Universitas Indonesia Ubah Posisi


Masih ingat dengan rangking UI yang pernah diraih dalam penilaian tingkat dunia (world class university), dengan posisi 250 dari 520 universitas yang ada. Sedangkan untuk di tingkat nasional menempati urutan pertama yang disusul oleh ITB dan UGM serta UNPAD.Adapun penilaian ditahun 2006 yang lalu untuk UI sendiri terdiri dari empat indikator yaitu kemampuan riset, kemampuan pengajaran, visi internasional dan tingkatan teknologi.

Namun sekarang UI harus dari saingannya UGM dan ITB, terperosot ke peringkat sangat jauh yakni diurutan 395. Sedangkan UGM diurutan 350 dan disusul oleh ITB pada posisi 369. Berdasarkan penilaian dari Top Universities, untuk tahun 2007 ini mencakup kriteria utama adalah dalam kualitas riset (Research Quality), penerimaan dunia kerja terhadap lulusan (Graduate Employability), pandangan luar negeri (International Outlook), dan kualitas pengajaran (Teaching Quality).

ui.jpg

Selain itu diperingkat lainnya, IPB telah menunjukkan prestasinya juga yakni hadir di urutan 500 besar Top Universities dibandingkan tahun sebelumnya IPB belum berhasil masuk dalam 500 besar. Universitas Airlangga (Unair) juga ikut nimbrung bersama Universitas Diponegoro (Undip). Semoga keberhasilan para PT ini tidak hanya sebatas terdaftar di Times Higher Education Supplement (THES), melainkan bisa menunjukkan eksistensinya untuk terus berwujud menjadi World Class University seperti yang didamba-dambakan oleh UI tentu Pak Rektor (yakin masuk 100 besar untuk 5 tahun mendatang?) dan juga kita para civitas tentunya.

About these ads

7 Responses

  1. Sepertinya di 2011 ini UI mulai naik lagi dan mengalahkan dua Universitas saingannya tersebut (versi QS World Ranking).

    • Alhamdulillah kali ini sudah berada di 217 :)

      • alhamdulillaah…

    • amienn,,,,I love indonesia,,

  2. awuugh,,tak doakan universitas dari indonesia menduduki peringkat 1,,,amienn,,,hheee

  3. wah, kapan ya universitas di Indonesia bisa masuk 10 besar, hehe…

    • untuk masuk 100 besar masih begitu sulit, tapi siapa tahu jika pendidikan Indonesia bisa lebih baik bukan tidak mungkin berada di deretan top ten university :)

Komentar berisi spam dan SARA, tidak akan ditayangkan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,480 other followers

%d bloggers like this: