Grasi Puteh Menuai Tudingan


Sejumlah LSM dari berbagai kalangan terutama dari Gerakan Anti Korupsi Aceh (GeRAK) menilai upaya Irwandi dan MPU mengajukan surat grasi (pengampunan) ke Presiden SBY bagi Abdullah Puteh adalah merupakan sebuah langkah mundur pemerintahan Irwandi. Dari Simpul Mahasiswa Anti Korupsi (SiMAK) dan Gabungan Solidaritas Anti Korupsi (GASAK) di Bireuen juga mendesak hal ini kepada seluruh publik dan tentunya pada pemerintahan Irwandi.

Mereka menilai kasus korupsi Abdullah Puteh Mantan Gubernur Aceh merupakan kesalahan fatal sehingga bisa menimbulkan kerugian besar bagi seluruh rakyat Aceh. Selain itu para LSM ini juga meminta kepada Irwandi dan MPU NAD untuk segera menarik surat grasi tersebut yang ditujukan kepada Presiden SBY agar rakyat tahu adanya atas tindakan hukum yang jelas bagi si pelaku korupsi. Jika hasilnya nanti surat grasi tersebut tidak dicabut maka dengan jelas para koruptor tetap masih menjajaki tapaknya di Aceh. SiMAK dan GaSAK juga melanjutkan sikapnya dalam siaran pers dengan meminta kepada Gubernur dan Ketua MPU agar segera mempolitisasi kasus-kasus korupsi di Aceh bagi yang telah terjerat pelakunya.

Dilain kesempatan juru bicara KPA, Ibrahim KBS juga meminta kepada para LSM dan aktivis anti korupsi agar jangan mempolitisir atas surat grasi kepada mantan gubernur NAD periode 2000-2003. Ibrahim menilai sikap dari aksi GeRAK sangat melebih-lebihi terhadap kasus surat grasi tersebut sehingga terkesan adanya tindakan diluar hukum nantinya. Lebih lanjutnya Ibrahim juga menyatakan agar GeRAK tidak sampai melakukan konspirasi terhadap pemerintahan Irwandi dan Nazar, karena pemeintahan sekarang bukan membutuhkan tudingan melainkan masukan.

2 Responses

  1. Dulu pernah ada SoRAK di Aceh…
    bahu-membahu dengan Kodam menjatuhkan gubernur…
    Abis itu diam..

    Sekarang muncul lagi…

    Apa LSM-LSM itu sistem tebang-pilih juga kalau memunculkan sensasi ke publik?😆

    begitulah keadaannya, memang susah untuk mencermati lebih dalam. Mungkin saja pertanda ini adalah sebagai sensasi belaka atau memang kemakmuran demi tegaknya hukum.

  2. Hilang satu tumbuh yang lain….
    kalau ada pemerintahan pasti ada oposisi
    bisa saja LSM adl Oposisinya Pemerintah
    kenapa mesti takut dikritik secara terbuka dan sehat???
    mari sama-sama perbaiki aceh ini menuju pemerintahan yang bersih dan baik

Komentar berisi spam dan SARA, tidak akan ditayangkan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: