Perubahan dan Pendidikan


Pembelajaran adalah sebuah kata yang sarat dengan makna tersendiri dalam mengarungi hidup ini. Tak kala kita sedang merasa jenuh dan perlu perhatian, kadang pembelajaran bukan menjadi halangan. Hidup layaknya sebagai manusia (hablum minannas) merupakan sebuah wujud diri dalam menjalani kehidupan yang hanya sebentar saja. Tanpa merasa jauh dari sang Pencipta, memang segala khilaf dan dosa dari tubuh yang hina ini manusia sering dan bahkan terlalu banyak di/ter-nodai olehnya.

Sungguh malu dan betapa ruginya bila waktu yang kita jalani dalam hidup ini hanya sebatas untuk kesenangan dan foya-foya (na’uzhubillah). Jangan berpikir hidup penuh kebahagiaan saja tanpa rintangan menjadi sesuatu yang didambakan oleh manusia. Kadang kita sering jauh meninggakan Nya yang seharusnya kita harus selalu dekat dan tanpa sedikit pun ada celah untuk lupa akan ke Esaan-Nya. Namun, inilah perjalanan hidup untuk selalu mencari dan menelusuri perubahan yang hakiki menuju keridhaan yang sejati.

Hidup tanpa ada satu tujuan, tentu bukanlah arti dari hidup ini. Allah SWT menjadi tujuan akhir dari perjalanan hidup, sungguh kemulian yang sangat tinggi di sisi-Nya. Maka janganlah kita merasakan bahwa diri ini cukup dengan segalanya. Karena masih banyak dan masih terus terhampar luas ilmu yang ada di dunia ini.

Tarbiyah (pendidikan) merupakan alasan nyata untuk kita sebagai seorang muslim yang telah bertekad memegang kaffah (sempurna/menyeluruh/totalitas), maka secara batiniah seluruh perilaku yang ada harus benar-benar mengalami sebuah perubahan (hijrah). Perubahan yang bagaimana? Tentunya memberikan efek dan aura positif paling tidak untuk diri pribadi, keluarga dan teman-teman disekeliling kita.

Lalu bagaimanakah bila ilmu yang ada pada diri ini hanya sedikit, bahkan tidak ada sama sekali? tentunya pengalaman yang sudah kita punya bisa jadi sebagai bahan untuk berbagi ilmu. Mendidik seseorang, walaupun tidak berjiwa seorang pengajar adalah bukan sama sekali halangan untuk memberikan tarbiyah. Banyak hal yang memerlukan tarbiyah (pendidikan) bila kita lihat dari sisi internal dalam Islam, sebagaimana Rasul kita Nabi Muhammad SAW telah membimbing umatnya dan manusia untuk keluar dari masa jahiliyah (kebodohan, kehinaan, kelemahan/kekurangan dan juga perpecahan). Apakah keadaan tersebut sekarang masih ada? kita bisa menilai sendiri bangsa ini. Berbagai gemelut terjadi bahkan telah berlalu dari masa ke masa.

164

Ayat di atas sangat jelas “Sungguh Allah telah memberi karunia kepada orang-orang yang beriman ketika Allah mengutus diantara mereka seorang rasul dari golongan mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat-ayat Allah, membersihkan (jiwa) mereka, dan mengajarkan kepada mereka Al Kitab dan Al Hikmah. Dan sesungguhnya sebelum (kedatangan Nabi) itu, mereka adalah benar-benar dalam kesesatan yang nyata.” (QS Ali Imran : 164).

Berpijak dari itulah (Ali Imran : 164), sehingga bisa membawa kita menjadi khairu ummah (umat terbaik) yang tahu akan ilmu pengetahuan, memiliki kekuatan, serta rasa ukhuwah dan kekayaan/kecukupan.

Setelah kita melihat yang internal tadi, mungkin ada pengaruh terbesar juga datang dari sisi eksternal yakni adanya musuh buyuyutan (syaitan) yang telah siap dengan rencana dan strategi yang matang untuk terus mengaplikasikannya. Dari inilah umat Islam belum sanggup untuk bisa menangkal serangan tersebut, karena kekuatan dari amal jama’i dikalangan Islam belum bisa terwujud tanpa ada tarbiyah. Hanya ini dulu yang bisa disampaikan, mungkin akan dilanjutkan dikemudian. Wallahu’alam bishawab

One Response

  1. cara masukin tulisan arab di blogs gmn seh? ajarin donk

    wah pertanyaan yang mudah, itu kan cuma image doang

Komentar berisi spam dan SARA, tidak akan ditayangkan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: