SIMAGE: Aplikasi Sederhana Untuk Mengolah Foto


TEPATNYA hari Selasa (13/6) yang lalu merupakan hari bersejarah bagi saya dan tim. Ini merupakan kali pertama bagi Tim C03 (Tim Project PPL–Ikhawur Septiadi, Eduar Napoleon, dan saya sendiri) “menjual” aplikasi di depan penguji (baca: dosen dan asisten).

Membuat persentasi semenarik mungkin, mengolah dengan sedikit kata dan banyak makna untuk dijelaskan. Dan akhirnya slide pun berhasil dibuat dengan sedikit kata, tapi entahlah bagaimana muatannya saat dipersentasikan.

Kebetulan tim kami membuat aplikasi berbasis sistem operasi Android alias si robot ijo yang lazim banyak ditemui diberbagai smartphone atau ponsel pintar yang lengkap dengan fitur sentuhan itu :D

Lama pengerjaan proyek ini sebenarnya sangat-sangat singkat, dalam waktu tiga minggu semua tim harus sudah menyelesaikan aplikasi jadi. Tapi sebelumnya, berbagai dokumen sebelum terjun pada kerja gotong royong untuk membuat aplikasi juga habis 3 bulan lebih. Mulai dari menyusun project plan, project charter sampai dengan user manual semua berbentuk dokumen dan biasa terus dilakukan monitoring oleh asisten.

Alhasil semua dokumen dan aplikasi serta deployment terselesaikan sudah di bulan Juni ini. Jadi, aplikasi yang tim kami buat diberi nama SIMAGE atau kepanjangan dari Simple Image Editor.

Capture fitur Effect dari SIMAGE

Sebenarnya dari nama aplikasinya saja sudah terlihat aplikasi Android ini, sebuah aplikasi yang sangat sederhana dalam pengolahan gambar. Jika sewaktu-waktu kita ingin memanipulasi foto atau gambar, baik untuk warna sebenarnya tidak usah lagi harus membuka laptop/netbook dan repot-repot bermain dengan aplikasi berat dan bisa menghematkan waktu.

Sehingga dengan adanya SIMAGE di hape Anda bisa memudahkan kita dalam melakukan tugas editan sederhana tersebut, misalnya saja mau membuat gambar tampak terang, nah di aplikasi SIMAGE tersedia effect white balance.

Itulah sekilas tentang proyek SIMAGE dari tim C03, buat Anda yang ingin mencoba iseng-iseng aplikasi tersebut boleh singgah ke halaman http://bit.ly/SIMAGEditor atau disini, insyaAllah sampai saat ini tersedia secara gratis dan syaratnya hape Anda sudah support Android versi 2.1 (Eclair).

Atau jika berminat ingin mengembangkan lebih lanjut untuk versi lebih “segar”, tim kami telah sepakat untuk menyediakan licensi Open Source™.

Demikian postingan kali ini tentang SIMAGE, jika ada pertanyaan dan saran silahkan ditinggalkan di kolom komentar. Siapa tahu saya bisa jawab atau ada yang lebih jago tentang aplikasi dan seluk beluk Android tentu bisa berbagi ilmu disini. Selamat mencoba![]

About these ads

69 Responses

  1. bagus bg, kalau boleh saya minta sorcenya bg.. hehe
    dan kebetulan saya sudah punya akun di google play store, kalau abg tidak keberatan nanti saya upload ke play store agar mudah di download pengguna android :D

    • sip nanti tak kirim ya, tapi source masih amburadul karena tim waktu itu buru2 :D

  2. minta source code nya bisa nggak ya?

    • boleh saja, bisa kasih email-nya nanti saya kirimkan :)

  3. ballers_04@ymail.com
    terimakasih :)

  4. bisa minta source nya nggak? :( fonegaa@gmail.com

    • sudah saya kirimkan ke emailnya ya Fonega :)

  5. tolong kirim sourcekodenya gan fajarnur24@gmail.com :D. makasih gan

    • Oke, nanti akan saya sempatkan untuk mengirim.

Komentar berisi spam dan SARA, tidak akan ditayangkan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,453 other followers

%d bloggers like this: