Mobile Computing Prediction


Ramalan perkembangan prospek mobile computing di Indonesia dalam dua persepektif berbeda yakni sebagai pengguna dan sebagai pengembang teknologi. Berikut ulasannya:

Pandangan pertama dari aspek sebagai pengguna (aplikasi apa saja yang akan laku) Melihat majunya teknologi mobile dan komunikasi yang ada di Indonesia, tidak menutup kemungkinan dan bahkan sangat berpeluang besar bila banyak para vendor pengembang aplikasi mulai berlomba-lomba melihat pasar khususnya untuk para end user sejauh mana keinginan mereka (perceived) dalam berkomunikasi mulai dari kebutuhan dasar seperti voice (percapakan), SMS (Short Message Service). Inilah yang menjadi pemacu utama sebagai peluang yang akan bisa lebih berpotensi untuk pengembangan selanjutnya, melihat banyaknya jumlah permintaan tersebut. Ada beberapa faktor utama yang untuk ke depan akan menjadi sebuah kebutuhan pelengkap (Teori Kebutuhann Maslow) bagi para pengguna mobile atau seluler diantaranya bermunculan aplikasi-aplikasi pemacu (flagship application) seperti TV Phone, Walkman, E-Commerse (weather report, stock ticker, stock trading) dan masih banyak lainnya.

Pandangan kedua dari aspek sebagai pemasok/pengembang (industri apa saja yang akan berkembang). Untuk segi yang satu ini, khususnya industri sangatlah penuh persaingan. Mulai dari teknologi pengembangan seperti CDMA atau UMTS dan GSM dengan GPRS-nya. Namun, disini kita hanya melihat secara pengembangan saja tanpa melihat segi penyelenggara layanan (vendor) yang “perang” jaringan operator.

Sedangkan industri yang saat ini dalam ramalan akan terus melonjak adalah seperti WAP (Wireless Application Protocol) untuk mendukung akses ke network, Bluetooth (komunikasi wireless dengan menggunakan short-range radion link), 3G (Third Generation) yang mempunyai kecepatan tinggi 2 Mbps untuk komunikasi video conferencing dan bahkan telah melonjak naik saat ini ke 3,5G yang menggunakan teknologi wide band CDMA, Palm Pilot atau sering disebut PDA (Personal Digital Assitant) yang menjadi saingan berat handphone. Menurut laporan lainnya dari Uniper Research melaporkan bahwa hadirnya Mobile WiMAX 802.16e yang akan melesat pada tahun 2010 hingga 2013 dengan pasar AS, Jepang dan Korea Selatan.

2 Responses

  1. bos…ulasan mobile computingnya dibuat lebih lengkap..tapi yang ini udh bagus juga kok…thanks ya

    akan diusahakan bila ada mata kuliah lagi berhubungan dengan topik ini

  2. ada prediksi yang lebih oke…buat yang lain gt maksudnya

    Untuk sementara prediksi masih itu-itu saja. Bila ada masukan silakan ditambah

Komentar berisi spam dan SARA, tidak akan ditayangkan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: