Duek Pakat


Setahun yang lalu, amanah yang ada kini telah berganti tangan. Minggu tanggal 2 September 2007, SAMAN UI telah melakukan sebuah prosesi adat yakni acara Duek Pakat 2007 atau lebih dikenal dengan musyawarah. Acara yang tertunda sampai satu jam ini, memang memberikan sebuah makna kekeluargaan yang begitu berarti. Dimulai dengan pembukaan (doa) kemudiaan disusul dengan kata-kata sambutan, perkenalan dengan para maba baru, dan yang paling ditunggu adalah hasil musyawarah. Turut hadir dalam acara DP ini, mulai dari angkatan 2003 sampai 2007. Sebelum ke acara ini DP, dari peserta musyawarah mengajukan nama bakal calon untuk maju ke dalam 3 besar. Terdapat 7 orang yang disebut nama oleh para peserta DP, setelah konsilidasi dengan semua peserta yang hadir dan menimbang segala masukan serta saran yang ada, akhirnya terpilihlah 2 orang yang masuk dalam Calon Ketua yaitu Maftuh Insan ’06 (mantan wakil ketua tahun lalu) dan Indra Setia Bakti ’06 (anggota baru SAMAN UI) selain itu pula dalam waktu 2 menit dari mereka yang menjadi calon di minta untuk menyampaikan visi dan misi yang akan dibawa untuk SAMAN UI satu tahun kedepan, dari salah satu calon visi dan misi yang dibawa sungguh berkompenten dengan pembangunan Aceh saat ini, kemudian dari satu calon berikutnya hanya memilih no comment untuk sekarang “kita jalani saja kedepan” begitu tuturnya.

Prosesi “eksekusi” para calon pun dilaksanakan, maksudnya ke dua calon di bawa ketempat terpisah dari tempat musyawarah. Na, disinilah para peserta mulai dari BPH, anggota aktif sampai maba menyampaikan semua masukannya dan aspirasinya. Akhirnya dari hasil musyawarah terpilihlah saudara Maftuh Ihsan dan Indra Setia Bakti sebagai Ketua dan Wakil Ketua SAMAN UI Periode 2007-2008. Dari sinilah kami belajar untuk terus bisa bersama dalam membangun Naggroe, dan terus mempertahankan makna dari musyawarah untuk setia dalam prosesi Duek Pakat.

Akhir kata dari segenap Keluarga Besar SAMAN UI mengucapkan selamat dan sukses semoga dapat mengemban amanah ini dengan baik, kita bersama mendukung sepenuhnya untuk kedepan jadikan yang terbaik bagi SAMAN UI dalam membangun Nanggroe Aceh Darussalam.

2 Responses

  1. […] Duek Pakat […]

  2. salam kenal buat untuk semua tim SAMAN UI

Komentar berisi spam dan SARA, tidak akan ditayangkan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: