• Kicauan Terakhir

    • RT @ompian: Melek internet rupanya tak terbatas bagi penderita gangguan jiwa, paket internet lebih penting daripada makan, katanya. 7 hours ago
    • RT @iloveaceh: Gajah Sumatera yang hidup di Hutan Leuser, merupakan Satwa yang harus dilindungi agar tetap terjaga kelestariannya #CareLeus7 hours ago
  • Baca Juga

  • Komentar Anda

    Aulia Fitri on Indonesia Bisa (Menang) di Wor…
    Mesin oven on Indonesia Bisa (Menang) di Wor…
    Aulia Fitri on The Light of Aceh – Caha…
    mengejarmimp1 on The Light of Aceh – Caha…
    androidtechnicia on Indonesia Bisa (Menang) di Wor…
    Safprada on Indonesia Bisa (Menang) di Wor…
    Aulia Fitri on Indonesia Bisa (Menang) di Wor…
  • Arsip

  • Kategori

  • Para netter yang doyan ke OWL

    Aulia87.wordpress.com website reputation
    MyFreeCopyright.com Registered & Protected

Seminar Sehari [Islam, Aceh dan Perempuan]


Setelah mengikuti ujian tadi pagi, akhirnya “buang sial” dengan mencari ilmu. Tepatnya adalah mengikuti Seminar Sehari di Gedung PSJ yang diadakan oleh Mahasiswa Fisip UI jurusan Kessos (HMIKS) bekerjasama dengan KIG Puska serta ICCO LSM Internasional. Dalam seminar sehari ini yang dimulai dari jam 09.00 WIB sampai 15.30 WIB, menghadirkan para narasumber dari berbagai kalangan, mulai dari LSM, para aktifis, serta kalangan orang Dayah (pesantren).

Acara kali ini mengangkat tema tentang “Islam, Aceh dan Perempuan”. Memang sekilas tema tersebut sangat langka untuk dibahas apalagi mengingat penerapan SI (Syariat Islam) di Aceh menyangkut hak para kaum hawa. Selain itu juga masalah Aceh dengan para perempuan tidak lepas dari nilai sejarah sejak mulai konflik sampai saat ini pasca perdamaian MoU Helsinki.

Ada pun isu utama yang diangkat dalam seminar kali ini adalah tentang kesetaraan gender dalam pandangan agama serta hubungan sosial. Pada sesi pertama pemakalah KH. Husein Muhammad dari Fahmia Institute Cirebon membawa judul tentang Strategi Mensosialisasikan Islam Adil Gender di Aceh, setelah itu dilanjut oleh Tgk Munawar Sanusi Peserta Pelatihan Islam dan Kesetaraan di Aceh (Pengurus Dayah Mahyal Ulum Al-Aziziyah, Aceh Besar), tidak lama berselang Dra. Rukaiyah Ibrahim Naim Pengurus Wilayah Muslimat NU Aceh juga memberikan sedikit gambaran dalam kesetaraan gender dengan budaya Aceh.

Hal utama dalam sesi I tanya jawab tersebut terungkap bahwa ada beberapa pertanyaan yang sedikit lari dari topik seperti masalah Pulau Ganja, kemudian juga Ulama Wanita yang menjadi tolak ukur sebagai pemberdayaan wanita di Aceh. Selain itu juga turut disinggung mengenai masalah Islam secara kaffah yang terbuka dan jujur dari para kalangan tengku (ulama) yang erat kaitannya dengan kedatangan para NGO ke Aceh selama ini. Namun, hal penting dari pertanyaan terakhir muncul sebuah stigma tentang pergerakan perempuan dari Aceh kenapa hanya terkenal Raden Ajeng Kartini dari pulau Jawa saja.

***

Langsung saja ke poin yang akan saya sedikit utarakan disini, karena isi blog ini berhubung bukan berita melainkan cerita hari ini. Pertanyaan pertama kenapa saya harus menghadiri seminar tentang perempuan tersebut (kenapa seminar perempuan karena dari tema saja sudah menjurus tentang perempuan), lalu kenapa hanya menghadiri seminar tidak ikut Piasan Sastra dan Budaya Aceh saja di FIB (padahalkan lebih banyak hiburannya).

Ada satu hal yang mungkin menjadi jawaban inti yakni menghilang kepenatan seperti yang telah saya jelas pada paragraf pertama dan satu hal lagi adalah saya belum pernah melihat seminarnya orang-orang perempuan alias kaum hawa ini. Ada sebuah hal yang sekarang masih serat dengan makna yaitu adalah kesetaraan gender antara kaum hawa dan adam. Dilihat dari sisi agama Islam jelas bahwa hak wanita sangat dijunjung tinggi tidak ada diskriminasi. Namun, kita harus tahu bahwa wacana gender ini telah ada sejak lama di tahun 1977. Ya seperti itulah apa yang dirasakan wanita saat ini, kadang ada waktunya di hina bahkan dilecehkan dan kadang ada juga “naik daun” ke atas kepala lelaki karena ada dukungan dari belakang. Saya jadi bingung bila hal ini untuk dibahas begitu saja, karena wanita lebih tahu.

Berkenalan

Tak lama setelah sesi tanya jawab, para peserta seminar dipersilakan makan siang dan shalat zuhur (ishoma), asyik akhirnya makan gratis lagi hari ini dan menunya lumayan enak dan berselera tinggi. Tidak lama 15 menit setelah makan saya langsung beranjak ke tempat makanan kecil (hidangan cuci mulut) dan sangat kebetulan bertemu dengan Tgk Munawar. Setelah peuturie droe (perkenalkan diri), kita berbincang sejenak mengenai hal-hal biasa tentang keadaan dayah sekarang ini dan juga mengenai HUDA (Himpunan Ulama Dayah Aceh) serta RTA (Rabithah Taliban Aceh).

Tidak lama kemudian kita langsung menuju penghambaan kepada Rabb, shalat zuhur. Saya langsung diajak ke kamar Tgk Munawar untuk shalat disana biar bisa ngomong lebih enak. Setelah shalat, hampir 20 menit Tgk Munawar bercerita tentang dirinya kini sebagai guru di Dayah Mahyal Ulum Al-Aziziyah tepatnya beralamat di jalan Medan – Banda Aceh, Sibreh Kecamatan Suka Makmur Kabupaten Aceh Besar. Tgk Munawar sudah 3 tahun berada di dayah tersebut setelah tsunami tahun 2004 yang silam. Cerita-cerita lainnya juga ikut mewarnai pertemuan pertama saya dengan orang dayah ini.

Luar biasa ternyata Tgk Munawar sangat asyik di ajak ngomong, canda tawa menghiasi pekenalan saya. Dan akhir cerita saya harus pamit untuk sesi kedua acara seminar tersebut dan tanpa lupa meminta nomor kontak Tgk Munawar, barangkali kapan-kapan sempat bersinggah ke kediamannya di Sibreh (InsyaAllah). Alhamdulillah, hari ini telah membuat tali silaturrahmi lagi dengan orang-orang dayah, semoga perjumpaan selanjutnya saya bertemu lagi dengan Tgk Munawar di Sibre (InsyaAllah).

One Response

  1. […] Seminar Sehari [Islam, Aceh dan Perempuan] […]

Komentar berisi spam dan SARA, tidak akan ditayangkan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: