• Kicauan Terakhir

    • RT @ompian: Melek internet rupanya tak terbatas bagi penderita gangguan jiwa, paket internet lebih penting daripada makan, katanya. 7 hours ago
    • RT @iloveaceh: Gajah Sumatera yang hidup di Hutan Leuser, merupakan Satwa yang harus dilindungi agar tetap terjaga kelestariannya #CareLeus7 hours ago
  • Baca Juga

  • Komentar Anda

    Aulia Fitri on Indonesia Bisa (Menang) di Wor…
    Mesin oven on Indonesia Bisa (Menang) di Wor…
    Aulia Fitri on The Light of Aceh – Caha…
    mengejarmimp1 on The Light of Aceh – Caha…
    androidtechnicia on Indonesia Bisa (Menang) di Wor…
    Safprada on Indonesia Bisa (Menang) di Wor…
    Aulia Fitri on Indonesia Bisa (Menang) di Wor…
  • Arsip

  • Kategori

  • Para netter yang doyan ke OWL

    Aulia87.wordpress.com website reputation
    MyFreeCopyright.com Registered & Protected

ICT Now Available


Iseng-iseng di saat kuliah tadi pagi, keluar ide juga akhirnya buat bikin satu kategori tambahan di blog ini yaitu ICT (Information and Communication Technology). Jadi sebagai kata pengantar kategori ICT ini akan berisi sesuai dengan kepanjangannya dan juga mengenai data-data ataupun informasi perkuliahan yang dianggap penting untuk umum serta berguna untuk kemajuan teknologi.

Untuk edisi perdana kita akan mengetahui lebih lanjut masalah jaringan. Mungkin kemarin banyak dari mahasiswa UI yang mengikuti seminar Hak Kekayaan Intelektual yang dipersembahkan oleh DRPM (Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat) UI yang membahas kurang lebihnya seperti yang tertera di brosur tentang HKI, INHERENT dan SIRIP. Nah, mungkin dari kita pasti tidak begitu familiar maupun akan bertanya-bertanya tentang apa gerangan dengan yang dua terakhir itu. Kecuali HKI yang sudah begitu banyak didengungkan diberbagai seminar-seminar baik tingkat lokal/nasional maupun di dunia Internasional. Lalu apakah yang dua tersebut (INHERENT dan SIRIP). Berikut sedikit penjelasan tentang INHERENT (Indonesian Higher Education Network), proyek ini merupakan hasil dari rancangan DIKTI dimana Inherent adalah jaringan komunikasi data tertutup antar perguruan tinggi di Indonesia. Pada tahap awal (2006) telah terbangun interkoneksi 32 localnode yang berada di perguruan-perguruan tinggi di ibu-ibu kota propinsi di Indonesia serta kantor Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Peta Inherent

Adapun yang sudah mulai membangun Inherent adalah UI, ITB, UGM, ITS dan Unibraw. Selain itu juga seperti Unimal, Untan, IPB dan USD telah melakukan hal yang sama namun masih dalam lingkup pembelajaran berbasis e-learning serta pengolahan digital lainnya. Adapun kegunaan utama dari program Inherent adalah dapat menunjang upaya peningkatan mutu pelaksanaan akademik, penelitian, dan layanan akses serta salah satu manfaat yang bisa dirasakan langsung yakni melalui kegiatan pembelajaran e-learning. Mungkin untuk penjelasan selanjutnya mengenai SIRIP akan dijelaskan dilain kesempata. Maju terus ICT untuk dunia pendidikan Indonesia.

3 Responses

  1. subhanallah… akhirnya bang aulia bakal nulis tulisan IT, pasti keren2 nih tulisannya.
    btw, ane juga mo nulis tulisan2 kayak gitu di blog ane yg baru, nih alamatnya
    kamal87.wordpress.com berkunjung ya

    wah terima kasih om kamal, ternyata nasih alamatnya kembar gt ya…ada 87-nya.

  2. Mas, cuma mau nambahin informasi nih, kami-kami yang di sumatera Inherentnya juga sudah jalan (K1) seperti USU dan Unimed (www.unimed.in)

    thanks

  3. @haikalrahman
    terima kasih atas infonya pak. Semoga teknologi di kampus-kampus tercinta kita bisa makin berkembang dan maju.

Komentar berisi spam dan SARA, tidak akan ditayangkan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: