Semangat dan Ide yang Terlahir dari Komunitas


seleksi publik cipta media selulerDELAPAN tahun yang lalu, mungkin saya tidak begitu terbayang dengan apa yang disebut dengan komunitas. Mungkin, kata-kata itu baru begitu populer beberapa tahun lalu, ya sekira tahun 2010, itu pun kalau saya tidak salah ingat.

Bicara soal komunitas sama halnya kita bicara dalam kontek kehidupan dalam bermasyarakat, walaupun secara faktanya banyak komunitas terlahir dikehidupan dunia maya alias daring (online) karena hobi, visi, dan juga keberagaman lainnya di internet.

Dilihat dari kata dasar, komunitas menurut KBBI berarti kelompok organisme (orang dsb) yg hidup dan saling berinteraksi di dl daerah tertentu; masyarakat; paguyuban.

Jika komunitas yang hadir itu –saat ini– secara daring, maka artinya tetap sama, yang membedakan hanya medium saja.

Semangat dan Ide

Tidak bisa dipungkiri, dari komunitas-komunitas yang ada di dunia maya itu melahirkan banyak ide. Hal-hal yang dulunya hanya sebatas satu dan dua orang menjadi masyarakat daring yang besar lewat ide-ide mereka. Dalam komunitas pula akan menemukan anggota masyarakat yang aktif dan pasif sama seperti yang kita lihat di gampong-gampong.

Aktif dalam komunitas akan mencerminkan orang-orang yang banyak akan melahirkan ide, tidak hanya sekedar ide mentah, ide itu menjadi konsumsi komunal dan massal. Seperti awalnya saya bergabung dalam komunitas forum online, berlanjut dengan kehidupan narablog (Aceh Blogger), silaturrahmi mahasiswa (SAMAN UI), hingga dengan konteks masyarakat yang ada saat ini, semua itu tidak akan bernilai sia-sia, tapi selalu ada makna.

Singkat cerita, beberapa hari lalu saya juga mewakili dari Komunitas @iloveaceh juga mencoba peruntungan dengan mengikuti program hibah Cipta Media Seluler (CMS). Tim dari ILA –sebutan teman-teman yang aktif di Komunitas @iloveaceh– juga sejak lama berhasrat untuk terjun ke masyarakat dengan membawakan nilai-nilai edukasi dalam penggunaan internet sehat.

Akhirnya seminggu yang lalu pun, ide sederhana kami dengan nama “Social Media Goes to School” masuk ke laman CMS. Tidak hanya disitu, karena peruntungan ini merupakan pengajuan dana hibah, kami pun harus mencari dukungan publik, lagi-lagi ide kami sangat terbuka, siapa saja boleh mengadopsi untuk diterapkan sejumlah daerah. Informasi lengkap tentang ide #SocmedG2School bisa dibaca disini.

social media goes to school cipta media seluler

Bagi Anda yang ingin mendukung ide di atas, saya sangat persilahkan apalagi hari ini ditutup, 20 April, caranya pun gampang seperti yang tertulis di atas lewat http://www.ciptamedia.org/183/ lalu bagi di jejaring sosial Facebook, Twitter, atau dukungan lewat SMS.

Komunitas untuk Berbagi

Hal yang menarik dari ide di atas itu memang lahir dari komunitas, bukan menjadi milik pribadi dan bahkan siapa pun bisa menerapkan hal yang sama. Apapun hasil dari seleksi awal hibah CMS nanti, kami akan menerima, dan semoga kelak program tersebut harus terealisasi di dunia nyata.

Yang membuat saya begitu semangat dalam berkomunitas adalah hal berbagi ini, saya tidak sendiri, terus mengajak teman-teman lain juga untuk ikut serta dalam program hibah CMS. Dan ternyata, semua tertarik untuk ikut serta, ada yang mengajukan ide-ide dengan nama pribadi dan ada pula mewakili komunitas.

Dari Aceh sendiri tercatat kurang lebih ada 20 ide yang masuk ke CMS, baik kategori konten, aplikasi, dan perangkat keras sejak tahap kedua dibuka bulan Februari lalu. Jika saja informasi ini banyak lagi diketahui oleh kalangan akademi, sebut saja mahasiswa, dosen, tentu akan lebih banyak lagi ide-ide dari Aceh, tapi setidaknya tahun ini dari Aceh juga sudah lumayan yang ikut berpartisipasi.

sharing lintas komunitas

Inti dari tulisan ini sebenarnya adalah semangat dan ide yang terlahir dari komunitas itu tidak akan pernah usai dan berhenti, biar pun dalam komunitas akan ada regenerasi, tentunya ide-ide lama harus bisa terealisasi, pelan atau gerak cepat.

Bagaimana dengan Anda, apakah ikut juga dalam sejumlah komunitas dan apa kisah paling menarik untuk dibagi? Barangkali kita bisa saling menginspirasi dalam berbagi untuk sesama.[]Semarang

About these ads

72 Responses

  1. tetaplah bersemangat jangan menyerah

    • Yup :)

  2. Komunitas = Silaturahmi > InsyaAllah dimudahkan rejeki. Amiin… Numpang tenar ya Min :) maksih

    • Siap, moga lancar juga distronya :)

  3. memang komunitas sangat penting,untuk mendapatkan ide baru dari teman komunitas kita. yang mungkin belum kita pikirkan,dan akan menjadikan ide dan inovasi baru..

    • Karena lewat kebersamaan, ide-ide yang muncul pun memang harus bisa digerakkan :)

  4. Komunitas sangat penting dan bembantu untuk kita.

    • Betul itu :)

  5. layak untuk di tiru :)

    • Mas wahyu ada gabung di komunitas apa?

  6. Komunitas memang sangat membantu kita utk berbagi ilmu, menjernihkan permasalahan yang tentunya menambah teman! salam kenal! Ery

    • Salam kenal kembali Ery :)

  7. saya setuju kalo semua dilakukan untuk kegiatan yang positif untuk perkembangan,

    • Potensi kegiatan positif tentu akan tumbuh manfaat yang banyak kedepan tentunya :)

  8. Bicara soal komunitas, saya menyukai komunitas yg membicarakan soal teknologi gadget, smartphone, dan Android. Untuk itulah saya terus update blog review gadget dan tekno di blog.dealharga.com

Komentar berisi spam dan SARA, tidak akan ditayangkan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,439 other followers

%d bloggers like this: