• Kicauan Terakhir

    • RT @ChristinKardos: Don't be scared of #Twitter's new rules. There are some helpful tips in this post: The 2018 Twitter Content Strategy Th… 19 hours ago
    • RT @larrykim: #Google CEO Sundar Pichai will receive an award of about $380 million, one of the biggest executive payouts in years! 💰🌈🦄 htt… 19 hours ago
  • Baca Juga

  • Komentar Anda

    funsharetips on 10 April, Sejarah Masjid Raya…
    bisnis moment on Menunggu Kepastian Dihelatnya…
    bangwinpr on Satu Dekade Masih dengan Seman…
    Sevira on Cara Mencegah Virus #WannaCry…
    monsterar2012 on Cara Mencegah Virus #WannaCry…
    Mike on Cara Mencegah Virus #WannaCry…
    Nur Sejati on Aceh Blogger Kampanyekan …
  • Arsip

  • Kategori

  • Para netter yang doyan ke OWL

    Aulia87.wordpress.com website reputation
    MyFreeCopyright.com Registered & Protected

  • Advertisements

Three Principles


Betapa mudah untuk menulis, cuma rasa malas yang selalu menbayangi. Akhirnya ku beranikan diri untuk memberi sedikit ilmu dan supaya ada hikmahnya. Amiin.

HARI ini, saya telah diberi kesempatan dengan nikmat sehat dan nikmat lainnya (tidak bisa disebut satu persatu) untuk bisa lagi hadir dan menunaikan kewajiban saya sebagai kaum lelaki muslim yakni shalat jum’at berjamah di Mesjid Ukhawah Islamiyah (MUI). Jum’at kali ini saya rasa sungguh bergairah mengenai apa yang disampaikan oleh sang khatib tentang 3 prinsip (Three Principle) yang harus ada dalam kehidupan beragam Islam. Sungguh memang tidak sangka bahwa ketiga prinsip tersebut telah banya kita ketahui antara adalah Aqidah, Syariat, dan Akhlaq.

Di Indonesia prinsip yang paling banyak ditemui adalah syariat, yakni yang memberikan suatu acuan tentang hal baik, buruk, halal, haram dan lain-lain sebagainya dalam agama (umumnya seperti itu). Untuk dua prinsip yang lainnya selain syariat di Indonesia masih terasa sangat minim, terutama yang dalam hal kepercayaan (aqidah) dan juga moral serta tingkah laku masyarakat kita (akhlaq).

Sebagai contoh sang khatib memberikan dua hal yakni untuk tentang mudah masyarakat Indonesia untuk mempercayai hal-hal yang masih diluar kemampuan (gaib) secara tidak ilmiah seperti yang baru-baru ini muncul akan terjadi gempa dan tsunami tanggal 7 dan 8 Juni, padahal semua itu adalah sesuatu yang gaib yang belum bisa manusia ketahui, telah banyak Allah terangkan dalam Alquran.

“Dia adalah Rabb, Yang mengetahui yang gaib. Maka Dia tidak memperlihatkan kepada seseorang pun tentang yang gaib itu kecuali kepada Rasul yang diridhai-Nya. Maka sesungguhnya Dia mengadakan penjaga-penjaga (Malaikat) di muka bumi dan di belakangnya.” (QS. Al Jin: 26-27).

Kemudian contoh yang berikutnya adalah mengenai akhlaq masyarakat Indonesia khususnya bagi kalangan pemuda dan remaja yang sudah tidak patuh dan kurang menghormati orang tua terlebih ayah dan ibunda, dan ini tidaklah sedikit pula menerangkan-Nya seperti dalam ayat “dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepada-Kulah kembalimu, maka Ku-beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.” (QS. Luqman: 14-15) dan masih banyak ayat-ayat lainnya yang menerangkan kesemua hal di atas.

Demikian ulasan yang bisa saya diberikan semoga ada manfaatnya, dan mohon maaf bila ada kekeliruan dan harap segera membenerkannya dalam kontek saling nasihat menasihati.[]

Ilustrasi dari leadersbeacon.com

Advertisements

Komentar berisi spam dan SARA, tidak akan ditayangkan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: