Sejarah: Ukhuwah.or.id


Sekilas bila membaca judul di atas, pasti akan terbayang dengan nama yang tak asing lagi FUKI (Forum Ukhuwah dan Kajian Islam) –Rohisnya Mahasiswa Fasilkom UI– yang sudah lama melanglang buana di dunia maya (internet). Hari ini mungkin saya sedikit memberikan kilasan balik (flashback) sejarah dari keberadaan ukhuwah.or.id dari mulai versi pertama diluncurkan sejak tahun 2000 tepatnya tanggal 23 Juli pertengahan tahun dalam sebuah Forum Silaturrahmi Lembaga Dakwah Kampus Nasional (FSLDKN) ke IX di Depok.

Memang seperti sebuah pepatah mengatakan “melupakan sejarah sama dengan melupakan diri sendiri (atau apalah gitu). Nah ada beberapa poin disini yang mungkin anak-anak ukhuwah.or.id menyadari tidak luput dari mereka-meraka yang sejak awal dulu membangun sebuah komunitas portal Islami yang saat ini sudah menjajaki sebagai portal nasional ditingkat Indonesia (eramuslim.com, myquran.com, miftah.org dll).

Ketika membaca buku “Islam Virtual” karya dari Mas Syarif Hidatullah dan Zulfikar S. Dharmawan (keduanya adalah alumni Fasilkom) disaat-saat kuliah Manpro hari ini. Ternyata keberadaan uhkuwah termasuk sumbangsih dari Dosen kita Ade Azurat (Fasilkom UI angkatan 1995). Memang dari sejarah yang ada ini membuat banyak dari para generasi ukhuwah yang lupa bahkan tidak tahu asal muasal dari keberadaan si ukhuwah group.

Mungkin ini beberapa tulisan yang saya kutip/edit dari bukunya mas Syarif dan mas Zul tentang cerita mereka terhadap lahirnya situs portal tersebut.

Portal Islam ini (http://ukhuwah.or.id) berawal dari sebuah situs komunikasi internal Lembaga Dakwah Kampus Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia yang bernama Forum Ukhuwah dan Kajian Islam (FUKI). Situs ini berfungsi sebagai media publikasi kegiatan FUKI, artikel-artikel ke-Islaman dan juga media komunikasi internal masyarakat muslim Fasilkom UI. Sehingga tak heran saat itu media ini dinamakan FUKI Online (http://student.cs.ui.ac.id/fasilkom/fuki/server not found). Project leader untuk pengembangan ini adalah Ade Azurat (mahasiswa angkatan 1995).

Saat itu Ade dibantu oleh beberapa rekan, telah berhasil membuat sebuah situs intern fakultas, walaupun masih banyak isinya yang mengambil dari situs lain (www.isnet.org — menjadi http://media.isnet.org) dengan menambahkan beberapa fitur lokal lainnya.

Seiring dengan berjalannya waktu, tak urung juga situs ini mulai mendorong para penggurus untuk meluaskan jangkauan (networks) pengakses FUKI Online, bukan hanya lingkup Fasilkom UI melainkan juga untuk fakultas lainnya di UI.

Namun tepat pada tahun 1999 masa suram untuk media Islam di Internet mengalami penurunan aktivitas seperti Alislam.or.id dan myquran.com. Ternyata dibalik itu semua membuat para tim pengembang FUKI Online malah bertekad untuk mengembangkan media ini menjadi lebih besar, agar mengisi kekosongan media Islam online lainnya. Hal yang sama juga akhirnya tersendat juga dengan kehilangan tim leader-nya yakni Ade Azurat yang harus melanjutkan studinya ke Belanda. Maka dari itu kepengurusan FUKI Online dilanjutkan oleh Syarif Hidayatullah pada tahun 2000.

***

Terus dalam pengelolaannya, ukhuwah.or.id berada di bawah FUKI Fasilkom UI. Sejak berdiri dari tahun 1995 hingga sekarang 2007 ini, semua pengurusnya berasal dari mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer UI. Walaupun demikian, untuk pengembangan dan pengelolaan ukhuwah.or.id masih membuka lebar pintu untuk mereka yang tertarik ikut dalam portal ini.

Untuk saat ini ukhuwah.or.id sudah memasuki kepengurusan generasi ke-8 yang dipimpin oleh Ikhlas Purwanto (angkatan 2005). Selain itu tepat pada tahun 2003, ukhuwah.or.id versi 2 sudah mulai dipersiapkan dibawah pimpinan Aresto (anggkatan 2000). Berikut ini adalah hasil regenerasi dari Ade Azurat (1995), Herry, Syarif (1998), Heri K (1999), Aresto (2000), Rusydi (2001), Wira (2002), Jahid (2003), Ikhlas (2005). Semoga tulisan ini menjadi terobosan untuk kedepan dan satu hal lagi bila ada kekurangan khususnya dalam regenerasi, maka segala masukan dan komentar sangat dipersilahkan secara terbuka.

8 Responses

  1. hmm… mudah2an ukhuwah bisa bangkit lagi ya owl…

  2. insya Allah om 87, walaupun saya “bukan orang” ukhuwah.or.id
    tapi kita masih bisa peduli dengan “tubuh sendiri”.
    Bila ada satu anggota tubuh yang sakit, pasti anggota lainnya akan merasakan. Bukan begitu om?

  3. oh, ternyata gitu ya sejarah ukhuwah. thanks mas aulia atas share-nya…. *abis googling nih*

    semoga ukhuwah.or.id bisa dibangkitkan lagi..

    • iya, itu sekilas flashback awal mula Ukhuwah.or.id muncul, semoga semangat baru dari FUKI sekarang juga tetap melirik leluhurnya itu (hehehe, bahasanya leluhur gitu)😀

  4. Semoga Ukhuwah kita terjaga dan semakin baik nantinya….tetap semangat..

    • tetap semangat juga Miftah🙂

  5. skrg situs ukhuwah.or.id sudah tidak aktif ya?

    • Belum pernah buka lagi, bisa jadi sudah bertransformasi lain mas.

Komentar berisi spam dan SARA, tidak akan ditayangkan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: