Do’a dan Hubungan


Doa

SEGALA puji dan syukur tak lupa saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah senantiasa memberikan nikmat sehat dan nikmat iman untuk bisa terus menunaikan ibadah wajib shalat jum’at berjamaah. Hari ini jum’at tanggal 10 Agustus 2007 bertepatan dengan hari registrasi Maba Fasilkom UI 2007 yang bertempat di gedung PAU (waduh gak nyambung). Langsung to the point saja, mengingat banyak yang harus di utara disini.

Kebetulan hari ini tema sang khatib untuk khutbah singkat jum’at adalah seputar shalat mengingat besok tanggal 11 Agustus 2007/27 Rajab 1428 merupakan peringatan hari Isra’ Mi’raj Nabi kita Muhammad SAW yang telah 11 tahun setelah Muhammad diangkat menjadi Nabi adalah puncak pristiwa yang dialami Nabi Muhammad dalam perjuangan mengembangkan agama Islam.

Pada kesempatan ini, sang khatib menyampaikan beberapa uraian tentang pentingnya shalat bagi mereka yang benar-benar shalat dalam arti etimologi yang dibagi dua yakni “doa” dan “hubungan”. Adapun arti shalat yang bermaknakan “doa” adalah sebuah perpaduan gerakan, ucapan untuk memanjatkan dzikir dan terus mengingat Allah SWT dimana pun dan kapan pun karena itu tidak ada alasan untuk dapat meninggalkan shalat, sedangkan dari arti “hubungan” tidak lain merupakan sebuah wujud tanda penghambaan diri langsung menghadap Rabb.

Itulah kurang lebih yang disampaikan, kemudian juga mengenai shalat itu sendiri sang khatib mencoba untuk bisa merenungi sejauh mana kita telah benar-benar mendirikan shalat selama ini, ataukah hanya sebagai ritual/pelaksanaan yang tidak memberikan sebuah makna dalam kehidupan ini. Karena secara hakikatnya dalam mengerjakan shalat terdapat dua ikatan baik secara sosial dan pribadi mulai dari niat sampai salam.

Ketika pribadi kita mengerjakan shalat, dalam beberapa ucapan kita memohon secara pribadi untuk diri sendiri yakni hablum minallah, namun selaras dengan itu pula kita juga telah melakukan sebuah hubungan hablum minannas yang berwujud dalam doa baik di awal maupun di akhir. Ini merupakan sebuah keistimewaan yang sangat luar biasa kalau bisa kita kaji. Wallahu ‘Alamu Bish-Shawaab

Ilustrasi 5892nieyna.blogspot.com

Komentar berisi spam dan SARA, tidak akan ditayangkan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: