Tentang Khutbah Hari Ini


Cerita minggu dihari nan mulia, jum’at (11/7) bertepatan dengan 7 Rajab 1429 H. Masih dengan suasana libur, namun tidak kurang minat para jamaah untuk menunaikan kewajibannya di Mesjid Ukhuwah Islamiyah.

Untuk jum’at kali ini, sedikit sharing saja berhubung saya lagi tidak begitu leluasa untuk menulis konten khutbah untuk kali karena sedikit terhalang tadi untuk melihat sajian dari proyektor yang ada di bimbar. Kali ini alhamdulillah Layar Tancap MUI sudah bisa disaksikan secara leluasa.

Karena beberapa saat yang lalu, layar tancap yang sudah dipasang belum bisa dioperasikan dengan berhasil. Untuk kali ini sudah berjalan dengan sebagaimana mestinya, karena mendapat shaf disebelah utara makanya tidak bisa melihat begitu jelas konten dari jum’at kali ini.

Mesjid UI memang sudah terkenal dengan meluas di Depok, selain adanya penerapan Cyber Mesjid (saya tidak begitu sejutu dengan Cyber Mosque), jadi saya sebutkan saja Cyber Mesjid. Sedikit tadi sang khatib dari FKM menjelaskan tentang program MUI (baca: Mesjid Ukhuwah Islamiyah) tentang cyber ternyata sesuai dengan harapan, dimana perencanaan yang matang plus dengan dukungan (support) IT bisa mewujudkan seperti sekarang ini.

Pembahasa tema khutbah kali ini tentang peredaran waktu bumi dengan berbagai persepektif dari ilmu astronomi dan ilmu-ilmu yang berhubungan lainnya. Jum’at minggu ini memang sedikit terkesan monoton dari biasanya, berhubung khatib membawakan dengan formalitas layaknya Kuliah Umum (bukan menyinggung pak khatib :-)).

Selain menyimak khutbah yang disampaikan oleh khatib, sekarang dengan fasilitas yang ada di MUI, para jamaah juga bisa melihat tampilan slide yang ditayangkan di depan mimbar mengenai tema yang dibawakan. Nah, disinilah seakan kita mengikuti perkuliahan. Dimana poin-poin yang khatib sampaikan menjadi seirama tanpa ada rasa untuk bisa menikmati dengan “serius”.

Sekali lagi saya bukan menyinggung sang khatib, bisa jadi saya juga menilai salah. Namun, itulah realitanya yang saya lihat pada hari ini. Khutbah jum’at dengan berbantuan IT memang sangat menunjang dimana, cita-cita UI untuk menjadi World Class University bisa juga terimbangi dengan sarana peribadatan yang IT juga.

Semoga kedepan hal-hal ini tidak menjadi kendala bagi pelaksanaan shalat khususnya, maju terus Mesjid Ukhuwah Islamiyah dan teruslah menjadi yang terbaik.

7 Responses

  1. Subhanallah🙂

    Segala puji bagi Allah, insya Allah MUI jadi yang terbaik

  2. keren tuh…..

  3. Wah… hebat…
    Smoga kedepan semakin muncul Cyber Masjid yang lain..

  4. ^^^
    kita doakan saya, karena kita adalah penghuni dan pemakmur Mesjid selama kita kuasa untuk rumah Allah yang ini.

  5. cyber Masjid? wah kereenn

    Wah sikucing keren emg dah keren kali

  6. Wow istilah Baru Cyber mesjid…keren…

    Budayakan istilahnya

    Begitulah akhi, biar tidak salah kaprah nantinya.

  7. terima kasih sharing info/ilmunya…
    saya membuat tulisan tentang tidur ketika khutbah Jum’at…
    silakan berkunjung ke:

    http://achmadfaisol.blogspot.com/2008/08/hidup-ini-memang-penuh-kelucuan.html

    salam,
    achmad faisol
    http://achmadfaisol.blogspot.com/

    Terima kasih sudah berkunjung ke rumah saya yang sederhana ini

Komentar berisi spam dan SARA, tidak akan ditayangkan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: