Main Forum Yuk!


Melihat banyaknya portal-portal yang menyediakan layanan tambahan seperti fitur forum, chat, dll, maka jangan salah kepopuleran sebuah portal tersebut sangat menentukan hit rates pengunjung yang setia untuk menyisihkan waktunya untuk melihat dan meng-update berita-berita terbaru dari portal tersebut.

Kembali ke judul dari tulisan ini adalah sebenarnya bukan ajakan yang bersifat sementara, mungkin beberapa tahun belakangan ini kita bangsa Indonesia gemar dengan dunia blogging, di mana teman saya sendiri pun yang satu perjuangan di kampus sangat serius dengan urusan nge-blog dan blogging. Sebut saja M. Ilman Akbar, dkk, di sebuah situs ‘kampanye’-nya yang diberi judul AyongeBlog.com dengan spontan terpancar sebuah visi untuk membangunkan para aktivis dunia maya bangsa ini untuk nge-blog sampai 1 juta orang di tahun 2008, kalau tidak salah ide tersebut berawal dari adanya pesta blogger tahun 2007 yang silam.

Setelah melihat realita yang ada dengan adanya ‘kampanye’ Ayo ngeBlog! dari situs tersebut, mungkin kita juga akan berpikir kenapa banyak pecinta dunia maya sering sungkan untuk bermain di forum. Sebut saja forum Kasak Kusuk (kaskus.us) yang menjadikannya forum terbesar di Indonesia yang kini menjadi sebuah media jejaring social untuk pencarian ilmu, pengetahuan, informasi dan sebagainya yang hamper seluruh penggunanya berasal dari Indonesia sendiri dan juga dari luar negeri.

Namun, anda jangan salah persepsi dulu antara nge-blog dengan main forum. Kita bisa melihat dan memandang dengan arti luas, dimana setiap kesempatan para maniac (member, -pen) forum juga sering berkampanye untuk nge-blog lewat forum. Mudahnya kita sering menemukan di berbagai forum berskala nasional atau komunitas bahkan kedaerahan pasti terdapat sebuah thread yang berjudul misalnya posting alamat blogmu yang intinya mencari sejumlah member yang mempunyai web atau blog, jadi antara hal nge-blog dan main forum saling mendukung.

Keinginan saya disini adalah mencari dimana, sebuah langkah dalam tatanan kita bermain di sebuah forum untuk mencari informasi yang kadang-kadang jarang juga kita temui dalam dunia nyata baik itu melalui televisi, majalah, koran dan lain sebagainya. Adapun forum yang saya maksud tentu forum yang merupakan bagian dari kategori umum yang membahas berbagai macam informasi dan berita-berita terkini serta tidak menutup kemungkinan forum yang beraliran ‘radikal’ bahkan sangat bernuansa SARA.

Sedikit cerita pertama kali saya bermain forum adalah sekitar tahun 2005 yakni pada forum lokal di kampus yang sering disebut dengan sapaan SceLe (Student Center Learning) dan tepatnya sekitar tahun 2006 saya sudah mendaftar di sebuah forum kedaerahan yakni Aceh Forum Community (AFC). Berawal dari sinilah saya yang tidak begitu paham tentang ‘dunia’ forum terjun dan ikut layaknya melihat orang yang lebih dahulu berpengalaman.

Pertama, bagi kita seorang member yang masih sangat dini dengan forum tentu sangat begitu mengerti dengan ketentuan yang hal apa saja yang kita buat di forum. Baca berita atau ikut berkomentar maupun bertanya dan masih banyak lagi.

Seiring dengan waktu yang berjalan, akhirnya saya sedikit menemukan sensasi bahwa bermain forum ini bukan hal yang menyita waktu tanpa ada manfaat yang jelas, kadang orang-orang sering menilai forum adalah sebagai bentuk pelarian bagi yang sudah bosan kerja ataupun yang tidak tahu mau menulis dimana dan forum layaknya jadi tempat mengluarkan isi kepala. Bukan itu saja tentunya masih banyak variabel lainnya yang mempengaruhi seseorang untuk bermain forum.

Bahkan saya juga pernah mendapat sebuah kata-kata dari orang yang tidak perlu di sebutkan namanya, mengatakan bahwa bermain forum ini bisa membuat kita belajar dan mengajar tanpa harus sekolah. Maksudnya apa? bukan lah sekolah itu tidak perlu dan diabaikan, melainkan forum menjadi bagian dari ‘lembaga’ non pendidikan yang memberikan begitu banyak pelajaran yang semuanya membutuhkan penilaian dari kita pribadi dalam melakukan penyaringan atau filter (positif dan negatif), karena begitu banyak forum yang juga menyajikan informasi yang tidak bisa untuk diambil manfaatnya.

Hampir dalam 4 tahun ini saya sudah menjalani permainan forum, dan baru sekitar tahun 2007 dan 2008 ini saya menjadi begitu konsen dengan berbagai alasan muncul karena saya menilai sebuah forum ini bisa menjadi wawasan yang tak terlupakan untuk bisa berbagi antara sesama orang yang jelas kita tidak saling mengenal dengan berbagai latar belakang para member.

Selain itu juga kita bisa membuat sebuah pelatihan diri dimana pemahaman mengenal hak untuk saling menghargai orang lain ketika ada isu-isu yang menimbulkan pro dan kontra terhadap satu masalah. Pada postingan sebelumnya di Forum & Forum Lagi, saya sudah sedikitnya menemukan orang-orang –sangking gemarnya mendaftar diberbagai forum– yang berlatarkan belakang berbeda ternyata banyak juga yang memiliki persepsi yang sama, layaknya permainan sebuah forum. Setiap orang juga harus saling menjaga kode etik antara satu forum dengan forum lainnya.

Bukan hal mustahil bila ada seorang member yang membedakan sebuah forum dengan tingkat kepuasan baik itu jelek dan buruk forum tersebut bisa langsung tereliminasi (banned) dengan sendirinya dalam komunitas tersebut.

Kita melihat sejarah dari forum tersebut berada di dunia maya memang dengan berbagai ciri dan khas yang beragam rupa, tak terkecuali dalam sebuah forum semua jenis orang (profesi di dunia nyata) gabung bersama bahkan bisa jadi pencuri, tukang korupsi, dll bisa ada dalam sebuah wadah komunitas forum tersebut. Jadi tunggu apa lagi kalau anda suka dengan mencari ilmu dan wawasan serta menjalin hubungan dengan banyak orang di dunia ini tidak salah mari Main Forum Yuk!

10 Responses

  1. sebagai orang yang suka juga berhubungan dengan forum2an, gw sih mendukung aja untuk bermain forum karena kita sebagai manusia membutuhkan komunitas sosial yang gak itu-itu aja perlu penyegaran juga dengan orang baru..

    anda benar, sebuah penyegaran tentu membuat hidup ini bisa lebih sehat dibandingkan tanpa ada kontak sosial dengan orang lain.

  2. Hai…Themes lon tuan ka lon ubah, ci neukalon? puna mantap?
    hehhehhe

  3. main ML yuuukkk ….!!!!!, main MF yuuukkk….??
    common bibeh … heheh

    si muda nih lah, ada-ada ja

  4. aiheiaea…
    btw…orang yang bermain forum itu sampai addict itu biasanya punya banyak waktu dan tidak sibuk….
    tul gak?

    Berarti hampir sama dengan para blogger dong, kalau gitu!

  5. bagi saya, forum adalah tempat menimba ilmu secara gratis.

  6. ^^^
    tidak kurang dan tidak lebih, semua bisa anda dapat ilmu di forum.

  7. Bagi saya forum adalah bentuk aktualisasi diri,Salam hangat dari Manipi,Kab.Sinjai Sul-Sel

    Salam hangat dari ujung barat pulau Indonesia juga deh😉

  8. ajakan untuk pencerahan dunia IT,, neee ,,,,,,,,thanks ya

    sama-sama kita belajar teman

  9. Di forum nanggroe.com saja yang gabung…. yang lain ngak pernah.

    saya juga gabung

  10. forums give energy to more better in life socciety…….
    http://www.bandungpower.blogspot.com

    Thanx for your support broe…..

Komentar berisi spam dan SARA, tidak akan ditayangkan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: