Perang Dunia 3 Itu Sedang Berlangsung, Anda?


OpIsrael - Freedom PalestineTIDAK ada kata tidur nyenyak jika perang sedang berkecambuk, tidak ada kata selesai jika semuanya belum berakhir dengan nafsu yang menjadi garda terdepan.

Sekilas, itulah gambaran yang terjadi di dunia saat ini. Palestina yang selama ini disorot, Suriah, Iran, dan masih banyak negera lainnya bahkan di Indonesia sendiri yang namanya perang itu masih saja terasa.

Jika tidak terlalu awam, perang dunia ketiga (World War III) itu sebenarnya sedang dimulai, ambil saja apa yang terjadi dengan Palestina saat ini yang terus menerus digempur oleh pasukan Israel.

Bicara dunia maya, kita bicara tentang yang namanya internet. Selebihnya kita mengenal jejaring sosial, dimana Facebook, Twitter, Google+, Tumblr, dan seperangkat layanan lainnya yang tersedia dan begitu familiar dengan pengguna.

Ya, perang dunia 3 itu kini berselencar di dunia maya. Jika pada kenyataan dunia nyata terus dibombardir, tapi dibagian lain para netizen yang sadar tahu betul apa yang terjadi dengan perang internet alias cyber war.

Beragam cara dilakukan orang membebaskan Palestina dari penjajahan Israel, menghadirkan petisi daring (online) yang bisa Anda lihat seperti di Change.org, Avaaz.orgdan bahkan ke berbagai akun jejaring sosial.

Peduli atau tidak, jika Anda adalah seorang netizen (pengguna internet) maka Anda juga berada di daerah perang yang saat ini sedang terjadi. Kontribusi Anda pun dalam membela yang benar juga berada di tangan, begitu juga sebaliknya.

Social Media to War

Bagi Anda yang sering wara-wiri di kicauan atau linimassa, barangkali tagar sejenis #OpIsrael and #GazaUnderAttack kerap kita temui. Beberapa kali malah menjadi topik pembicaraan yang sangat banyak di dunia alias Trending Topic (TT). Tapi tahukah Anda apa yang sebenarnya terjadi dibalik tagar singkat itu? PERANG.

Perang, begitulah bagi penikmat jejaring sosial memposisikan diri dalam bertempur dengan pihak-pihak yang merasa telah melakukan sesuatu diluar batas-batas kemanusiaan. Sebut saja mereka yang menamakan diri @Op_Israel afilliasi dari Anonymous Grup, @AlqassamBrigade (The official web site of Al Qassam Brigades in Palestine), @IDFSpokesperson, dan masih banyak akun lainnya.

Dari sebagian akun Twitter tersebut, menarik untuk dilihat aksi mereka dalam berbagi informasi. Walaupun secara garis besar, aturan yang diterapkan dalam layanan jejaring sosial bagi pengguna tidak boleh mengumbar sesuatu yang bernada kekerasan, peperangan, dan sejenisnya.

Dalam kasus ini Twitter, seperti yang pernah dilansir oleh washingtonpost.com beberapa waktu lalu, dalam judulnya “Can Twitter censor the Israel Defense Forces?” menuliskan tentang bagaimana peran pemerintah serta pihak yang menfasilitasi layanan tersebut terhadap publik (masyarakat dunia).

Ini tentu bukan hal yang sepele, kita tahu berapa banyak pengguna jejaring sosial yang kini melek akan berita-berita serta informasi yang beredar di linimasa, status Facebook, serta layanan lainnya yang mempunyai keterlibatan untuk mengecek kebenaran informasi tersebut.

Bisa disebutkan pengguna jejaring sosial di Indonesia saat ini, terlebih dikicauan Twitter didominasi oleh orang-orang yang benar-benar jadi pengikut (followers), dimana setiap informasi yang tidak diketahui langsung di RT atau ReTweet ulang tanpa ada pengecekan kembali.

Propaganda, mungkin itulah yang sering luput dari pengikut di jejaring sosial. Apatis dengan kondisi, cuek dengan keterbatasan 140 karakter. Namun, disaat orang berteriak bebaskan penjajahan dan serangan, kadang dia juga akan berteriak sama dan begitu seterusnya pada saat ajakan perang juga ikut berteriak lantang.

Disinilah kita bisa melihat, peran pemberi layanan di jejaring sosial dalam mendukung sebuah perang atau tidak. Dari amatan saya tidak ada satu pun, baik itu berupa akun, alamat blog, terkait peperangan yang terjadi di Palestina terdiskualifikasi dari layanan mereka. Itu artinya pemberi layanan mendukung perang dunia ketiga?

Padahal, belum lagi jika kita membahas dan melihat aksi saling serang dan melumpuhkan situs-situs utama dari kedua negara, Israel dan Palestine yang juga sering sekali menghiasi media daring dari berbagi dunia. Mungkin inilah perang dunia 3 yang benar-benar kompleks telah mengakar.

Jadi, disaat perang dunia 3 sedang berlangsung. Dimana posisi Anda? semoga saja Anda bijak dalam memberikan suara, berkicau dalam linimasa, berstatus dalam dinding. Sehingga jangan sampai masuk pada bagian yang mendukung penjajahan di atas dunia.[]

Salam Damai dan Meleklah ber-Jejaring Sosial

17 Responses

  1. Hmm…. Tiap kali nntn berita di tv muncul informasi ttg penyerangan di jalur gaza oleh tentara Israel. Tentu korban yg banyak di kalangan orang2 Palestina.. Sediiih melihatnyaa..

    JAHAT banget orang2 israel…

    • kita do’akan semoga orang Palestina yang telah kembali pada-NYA mendapatkan tempat yang layak disisi Allah kawan :)

      • Amiin

    • Dan yang paling sedih, saat liat di media dan kita belum bisa berbuat banyak : (

      • setidaknya kita telah membantu mereka dalam shalat lewat doa, berbagi sedikit harta untuk mereka, tetap semangat karena lewat doa-doa Allah akan mendengarkan untuk saudara-saudara kita :)

  2. cuma bisa berdo’a untuk perdamaian Palestine Mas :'(

    • sama-sama kita tetap mendo’akan saudara-saudara kita, jangan putuh semangat sobat :)

  3. Kontribusi suara via media online, ini seperti yg sudah km lakukan ya aulia, gud job.
    Dikota ku juga lagi genjar2nya aksi penggalangan dana untuk Palestine. Walau hasilnya gak terlalu banyak, tapi moga semangat mereka itu bisa kasih spirit buat saudara seiman di sana.

    Nice reminder, Aulia

    • Amin, yg namanya semangat itu pastinya gak boleh luntur untuk saudara-saudara seiman. Apa yg bisa kita lakukan, mau pun lewat jejaring sosial sekalipun adalah media utk kita bagi mereka :)

  4. wah saya hampir gak pernah lagi buka situs media sosial. bentuk dukungan yang bisa saya berikan hanya doa.

    • blog itu jejaring sosial juga lho mas, tapi sering orang terbawa dengan arus yang dianggap jejaring sosial itu Fb, Twitter, Fs, dll.

      Tapi apapun itu medianya, doa adalah selemah-lemahnya kita untuk membantu saudara-saudara kita disana :)

  5. go palestine FREEDOM

  6. Itulah sebabnya mengapa Adolf Hitler ingin memusnahkan orang-orang yahudi

    • panjang juga ceritanya Hitler ini :)

  7. Semuanya tenang dan damailah !!!Nabi asli adalah nabinya yang telah bisa membebaskan pikirannya,kata2nya,tindakannya dari kemarahan,kebencian,kesombongan,irihati,sirik ,keserakahan dan nafsu2 rendah yg menjijikan dan menyimpang serta menyusahkan hidup umat manusia sesuai dengan norma2 kehidupan umat manusia.Hati dan pikirannya begitu bersih dan suci,begitu bahagia dalam keadaaan seperti itu,itulah org yg akan menyelamatkan manusia dan dunia ini,dialah manusia yg akan menuntun dan melatih kalian semua bagaimana melakukan hal2 bermanfaat tersebut!!!Salam kebebasan dan pencapaian kebahagiaan yg sejati untuk perdamaian dan dunia yg lebih baik!!! Sederhana dan simpel diucapkan tapi utk melakukannya dalam kehidupan sehari-hari adalah sangat sulit untuk dilaksanakan dalam pribadi kalian masing2 !!! Fokus dan uruslah hal2 yg bermanfaat dan berfaedah bagi kalian,dengarkanlah nasehat dari manusia yg sgt bijaksana dan bisa menyelamatkan dunia ini dari kehancuran dan kepunahan akibat bencana perang nuklir serta bisa menenangkan semua pihak !!!Dialah nabi yg akan membimbing dan menuntun serta memberikan terang bagi kalian semua ke tempat yg selamat , aman , damai dan sejahtera !!!

  8. Semoga Islam semakin Kuat untuk menebas Israel Dan sekutunya(amerika).

    • Kita doakan seperti ya bang Zaki :)

Komentar berisi spam dan SARA, tidak akan ditayangkan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,456 other followers

%d bloggers like this: