Perang Dunia Maya: Indonesia vs Malaysia


Tidak lepas dari kasus penjiplakan dan kekayaan budaya Indonesia atas Malaysia (atau sebaliknya mungkin), kini berbagai polemik dunia maya kembali bermunculan. Lihat saja berbagai situs Malaysia ada yang di hack dan sebagainya oleh bangsa Indonesia.

Namun, tidak kalah juga berbagai media lainnya (eq. Blogger) juga bermunculan dengan istilah “INDON” yang mulai mencemari dan memaki-maki serta penimpaan kata-kata maut (penghinaan), entah itu orang Malaysia yang bikin atau memang kerjanya orang Indonesia sendiri.

Walaupun hak suara bukan sesuatu yang ganjil di dunia maya, mungkin ini merupakan sebuah tindak kesewenang juga bila di lihat dari sisi persepektif ke bangsaan. Hari ini menteri kebudayaan Malaysia pun telah melarang warganya dalam kampanye kewisataan “Visit Malaysia Year 2007” (sekarang menjadi http://www.tourism.gov.my) untuk tidak menggunakan tari-tarian maupun lagu-lagu jingle lainnya agar meredam polemik yang sedang terjadi beberapa waktu lalu.

Wajar bila hal ini disambut positif oleh bangsa Indonesia, karena bila melihat sejarah dari nenek moyang dulu, Indonesia dan Malaysia tidak ada perbatasan yang mengaturnya baik dari geografis maupun silsilah para nenek moyang. Karena budaya yang ada di antara dua negara ini saling dipertunjukkan di dua negara pula.

Yang pasti hanya nenek moyang-ku –seorang pelaut– tahu masalah ini. Apakah ini akan berlanjut untuk setiap masa seperti ini? Hanya kita yang tahu akan persoalan bilateral dua negara yang satu rumpun ini. Berani tumpah darah atau caci maki, bukan solusi yang baik untuk masalah seperti ini.

273 Responses

  1. wah rame banget di sini🙂

    • maklum sejarah tidak pernah terlupakan…🙂

  2. malaysia dan indonesia adalah,…..negara yang bersahabat,……ada pun beberapa perbedaan diantara kedua negara,………bisa di atasi dengan cara baik baik…….

    • nice comment

  3. pantek ag malaysia

  4. MALINGSIAL (MALING ASIA) NEGARA KRIMINAL AND STUPID BANGET

  5. Indonesia negara kaya kebudayaan & warisan.
    Rakyanya sopan santun dan rajin beribadah.

    malingsial negara miskin budaya.
    rakyatnya kumel dan bau.

    PERBEDAAN ANTARA INDONESIA DAN MALINGSIAL

Komentar berisi spam dan SARA, tidak akan ditayangkan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: