belajar nie ….:d

  3. >>> iwan
    thanx bro

    >>> mamad
    alamat WP-nya mamad pa nih?, masalah joomla ntar lain waktu saya coba deh buat posting.

  4. bener tuh?
    wah gawat juga ni.
    aku kan pake blogspot..
    apa dialihkan ke wordpress aja?
    atau ada saran lain bang?

  5. >>> Iqbal
    Ya semua terserah Iqbal, kalau emng mau di feed yang lumayan tidak mengganggu mungkin bisa pindah ke WP atau ke Nanggroe.com (sekalin promosi juga nih)

  6. Wahhh .. mantap that ngon, ka oke that nyan ….

  7. bang, gimana sih caranya masang feed?
    aku bingung ni.

  8. >>> iqbal
    Feed itu ibarat kita menggunakan RSS sebenarnya, masih bingung juga dengan RSS. Silakan cari di google deh dulu.😉

  9. mau nanya kalau alamat feed default di wordpress apa ya? makasih

    kalau di wordpress hanya tinggal slash (/) saja misalkan https://aulia87.wordpress.com/feed – selesai deh!

  10. thx infonya😀

    sama-sama mba aryu

Komentar berisi spam dan SARA, tidak akan ditayangkan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: